• About
  • Contact
  • Submit Article

Perencanaan Strategik dan Proses Pemasaran

 on Monday, September 26, 2016  

a.       Perencanaan Strategik
Langkah-langkah dalam perencanaan strategik dapat ditunjukan pada bagan berikut.

1)      Mendefinisikan Visi dan Misi Perusahaan
Misi adalah apa yang harus dilakukan oleh suatu organisasi hingga berhasil(apa bisnis kita). Adapun visi adalah cara pandang kita ke depan, kemana organisasi harus dibawa, agar organisasi tersebut dapat eksis(akan menjadi apa bisnis kita).
2)      Menetapkan Sasaran dan Tujuan Perusahaan
Tujuan adalah sesuatu yang akan dicapai atau dihasilkan dalam jangka panjang. Sasaran adalah hasil-hasil yang ingin dicapai dalam jangka pendek.
3)      Merancang Portofolio Bisnis
Portofolio bisnis adalah kumpulan bisnis dan produk yang menyusun perusahaan.

Portofolio bisnis yang baik adalah yang paling cocok dengan kekuatan dan kelemahan perusahaan terhadap peluang dalam lingkungan. Dengan demikian perusahaan harus:
(a)    Menganalisis portofolio bisnis saat ini dan memutuskan bisnis mana yang harus menerima investasi lebih banyak, lebih sedikit, atau tidak menerima.
·         Analisis portofolio: suatu alat yang dipergunakan oleh manajemen untuk mengenali dan mengevaluasi berbagai bisnis yang memebentuk perusahaan.
·         Unit Bisnis Strategik(UBS): suatu unit perusahaan dengan misi dan sasaran terpisah serta dapat direncanakan secara independen dari bisnis milik perusahaan yang lain. UBS dapat berupa sebuah divisi perusahaan, lini produk dalam suatu divisi, produk dan merk.
·         Alat Analisis Portofolio.

Pendekatan Boston Consulting Group(BCG) = Matriks Pertumbuhan Pangsa Pasar adalah metode perencanaan portofolio yang mengevaluasi unit bisnis strategik milik perusahaan dari segi percepatan pertumbuhan pasar dan pangsa pasar relatif.
Setelah memetakan UBS ke dalam BCG, maka perusahaan harus memilih alternatif yang harus dilakukan:
·         Kembangkan: meningkatkan pangsa pasar.
·         Pertahankan: mempertahankan pangsa pasar.
·         Panen: meningkatkan pemasukan uang jangka pendek.
·         Jual: menjual/melikuidasi unit bisnis.
(b)    Mengembangkan strategi pertumbuhan untuk menambah produk atau bisnis baru pada portofolio.

4)      Merencanakan Strategi Fungsional
Departemen fungsional meliputi pemasaran, keuangan, akunting, SDM, dan manufaktur. Peran pemasaran dalam perencanaan strategik:
·         Pemasaran menyediakan falsafah sebagai edoman yaitu konsep pemasaran.

·         Pemasaran menyediakan input bagi pembeuat rencana strategik dan membantu mengenali peluang pasar yang menarik dan menilai potensi perusahaan untuk mengambil manfaat dari peluang tadi.


sumber:
Daryanto. 2011. SARI KULIAH: MANAJEMEN PEMASARAN. Bandung: Sarana Tutorial Nurani Sejahtera.

Perencanaan Strategik dan Proses Pemasaran 4.5 5 Unknown Monday, September 26, 2016 Perencanaan Strategik dan Proses Pemasaran a.        Perencanaan Strategik Langkah-langkah dalam perencanaan strategik dapat ditunjukan pada bagan berikut. 1)       Mendefin...


No comments:

Post a Comment

Kami mengharapkan saran maupun kritik yang membangun blog kami. Dilarang SARA dan kata-kata yang tidak pantas :)

Kuingin Baca