Klasifikasi Riset Pemasaran - Sebagaimana dinyatakan bahwa organisasi yang terlibat dalam riset
pemasaran karena dua hal yaitu untuk identifikasi dan untuk menyelesaikan
masalah. Perbedaan fungsi ini menjadi dasar membedakan riset pemasaran menjadi
riset identifikasi masalah dan riset penyelesaian masalah.
![]() |
Klasifikasi Riset Pemasaran |
Riset identifikasi masalah berfungsi untuk
mengidentifikasi untuk mengidentifikasi masalah yang timbul dalam pemasaran
suatu produk. Riset identifikasi masalah dirancang untuk mengestimasi pasar
potensial, pangsa pasar, pencitraan merek atau perusahaan, karakteristik pasar,
analisis penjualan, peramalan jangka pendek, atau kecenderungan arah bisnis.
Informasi berkenaan dengan perubahan selera dengan memperhatikan kondisi
ekonomi, sosial, budaya, dan kecenderungan perilaku konsumen bisa membantu
mengidentifikasi peluang.
Ketika suatu masalah atau peluang pemasaran telah
dapat diidentifikasi, riset penyelesaian masalah mulai dilakukan untuk
mengatasi masalah yang timbul dalam pemasaran. Riset penyelesaian masalah
meliputi riset segmentasi pasar, jenis produk, harga, promosi, dan
pendistribusiannya. Riset pemasaran adalah mata rantai(link) komunikasi
perusahaan dengan lingkungan dan dapat membantu bagian pemasaran dalam hal
perencanaan, penyelesaian masalah, dan pengendaliannya.