• About
  • Contact
  • Submit Article

Proses Pemasaran

 on Friday, September 30, 2016  

Proses Pemasaran



Proses yang menganalisis peluang pemasaran, memilih pasar sasaran, mengembangkan bauran pemasaran, dan mengelola usaha pemasaran.
a.       Konsumen yang menjadi target
1)      Pengukuran permintaan dan peramalan
Perusahaan harus membuat perkiraan secara berhati-hati mengenai pasar saat ini dan di masa yang akan datang serta berbagai segmen di dalamnya.
2)      Segementasi pasar
Membagi pasar secara jelas menjadi kelompok pembeli yang jelas dengan kebutuhan, karakteristik atau tingkah laku yang berbeda membutuhkan produk atau bauran pemasaran terpisah. Segmen pasar: kelompok konsumen yang memberikan reaksi serupa terhadap seperangkat usaha pemasaran.
3)      Membidik pasar
Proses mengevaluasi daya tarik setiap segmen pasar dan memilih satu atau beberapa segmen untuk dimasuki.
4)      Memposisikan diri di pasar
Pengaturan suatu produk menduduki tempat yang jelas, terbedakan dan didambakan dalam benak konsumen sasaran berhadapan dengan produk pesaing.
b.      Mengembangkan bauran pemasaran
Adalah perangkat alat pemasaran taktis yang dapat dikendalikan yang di padukan oleh perusahaan untuk menghasilkan respons yang diinginkan dalam pasar sasaran. Bauran pemsaran terdiri atas:
1)      Produk(Product)
Kombinasi barang dan jasa yang ditawarkan oleh perusahaan kepada pasar saaran, meliputi: keragaman produk, mutu, rancangan, sifat, merk, kemasan, ukuran, pelayanan, jaminan, dan manfaat.
2)      Harga(Price)
Jumlah uang yang harus dibayar konsumen untuk memeroleh produk, meliputi: harga, diskon, potongan, syarat kredit, dan periode pembayaran.
3)      Distribusi(Place)
Aktivitas perusahaan untuk membuat produk tersedia bagi konsumen sasaran. Meliputi: saluran, lokasi, dan persediaan(gudang).
4)      Promosi(Promotion)
Aktivitas yang mengomunikasikan keunggulan produk dan membujuk pelanggan sasaran untuk membelinya, meliputi: periklanan, personal selling, promosi penjualan, dan humas.
Keempat hal diatas, disebut dengan 4P(Marketing Mix) dari sudut pandang penjual.

Akan tetapi dari sudut pandang pelanggan memiliki 4C:
-          Costumer Needs and Wants(Kebutuhan dan Keinginan Pelanggan).
-          Cost to The Costumer(Biaya yang Ditanggung Pelanggan).
-          Convenience(Kenyamanan/Kemudahan).
-          Communication(Komunikasi).
c.       Mengelola usaha pemasaran
 
Mengambil keputusan mengenai strategi pemasaran yang akan membantu perusahaan mencapai sasaran strategik keseluruhan, meliputi:
1.       Ringkasan Eksekutif
·           Bagian pembukaan dari rencana pemasaran yang menyajikan ringkasan singkat dari sasaran dan rekomendasi utama yang disajikan dalam rencana.
·           Menyajikan pandangan singkat atas rencana yang diusulkan agar dapat ditinjau dengan cepat oleh manajemen.
2.       Situasi Pemasaran Saat Ini
Menyajikan data lar belakang yang relevan mengenai pasar, produk, persaingan, dan distribusi.
3.       Analisis Ancaman dan Peluang
Mengidentifikasi ancaman dan peluang utama yang mungkin memengaruhi produk.
4.       Sasaran dan Isu
Menentukan sasaran perusahaan untuk produk bidang penjualan, pangsa pasar, laba serta isu yang akan memengaruhi sasaran ini.
5.       Strategi Pemasaran
Logika pemasaran dilaksanakan dengan harapan unit bisnis dapat mencapai sasaran pemasaran, meliputi: analisis STP, bauran produk dan penelitian dan pengembangan.
6.       Program Tindakan
Mengkhususkan apa yang dilakukan, siapa yang akan melakukannya, kapan dilakukan dan berapa biayanya.
7.       Anggaran
Laporan laba dan rugi diproyeksikan dengan meramalkan hasil keuangan yang diharapkan dari rencana tadi.
8.       Pengendalian
Menunjukkan bagaimana kemajuan rencana akan dipantau.
d.      Implementasi Pemasaran
Proses yang mengubah strategi rencana pemasaran menjadi tindakan pemasaran untuk mencapai sasaran pemasaran strategik.
e.      Pengendalian Pemasaran
Proses mengukur dan mengevaluasi hasil strategi dan rencana pemasaran serta mengambil tindakan perbaikan untuk memastikan bahwa sasaran pemasaran tercapai.





sumber:
Daryanto. 2011. SARI KULIAH MANAJEMEN PEMASARAN. Bandung: Sarana Tutorial Nurani Sejahtera

Proses Pemasaran 4.5 5 Unknown Friday, September 30, 2016 Proses Pemasaran Proses Pemasaran Proses yang menganalisis peluang pemasaran, memilih pasar sasaran, mengembangkan bauran pemasaran, dan mengelola ...


Kuingin Baca