• About
  • Contact
  • Submit Article

Contoh Evaluasi Iklan

 on Friday, November 11, 2016  

Contoh Evaluasi Iklan - Dampak pesan tidak hanya bergantung pada apa yang dikatakan, namun juga bagaimana mengatakannya. Ambillah gaya eksekusi berikut: (a) temukan sebuah contoh, (b) evaluasilah efektifitas contoh tersebut (jelaskan bagaimana contoh tersebut memenuhi kategori), (c) identifikasikan target audiens, dan (d) usulkan perubahan apa pun yang dapat membuat contoh tersebut lebih efktif. Laporkan temuan anda di kelas. Gaya eksekusi meliputi:

a.       Potongan Kehidupan.
b.      Gaya Hidup.
c.       Fantasi.
d.      Mood atau Citra.
e.       Simbol Kepribadian.
f.        Bukti Teknis.
g.      Bukti Ilmiah.
h.      Bukti Kesaksian.
Pastikan untuk mendapat contoh yang terpisah (meskipun mungkin terdapat tumpang tindih di antara bentuknya)!
Jawab:
a.       Potongan Kehidupan (Slice of Life)
Gaya ini didasarkan pada pendekatan pemecahan masalah sehari-hari. Contohnya pada iklan Pocari Sweat yang mengiklankan minuman pengganti ion tubuh.
1)      Efektifitas Iklan
Iklan pocari sweat menampilkan keadaan yang normal pada saat menjalani aktivitas sehari-hari dan memecahkan masalah di sekitarnya.
2)      Target Audiens
Orang yang sedang melakukan kegiatan yang mengeluarkan banyak ion atau olahraga.
3)      Usulan Agar Iklan Lebih Efektif
Menurut kami seharusnya model dalam iklan tersebut tidak hanya perempuan, supaya bisa menarik planggan perempuan untuk membeli produk tersebut.
b.      Gaya Hidup
Gaya ini menekankan bagaimana suatu produk sesuai dengan suatu gaya hidup. Contohnya helm INK yang menjadi gaya hidup masa kini, karena rata-rata orang membeli helm INK daripada yang lain. Helm ini sangat modis dan bergaya modern.
1)    Efektifitas Iklan
Iklan ini sangat relevan dengan gaya hidup sekarang, sehingga efektif bila digunakan untuk pemasaran helm.
2)      Target Audiens
Orang yang sedang menonton atau mendengarkan media iklan, khususnya para remaja.
3)      Usulan Agar Iklan Lebih Efektif
Mungkin dengan menambah model iklan untuk lebih menarik perhatian konsumen dan modl iklan artis mengkomunikasikan lewat lisan.
c.       Fantasi
Gaya ini menciptakan fantasi di sekitar produk dan penggunaannya. Contohnya iklan Sprite menggambarkan fantasi sejumlah orang yang sedang melakukan upacara, setelah meminum sprite mendapatkan kesegaran.
1)      Efektifitas Iklan
Iklan ini memiliki pesan yaitu untuk mendapatkan kesegaran di saat panas matahari menyerang minumlah sprite. Berkaitan dengan pesan yang akan disampaikan, maka sangat efektif bila menggunakan gaya fantasi.
2)      Target Audiens
Siswa sekolah dan remaja.
3)      Usulan Agar Iklan Lebih fektif
Lebih baik pengiklan menggunakan model artis yang menjadi idola para siswa ataupun remaja agar bisa lebih menarik perhatian target audiens.
d.      Mood atau Citra
Gaya ini membangun mood atau citra di sekitar produknya, seperti kecantikan, kedamaian, dan cinta. Contohnya iklan beng-beng membangun mood atau citra cinta di sekitar produknya. Yang diwujudkan dengan 2 model yang sedang berpacaran dan saling berpendapat bahwa cara makannya beng-beng yang mereka lakukan yang paling enak.
1)      Efektifitas Iklan
Iklan ini bisa menimbulkan mood cinta yang sangat kuat, jadi dengan memakan beng-beng maka bisa membuat orang jatuh cinta.
2)      Target Audiens
Para remaja dan orang tua.
3)      Usulan Iklan Agar Lebih Efektif
Iklan akan lebih mnarik jika pngiklan lbih mendramatisir adegan dan suasana cinta di iklan beng-beng.
e.       Simbol Kepribadian
Gaya ini menciptakan karakter yang mewakili produk. Contoh iklan minuman Nutrisari yang mnciptakan ikon atau maskot berwujud jeruk yang hidup dan dibri nama “Si Jeruk’.
1)      Efektifitas Iklan
Iklan ini menciptakan suatu ikon atau maskot yang dapat diingat oleh konsumen yaitu dengan “Si Jeruk” sehingga bisa mngingatkan konsumen minuman ber perisa jeruk ya Nutrisari.
2)      Target Audiens
Anak-anak dan orang tua.
3)      Usulan Iklan Agar Lebih Efektif
Setting tempat iklan seharusnya di taman bermain supaya lebih efektif untuk mncapai target audins.
f.        Bukti Teknis
Gaya ini menunjukkan keahlian perusahaan untuk membuat produk. Contoh iklan penyedap rasa Masako yang menampilkan proses produksi atau keahlian teknik produksi dan kebanggan perusahaan terhadap produk, karena mnggunakan alat-alat yang canggih dan bahan baku produksi yang berkualitas.
1)      Efektifitas Iklan
Iklan masako menampilkan keahlian teknik perusahaan dalam memroduksi suatu produk sehingga mnimbulkan kepercayaan masyarakat terhadap produk perusahaan tersebut.
2)      Target Audiens
Orang tua atau ibu rumah tangga.
3)      Usulan Iklan Agar Lebih Efektif
Agar lebih terpercaya dengan menampilkan masakan tersebut dicicipi oleh anggota keluarga yang lain dan memberikan testimoni untuk produk Masako.
g.      Bukti Ilmiah
Gaya ini menyajikan bukti survei atau ilmiah bahwa mereknya lebih baik atau lebih disukai daripada produk yang lain. Contohnya iklan Lifebuoy yang menampilkan bukti ilmiah berupa hasil penelitian bahwa 9 dari 10 orang yang terserang flu disebabkan oleh virus yang berada di tubuh.
1)      Efektifitas Iklan
Iklan ini berusaha meyakinkan pelanggan dengan menampilkan bukti ilmiah dari penelitian.
2)      Target Audiens
Keluarga.
3)      Usulan Iklan Agar Lebih Efektif
Lebih banyak menampilkan data yang akurat supaya pelanggan lbih percaya dan bisa menambah keefktifan iklan tersebut.
h.      Bukti Kesaksian
Gaya ini menonjolkan sumber yang sangat dipercaya atau sangat disukai yang menganjurkan penggunaan produk tersebut. Contohnya deodorant Dove yang menghadirkan beberapa orang untuk memberikan kesaksian.
1)      Efektifitas Iklan
Iklan ini menghadirkan beberapa orang yang telah menggunakan deodorant dove dan diminta untuk memberikan kesaksian dan pengalaman mereka menggunakan produk deodorant dove.
2)      Target Audiens
Remaja perempuan.
3)      Usulan Iklan Agar Lebih Efektif
Agar lebih memikat pelanggan untuk menggunakan produk deodorant dove sebaiknya perusahaan menggunakan model iklan artis.
 sumber:
Materi dari Dra. Sri Wahyuni, M.M.

Contoh Evaluasi Iklan 4.5 5 Kuingin Baca Friday, November 11, 2016 Contoh Evaluasi Iklan Contoh Evaluasi Iklan - Dampak pesan tidak hanya bergantung pada apa yang dikatakan, namun juga bagaimana mengatakannya. Ambillah gaya ekse...


Kuingin Baca