• About
  • Contact
  • Submit Article

Pemasaran

 on Friday, September 9, 2016  

Pemasaran adalah suatu proses sosial dan manajerial dimana dan kelompok mendapatkan kebutuhan dan keinginan mereka dengan menciptakan, menawarkan, dan bertukar sesuatu yang bernilai satu sama lain. Pemasaran merupakan salah satu yang menjadi bagian penting dalam proses penjualan suatu produk perusahaan. Hubungan pemasaran: proses menciptakan, memelihara, dan meningkatkan hubungan erat yang semakin lama semakin bernilai dengan pelanggan dan pihak-pihak yang berkepentingan. Asumsi yang digunakan adalah: binalah hubungan baik maka transaksi yang mendatangkan laba akan menyusul. Pasar terdiri dari semua pembeli potensial yang memiliki kebutuhan dan keinginan tertentu serta mau dan mampu turut dalam pertukaran untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan tersebut.
Pemasaran
Struktur aliran pertukaran ekonomi modern
Tahun 2004, American Marketing Association memberikan redefinisi pemasaran:
1)      Peranan pemasaran lebih difokuskan pada tatanan strategi dalam suatu organisasi dan tidak lagi terbatas pada pengambilan keputusan taktis. Status pemasar mengalami peningkatan dari pelaksana menjadi perumus strategi. Disamping itu, pemasaran bukan suatu fungsi manajemen yang berdiri sendiri, melainkan menjadi kegiatan dalam proses organisasi keseluruhan. Dengan demikian, tanggung jawab pemasaran tidak hanya dipikul oleh eksekutif pemasaran, tetapi menjadi tanggung jawab semua yang terlibat di dalam bisnis.
2)      Para pelanggan menginginkan proporsi nilai berupa penawaran total untuk dapat memenuhi kebutuhan, preferensi dan harapan mereka sehingga tercapai kepuasan. Untuk memenuhi keinginan tersebut maka seluruh kemampuan khusus dari organisasi dipusatkan pada penciptaan dan penyerahan nilai pelanggan unggul kepada segmen pasar sasaran.
3)      Terjadi pergeseran obyek pemasaran, yaitu pada pelanggan. Dengan demikian, pengelolaan dari hubungan dengan pelanggan menjadi titik sentral untuk disiplin pemasaran. Suatu organisasi perlu mengenal masalah pelanggan secara reakif dan harapan pelanggan secara proaktif untuk menjamin hubungan jangka panjang dengan pelanggan.

4)      Fokus pemasaran diperluas ke arah “relationship” yang memiliki cakrawala waktu yang panjang. Dalam setiap kegiatan pertukaran terdapat hubungan relasional yang akan menjadi hubungan interaktif dan terus-menerus, jika tercipta kepuasan, kepercayaan, dan komitmen.
Bagan Pelaku dan Kekuatan Sama dalam Sistem Pemasaran Modern
Referensi: Daryanto

Pemasaran 4.5 5 Unknown Friday, September 9, 2016 materi pemasaran Pemasaran adalah suatu proses sosial dan manajerial dimana dan kelompok mendapatkan kebutuhan dan keinginan mereka dengan menciptakan, me...


No comments:

Post a Comment

Kami mengharapkan saran maupun kritik yang membangun blog kami. Dilarang SARA dan kata-kata yang tidak pantas :)

Kuingin Baca