Membangun Kepribadian Sales Executive
A
Peranan Kepribadian Unggul
Kepribadian
unggul merupakan salah satu kunci keberhasilan Sales Executives, semua teknik
menjual modern tidak dapat membantu meningkatkan kinerja Sales Executives
apabila mereka tidak membangun kepribadiannya. Sebagus apapun produk apabila
diserahkan ke Sales Executives yang lemah, maka penjualannya tidak bisa maksimal,
sebaliknya produk yang biasa-biasa saja apabila diserahkan ke tangan Sales
Executives yang kuat, maka penjualan produknya akan berhasil.
Kepribadian
seseorang terbentuk oleh kombinasi berbagai macam sifat bawaan atau watak dan
corak lingkungan sosial yang mengelilinginya sejak kecil hingga dewasa. Oleh
karena itu kepribadian dasar setiap orang tidak pernah sama satu sama yang
lainnya.
B
Kepribadian
Yang Menunjang Keberhasilan Penjualan Produk
Ada
empat kepribadian yang diperlukan untuk menunjang keberhasilan penjualan
produk, diantaranya:
1
Merak
Ati-Menyenangkan
Seseorang dengan kepribadian merak ati atau
menyenangkan menyebabkan orang lain menyukainya. Kepribadian merak ati sangat
diperlukan untuk mendorong keberhasilan Sales Executives dalam menjual produk
jenis apapun. Kepribadian seperti ini sangat diperlukan, apalagi dalam
penjualan produk yang sangat ketat saingannya, dimana perbedaan mutu produk,
harga, jadwal pengiriman barang, ketenaran merk produk dan sebagainya sangat
minim. Dalam situasi seperti itu calon pembeli cenderung untuk membeli produk
dari Sales Executives yang mereka sukai.
Beberapa pedoman untuk membangun kepribadian merak ati
a
Tidak
Membicarakan Diri Sendiri Secara Berlebihan
Seorang Sales Executives
wajib selalu berusaha untuk menjauhi kebiasaan memuji diri sendiri di depan
orang lain. Calon pembeli manapun tidak berminat mendengarkan kehebatan Sales
Executives yang melayaninya. Mereka menginginkan Sales Executives itu
membicarakan diri mereka atau perusahaannya, kebutuhan mereka dan barang atau
jasa yang mereka butuhkan.
b
Selalu
Mencari Hal-Hal Yang Positif Tentang Orang-Orang Yang Ditemui
Sales Executives wajib
menghindari kebiasaan mengkritik orang lain di belakang punggung. Disamping
kekurangannya setiap orang mempunyai kelebihan sendiri-sendiri. Hendaknya
kelebihan itu dicari dan mengomentarinya secara menyenangkan pada saat bertemu
calon pembeli. Dengan demikian, Sales Executives akan mendapatkan dua manfaat
sekaligus, pertama mereka akan tumbuh menjadi tokoh yang disukai orang lain,
kedua dengan memberikan komentar mengenai kebaikan orang lain, sifat baik
tersebut akan bersemi dalam pribadi Sales Executives itu sendiri.
c
Menghormati
Diri Sendiri Tetapi Tidak Memanjakannya Secara Berlebihan
Setiap Sales Executives
wajib menghormati kelebihan-kelebihan yang mereka punyai. Hal itu diperlukan
untuk mempertebal rasa percaya diri serta tidak membiarkan dirinya dilecehkan
oleh calon pembeli.
d
Mengendalikan
Pendapat
Salah satu pantangan
seorang sales adalah berdebat atau berselisih pendapat dengan calon pembeli,
karena apabila dalam suatu tawar menawar terdapat suatu perdebatan argumen,
kemungkinan calon pembeli tidak akan jadi membeli produk. Tentu hal ini akan
merugikan Sales Executives sendiri.
e
Penuh
Perhatian Kepada Orang Lain
Sikap perhatian kepada
orang lain wajib dimiliki oleh Sales Executives, karena dengan perhatian kepada
pihak-pihak lain, hal ini bisa memperlancar penjualan produk yang mereka
tawarkan. Misalnya, perhatian kepada penjaga pintu kantor, sehingga mereka akan
diijinkan masuk ke kantor. Perhatian kepada sekretaris direktur, sekretaris
direktur merupakan pintu terakhir, karena ia yang berhubungan langsung dengan
direktur (orang yang memutuskan mengenai pembelian), sehingga membina sikap
perhatian kepada sekretaris juga sangat penting.
f
Murah
Senyum
Senyuman akan memberikan
sausana lebih hangat dan menyenangkan. Senyuman seorang Sales Executives akan
membuka sebuah pertemanan kepada para calon pembeli yang juga akan membuka
pertemuan ke arah suasana pertemuan jual-beli.
2
Kepribadian
Meyakinkan
Kepribadian yang meyakinkan menyebabkan orang lain
mempercayai orang yang bersangkutan dan dapat menerima sarannnya dengan penuh
kepercayaan. Kepribadian meyakinkan sangat penting perancangan dalam menunjang
keberasilan penjualan produk.
a
Memiliki
Pengetahuan Yang Mendalam Tentang Produk Yang Ditawarkan
Pengetahuan mengenai
produk sangat penting bagi seorang Sales Executives. Mereka diharapkan dapat
menjawab semua pertanyaan yang ditanyakan oleh calon pembeli secara memuaskan. Sales
Executives diharapkan mengetahui semua hal-hal yang penting mengenai produk
yang ia tawarkan. Mereka juga harus mengetahui pasar persaingan yang ia hadapi,
perusahaan-perusahaan saingan yang di atasnya maupun dibawahnya dilihat dari
kualitasnya.
b
Tidak
Berbohong
Sales Executives sangat
diharapkan tidak membohongi calon pembeli dan pelanggannya. Apabila seorang
pembeli sudah mencium bau kebohongan Sales Executives dalam menjelaskan
mengenai produk, dapat dipastikan calon pembeli tidak akan jadi membeli produk.
Apabila pembeli telah membeli produk, namun ia kecewa karena produk yang ia
beli tidak sesuai dengan apa yang dibicarakan oleh Sales Executives, Sales
Executives tersebut untuk waktu selanjutnya tidak akan mendapat kepercayaan
dari calon pembeli.
3
Kepribadian
Berwibawa
Memiliki kepribadian berwibawa tidak mudah, namun
seperti halnya kepribadian meyakinkan, kepribadian berwibawa mempunyai peranan
penting dalam keberhasilan penjualan produk. Kepribadian berwibawa dapat
membimbing orang lain melakukan sesuatu sesuai dengan anjuran atau saran
pemilik kepribadian. Semakin menonjol kepribadian berwibawa Sales Executives
semakin besar pula kemungkinan mereka dapat menyakinkan konsumen membeli
produknya.
a
Membangun
Kepandaian Menguasai Diri
Sales Executives harus
dapat memaksa dirinya sendiri melakukan berbagai macam hal yang diperlukan guna
memperlancar proses penjualan produk walaupun sebenarnya mereka tidak menyukai
hal itu. Sebagai pedoman umum, dikatakan agar dapat menguasai orang lain,
setiap orang harus dapat menguasai dirinya sendiri terlebih dahulu. Pedoman itu
juga berlaku bagi para Sales Executives. Sebelum mereka dapat menguasai calon
pembeli sehingga bersedia melakukan himbauan membeli produk, Sales Executives
harus mampu menguasai dirinya sendiri terlebih dahulu.
b
Membangun
Kebulatan Tekad Menyelesaikan Tugas
Sales Executives harus
mengikuti proses pengambilan keputusan membeli dengan tekun, ulet dan sabar.
Apabila mereka setengah-setengah dalam menjalankan tugas itu, hasilnya juga
tidak akan optimal.
Untuk penjualan produk
yang mahal harganya dan harus bersaingan dengan perusahaan lain seperti halnya
dalam proses penjualan harapan keberhasilan menjual produk seringkali timbul
tenggelam sejalan dengan berjalannya proses pengambilan keputusan membeli.
Dalam keadaan seperti itu kebulatan tekad Sales Executives untuk menyelesaikan
tugas secara berhasil sangat diperlukan.
c
Membangun
Kecepatan Berfikir Dalam Menghadapi Konsumen
Kemampuan berfikir cepat
dalam presentasi produk atau menghadapi konsumen dapat dibangun dengan
menganalisa keberhasilan Sales Executives dalam setiap pertemuan mereka dengan
pembeli, kemudian mempraktekkannya pada pembeli yang lain. Untuk itu, setiap
saat menyelesaikan pertemuan hendaknya Sales Executives beristirahat sejenak
dengan mencatat keberhasilannya dalam menjawab pertanyaan-pertanyaan yang
diajukan oleh calon pembeli selama pertemua tersebut. Mereka tidak perlu
memikirkan ketidakberhasilan mereka, kecuali itu adalah hal yang fatal.
Kebiasaan seperti itu akan membuat Sales Executives selalu berfikir positif
pula.
4
Kepribadian
Dinamis
Agar seseorang memiliki kepribadian yang dinamis, ia
harus mempunyai tiga kepribadian yaitu merak ati, meyakinkan dan berwibawa
secara seimbang serta ditunjang oleh rasa percaya diri yang tinggi dan penuh
antusiasme.
Bagi para Sales Executives rasa percaya diri yang
tinggi dan antusiasme akan tumbuh, apabila mereka telah berkali-kali melakukan
presentasi penjualan atau berkali-kali pula memperoleh order pembelian yang
substansial. Sebaiknya apabila mereka seringkali mengalami kegagalan dalam
presentasi penjualan pekerjaan menjual produk menjadi sesuatu yang tidak
menyenangkan.
Dalam setiap pertemuan dengan calon pembeli Sales
Executives harus dapat menunjukkan antusiasme yang tinggi serta mencoba
membangunkan antusiasme calon pembeli. Hanya apabila calon pembeli secara
antusias mendengarkan berbagai macam penjelaskan Sales Executives yang
bersangkutan dengan manfaat barang atau jasa ada harapan pembeli akan membeli
produk yang ditawarkan.
C
Mengatasi
Rasa Takut Dan Kurang Percaya Diri
Sales
Executives kaliber apapun kadang-kadang tidak dapat menghindari kejangkitan
rasa takut atau khawatir mendapat perlakuan kurang menyenagkan dari calon
pembeli. Mereka dianggap khawatir menjual produk setengah memaksa, mengganggu
ketenangan kerja di kantor atau waktu istirahat di rumah, dipermalukan dan
sebagainya. Apabila itu terjadi terus menerus tanpa diatasi, ia akan berkembang
menjadi pribadi yang kurang percaya diri. Dalam banyak kejadian rasa khawatir
mendapatkan perlakuan kurang menyenangkan dari calon pembeli tersebut
sebenarnya timbul dari angan-angan para Sales Executives sendiri.
Rasa
khawatir mendapatkan sikap kurang menyenangkan dari calon pembeli dapat diatasi
dengan dua macam cara, yang pertama dan yang paling mudah, adalah dengan jalan
mengabaikannya atau menyadari sikap kurang menyenangkan tersebut kemungkinan
timbul karena ketidakpandaian Sales Executives yang bersangkutan dalam
membawakan dirinya.
![]() |
Super Salesman |
Cara yang kedua adalah dengan menanamkan
keyakinan bahwa tugas kunjungan mereka kepada calon pembeli adalah tugas
bisnis. Sales Executives adalah jabatan yang terhormat dan mewakili sebuah
perusahaan yang terhormat pula. Mereka menawarkan produk yang berharga dan
bermanfaat bagi pembelinya. Mereka tidak meminta sesuatu dari pembeli tanpa
memberikan sesuatu yang nilainya minimal sama dengan yang diberikan oleh
pembeli. Dalam setiap kunjungan mereka
tidak akan memaksa calon pembeli untuk membeli produk, melainkan mencari tahu
apakah calon pembeli membutuhkan produk yang ditawarkan.