• About
  • Contact
  • Submit Article

Pengertian Strategi Belajar Mengajar

 on Monday, September 12, 2016  

Pengertian Strategi Belajar Mengajar - Strategi instruksional berhubungan dengan pemilihan kegiatan belajar mengajar yang paling efektif dan efisien dalam memberikan pengalaman belajar yang diperlukan untuk mencapai tujuan instruksional yang ditetapkan. Strategi instruksional yang paling baik dan berhasil digunakan untuk mencapai suatu tujuan instruksional untuk mencapai suatu tujuan instruksional tertentu baik sekelompok pembaca, belum tentu baik dan dapat pula digunakan untuk mencapai tujuan instruksional pada situasi dan kondisi yang lain. Dengan demikian pemilihan strategi instruksional yang tepat untuk setiap kegiatan instruksional merupakan ketrampilan yang perlu dimiliki oleh setiap guru atau dosen.
Strategi instruksional dapat diartikan sebagai kegiatan yang dipilih guru atau dosen dalam proses belajar mengajar yang dapat memberikan kemudahan atau fasilitas kepada pembaca menuju kepada tercapainya tujuan instruksional yang telah ditentukan. Di dalam merancanakan strategi instruksional untuk mencapai tujuan instruksional tertentu, kira perlu diketahui dulu pola-pola kegiatan belajar mengajar yang umum. Ely(1997) mengatakan ada tiga macam pola dasar kegiatan belajar mengajar ditinjau dari segi jumlah pembaca yang belajar yaitu:
a.       Pengajaran untuk kelompok besar yaitu yang diikuti oleh lebih dari 30 orang,
b.       Pengajaran untuk kelompok kecil yaitu yan diikuti oleh 5-15 orang, dan
c.       Pengajaran secara individual yaitu yang diikuti oleh 1-3 orang.
Sementara dengan segi peninjauan yang berbeda, Komp(1977) mengemukakan adanya tiga macam kegiatan belajar mengajar yaitu:
a.       Penyajian dimana guru atau dosen menyampaikan informasi kepada pembaca dengan cara ceramah, berbicara secara informal, menulis di papan tulis, menunjukkan sesuatu dengan menggunakan alat audio visual, menunjukkan benda asli atau tiruannya, dan lain sebagainya.
b.       Studi independent dimana siswa atau pembaca bekerja sendiri melalui kegiatan  misalnya membaca buku, memecahkan masalah, menulis laporan, melakukan percobaan di lab, dan lain sebagainya.
c.       Interaksi guru pembaca, dimana dalam pola kegiatan ini guru pembaca bekerja sama dalam kelompok kecil untuk diskusi, tanya jawab, mengerjakan proyek tertentu, dan sebagainya.
Lawrence T. Alexander dan Rober H. Favis menyebutkan antara lain empat faktor yang perlu dipertimbangkan dalam memilih strategi instruksional yang dilaksanakan yaitu:
a.       Tujuan Instruksional Khusus
b.       Keadaan siswa
c.       Sumber dan fasilitas untuk melaksanakan suatu strategi tertentu dan
d.       Karakteristik teknik penyajian tertentu.
Secara umum, pemilihan suatu strategi instruksional tertentu hendaknya dikontrol atau dipengaruhi oleh tiga jenis tujuan instruksional yaitu:
a.       Penerimaan pengetahuan yang berupa fakta, konsep, dan prinsip.
b.       Aplikasi pengetahuan atau penerimaan keteramilan, dan

c.       Tujuan yang bersifat efektif atau motivatif yaitu berhubungan dengan pengembangan atau perubahan karakter.

Referensi: Suradji.

Pengertian Strategi Belajar Mengajar 4.5 5 Unknown Monday, September 12, 2016 Pengertian Strategi Belajar Mengajar Pengertian Strategi Belajar Mengajar - Strategi instruksional berhubungan dengan pemilihan kegiatan belajar mengajar yang paling efe...


No comments:

Post a Comment

Kami mengharapkan saran maupun kritik yang membangun blog kami. Dilarang SARA dan kata-kata yang tidak pantas :)

Kuingin Baca