a. Perencanaan
Strategik
Langkah-langkah
dalam perencanaan strategik dapat ditunjukan pada bagan berikut.
1)
Mendefinisikan Visi dan Misi Perusahaan
Misi adalah apa yang harus dilakukan oleh suatu
organisasi hingga berhasil(apa bisnis kita). Adapun visi adalah cara pandang
kita ke depan, kemana organisasi harus dibawa, agar organisasi tersebut dapat
eksis(akan menjadi apa bisnis kita).
2)
Menetapkan Sasaran dan Tujuan Perusahaan
Tujuan adalah sesuatu yang akan dicapai atau
dihasilkan dalam jangka panjang. Sasaran adalah hasil-hasil yang ingin dicapai
dalam jangka pendek.
3)
Merancang Portofolio Bisnis
Portofolio bisnis adalah kumpulan bisnis dan produk
yang menyusun perusahaan.
Portofolio bisnis yang baik adalah
yang paling cocok dengan kekuatan dan kelemahan perusahaan terhadap peluang
dalam lingkungan. Dengan demikian perusahaan harus:
(a)
Menganalisis portofolio bisnis saat ini dan
memutuskan bisnis mana yang harus menerima investasi lebih banyak, lebih
sedikit, atau tidak menerima.
·
Analisis portofolio: suatu alat yang
dipergunakan oleh manajemen untuk mengenali dan mengevaluasi berbagai bisnis
yang memebentuk perusahaan.
·
Unit Bisnis Strategik(UBS): suatu unit
perusahaan dengan misi dan sasaran terpisah serta dapat direncanakan secara
independen dari bisnis milik perusahaan yang lain. UBS dapat berupa sebuah
divisi perusahaan, lini produk dalam suatu divisi, produk dan merk.
·
Alat Analisis Portofolio.
Pendekatan Boston Consulting Group(BCG) = Matriks Pertumbuhan Pangsa Pasar
adalah metode perencanaan portofolio yang mengevaluasi unit bisnis strategik
milik perusahaan dari segi percepatan pertumbuhan pasar dan pangsa pasar
relatif.
Setelah memetakan UBS ke dalam BCG,
maka perusahaan harus memilih alternatif yang harus dilakukan:
·
Kembangkan: meningkatkan pangsa pasar.
·
Pertahankan: mempertahankan pangsa pasar.
·
Panen: meningkatkan pemasukan uang jangka pendek.
·
Jual: menjual/melikuidasi unit bisnis.
(b)
Mengembangkan strategi pertumbuhan untuk
menambah produk atau bisnis baru pada portofolio.
4)
Merencanakan Strategi Fungsional
Departemen fungsional meliputi pemasaran, keuangan,
akunting, SDM, dan manufaktur. Peran pemasaran dalam perencanaan strategik:
·
Pemasaran menyediakan falsafah sebagai edoman
yaitu konsep pemasaran.
·
Pemasaran menyediakan input bagi pembeuat
rencana strategik dan membantu mengenali peluang pasar yang menarik dan menilai
potensi perusahaan untuk mengambil manfaat dari peluang tadi.
sumber:
Daryanto. 2011. SARI KULIAH: MANAJEMEN PEMASARAN. Bandung: Sarana Tutorial Nurani Sejahtera.