Pengetahuan Tentang Produk
A
Mafaat
Pengetahuan Tentang Produk
Pengetahuan tentang produk merupakan
sarana lain untuk mendukung keberhasilan Sales Executives menunaikan tugasnya.
Apabila Sales Executives tidak dapat menjawab pertanyaan calon pembeli tentang
produk yang mereka tawarkan secara memuaskan, mereka akan kehilangan minat
terhadap kunjungan Sales Executives dan produk yang ditawarkan.
Lima hal manfaat pengetahuan tentang
produk bagi Sales Executives :
1
Mempertebal
Rasa Percaya Diri
Pengetahuan produk yang komplit menimbulkan rasa
percaya diri Sales Executives bahwa mereka akan mampu menjawab berbagai
pertanyaan dari pembeli potensial. Hal
ini muga mempertebal rasa bangga menperdagangkan produk yang biasanya nampak
dalam antusiasme mengutarakan berbagai kelebihan produknya, maupun nada suara
yang dipergunakan selama presentasi penjualan.
Dengan melihat penjelasan yang antusias dari Sales Executives maka pembeli
potensial akan mempercayai produk yang
ditawarkan Sales Executives.
2
Keahlian
Menanggapi Komentar Konsumen
Dengan memiliki pengetahuan lengkap tentang produk
secara luas mulai dari bahan baku, proses
pembuatan, kontruksi produk dan sebagainya, diharapkan
Sales Executives dapat meyakinkan calon
pembeli bahwa manfaat dan kegunaan serta mutu
produk yang mereka perdagangkan lebih tinggi dari harganya. Sehingga Sales
Executives dapat dengan mudah menanggapi komentar dari pembeli potensial.
3
Menghindari
Kesan Presentasi Penjualan Yang Mekanis
Sales Executives yang mengetahui pengetahuan lengkap
tentang produknya akan terhindar dari kebiasaan melakukan penjelasan yang
dihafalkan dari brosur atau label produk. Sales Executives akan dapat mengutarakan
hal-hal yag menarik tentang sejarah produk, proses pembuatan, test laboratorium
tentang mutu produk kepada pembeli potensial.
4
Mempertebal
Kecintaan Terhadap Pekerjaan
Keberhasilan dalam presentasi penjualan yang salah
satunya berasal dari pengetahuan tentang produk akan mendatangkan kepuasan
batin bagi Sales Executives. Sales Executives akan lebih mencintai pekerjaanya
tanpa khawatir ketika melakukan presentasi penjualan.
5
Meningkatkan
Potensi Kenaikan Jenjang Karier
Pengetahuan tentang produk akan terlihat dari
kemampuan Sales Executives melakukan presentasi. Hal ini merupakan salah satu
faktor penilaian yang digunakan pimpinan perusahaan untuk mengetahui kinerja
Sales Executives. Sering kali
pelanggan lama yang merasa puas dengan presentasi Sales Executives, akan
menyampaikan hal ini kepada atasan Sales Executives yang bersangkutan. Semua
ini merupakan informasi bagi pemimpin perusahaan tentang kinerja Sales
Executive yang bersangkutan, yang dengan sendirinya akan mempengaruhi promosi
jabatan mereka.
B
Pengetahuan
Tentang Produk Yang Perlu Dikuasai
Jenis pengetahuan produk yang perlu
dikuasai Sales Executives tergantung dari produk yang mereka perdagangkan,
antara lain :
1
Latar
Belakang Produk
Pengetahuan tentang latar belakang produk merupakan dasar minimal pengetahuan
yang harus dikuasai Sales Executives. Pengetahuan tentang sejarah produk dapat
menarik pembeli potensial pada presentasi penjualan selanjutnya diharapkan
dapat berjalan lancar.
2
Penampilan
Produk
Untuk produk-produk yang mengutamakan penampilan,
pembeli potensial sangat mempertimbangkan desain bentuk dan kombinasi warna
yang sesuai. Pengetahuan Sales Executives tentang mode, warna dan kombinasi
sangat membantu masyarakat untuk memantapkan pilihan produk. Pengetahuan
tentang produk, terutama perkembangan desain, warna dan mode produk juga sangat penting
peranannya dalam membantu presentasi
penjualan.
Produk Google |
3
Komposisi
Produk
Pengetahuan tentang komposisi produk mulai dari bahan
baku, bahan tambahan, dari
mana bahan baku diperoleh akan sangat
membantu Sales Executives menjelaskan keistimewaan produk ketika melakukan
presentasi.
4
Proses
Pembuatan Produk
Mutu dari sebuah produk didasarkan pada mutu bahan
baku, bahan pembantu, proses pembuatan dan pengawasan proses produksi.
Perusahaan industri manufaktur akan
meminta Sales Executives untuk datang
ke pabriknya agar mengetahui proses produksi . Sehingga Sales Executives akan mengetahui
pengetahuan dasar tentang produk. Kemudian diharapkan Sales Executives dapat
memberikan penjelasan mengenai produk secara mendalam kepada pembeli potensial.
5
Penggunaan
Produk
Selain pengetahuan yang lengkap tentang produk, Sales
Executives juga harus mempunyai pengetahuan tentang penggunaan produk. Mereka
harus dapat mempresentasikan penggunaan produk dan menjelaskan suku cadang
serta cara bongkar pasang dan sebagainya.
6
Pemeliharaan
Dan Umur Teknis Produk
Sales Executives harus mengetahui perkiraan umur
teknis produk mereka. Hal ini disebabkan karena pembeli potensial ingin
mengetahui apakah manfaat dari produk yang dibeli sepadan dengan jumlah uang
yang mereka keluarkan. Hal lain yang bersangkutan antara lain tentang layanan
purna jual, garansi produk, jangka waktu jaminan produk dan juga pemeliharaan.
7
Penghitungan
Harga Dan Syarat Pembelian
Penghitungan harga dan syarat pembelian harus dikuasai
oleh Sales Executives, hal ini bertujuan agar Sales Executives dapat
menjelaskan perhitungan harga produk kepada calon pembeli agar tidak
kebingungan atau merasa ditipu dalam penentuan harga yang harus mereka bayar.
8
Perbandingan
Produk Dengan Produk Saingan
Sebagian besar produk yang ditawarkan perusahaan
bersaing dengan produk sejenis atau produk subtitusi buatan perusahaan saingan.
Oleh karena itu pada saat menawarkan produk mereka tidak jarang Sales
Executives diberi tahu calon pembeli bahwa produk sejenis yang ditawarkan
perusahaan lain harganya lebih murah, lebih bagus penampilanya dan atau lebih
menarik. Sales Executives yang memiliki pengetahuan lengkap tentang
produk-produk perusahaan saingan akan mampu menonjolkan kelebihan produknya dibanding
produk saingan
C
Mempergunakan Pengetahuan Tentang Produk
Disamping mengetahui pengetahuan
tentang produk, untuk menunjang
keberhasilan tugasnya Sales
Executives harus dapat menterjemahkan fakta-fakta yang bersangkutan dengan produk
mereka ke dalam bahasa manfaat atau kebutuhan khusus konsumen. Karena konsumen
pasti ingin mengetahui manfaat dari produk yang akan dibelinya, bukan
semata-mata karena tampilan fisik produk itu semata. Manfaat yang sama dari
suatu produk dapat berbeda dimata konsumen yang berbeda. Sales Executives yang
berhasil dapat dilihat dari kemampuan menterjemahkan keistimewaan produknya ke
dalam banyak bahasa manfaat khusus. Terutama diperlukan saat presentasi
penjualan dan mendemonstrasikan produk.
Berikut ini disampaikan cara untuk
menterjemahkan fakta yang bersangkutan dengan produk kedalam bahasa manfaat
pembeli.
1
Fakta tentang produk
harus diutarakan dalam bahasa yang dapat dimengerti pembeli potensial
2
Dalam setiap presentasi
penjualan dan demonstrasi produk harus diutarakan dengan cara yang meyakinkan.
3
Sedapat mungkin setiap
selling point didukung dengan demonstrasi produk.
4
Fakta tentang produk
digunakan untuk meyakinkan calon pembeli, bukan untuk memamerkan keahlian Sales
Executives tentang produk.
5 Dapat menjelaskan
kepada pembeli potensial tentang manfaat dan keistimewaan produk.
sumber:
Makalah Pendidikan Ekonomi FKIP UNS
No comments:
Post a Comment
Kami mengharapkan saran maupun kritik yang membangun blog kami. Dilarang SARA dan kata-kata yang tidak pantas :)