• About
  • Contact
  • Submit Article

Membangun Kepribadian Sales Executive

 on Saturday, November 26, 2016  

Membangun Kepribadian Sales Executive



A      Peranan Kepribadian Unggul
Kepribadian unggul merupakan salah satu kunci keberhasilan Sales Executives, semua teknik menjual modern tidak dapat membantu meningkatkan kinerja Sales Executives apabila mereka tidak membangun kepribadiannya. Sebagus apapun produk apabila diserahkan ke Sales Executives yang lemah, maka penjualannya tidak bisa maksimal, sebaliknya produk yang biasa-biasa saja apabila diserahkan ke tangan Sales Executives yang kuat, maka penjualan produknya akan berhasil.
Kepribadian seseorang terbentuk oleh kombinasi berbagai macam sifat bawaan atau watak dan corak lingkungan sosial yang mengelilinginya sejak kecil hingga dewasa. Oleh karena itu kepribadian dasar setiap orang tidak pernah sama satu sama yang lainnya.

B       Kepribadian Yang Menunjang Keberhasilan Penjualan Produk
Ada empat kepribadian yang diperlukan untuk menunjang keberhasilan penjualan produk, diantaranya:
1        Merak Ati-Menyenangkan
Seseorang dengan kepribadian merak ati atau menyenangkan menyebabkan orang lain menyukainya. Kepribadian merak ati sangat diperlukan untuk mendorong keberhasilan Sales Executives dalam menjual produk jenis apapun. Kepribadian seperti ini sangat diperlukan, apalagi dalam penjualan produk yang sangat ketat saingannya, dimana perbedaan mutu produk, harga, jadwal pengiriman barang, ketenaran merk produk dan sebagainya sangat minim. Dalam situasi seperti itu calon pembeli cenderung untuk membeli produk dari Sales Executives yang mereka sukai.

Beberapa pedoman untuk membangun kepribadian merak ati
a        Tidak Membicarakan Diri Sendiri Secara Berlebihan
Seorang Sales Executives wajib selalu berusaha untuk menjauhi kebiasaan memuji diri sendiri di depan orang lain. Calon pembeli manapun tidak berminat mendengarkan kehebatan Sales Executives yang melayaninya. Mereka menginginkan Sales Executives itu membicarakan diri mereka atau perusahaannya, kebutuhan mereka dan barang atau jasa yang mereka butuhkan.
b        Selalu Mencari Hal-Hal Yang Positif Tentang Orang-Orang Yang Ditemui
Sales Executives wajib menghindari kebiasaan mengkritik orang lain di belakang punggung. Disamping kekurangannya setiap orang mempunyai kelebihan sendiri-sendiri. Hendaknya kelebihan itu dicari dan mengomentarinya secara menyenangkan pada saat bertemu calon pembeli. Dengan demikian, Sales Executives akan mendapatkan dua manfaat sekaligus, pertama mereka akan tumbuh menjadi tokoh yang disukai orang lain, kedua dengan memberikan komentar mengenai kebaikan orang lain, sifat baik tersebut akan bersemi dalam pribadi Sales Executives itu sendiri.
c            Menghormati Diri Sendiri Tetapi Tidak Memanjakannya Secara Berlebihan
Setiap Sales Executives wajib menghormati kelebihan-kelebihan yang mereka punyai. Hal itu diperlukan untuk mempertebal rasa percaya diri serta tidak membiarkan dirinya dilecehkan oleh calon pembeli.
d           Mengendalikan Pendapat
Salah satu pantangan seorang sales adalah berdebat atau berselisih pendapat dengan calon pembeli, karena apabila dalam suatu tawar menawar terdapat suatu perdebatan argumen, kemungkinan calon pembeli tidak akan jadi membeli produk. Tentu hal ini akan merugikan Sales Executives sendiri.

e            Penuh Perhatian Kepada Orang Lain
Sikap perhatian kepada orang lain wajib dimiliki oleh Sales Executives, karena dengan perhatian kepada pihak-pihak lain, hal ini bisa memperlancar penjualan produk yang mereka tawarkan. Misalnya, perhatian kepada penjaga pintu kantor, sehingga mereka akan diijinkan masuk ke kantor. Perhatian kepada sekretaris direktur, sekretaris direktur merupakan pintu terakhir, karena ia yang berhubungan langsung dengan direktur (orang yang memutuskan mengenai pembelian), sehingga membina sikap perhatian kepada sekretaris juga sangat penting.
f             Murah Senyum
Senyuman akan memberikan sausana lebih hangat dan menyenangkan. Senyuman seorang Sales Executives akan membuka sebuah pertemanan kepada para calon pembeli yang juga akan membuka pertemuan ke arah suasana pertemuan jual-beli.

2        Kepribadian Meyakinkan
Kepribadian yang meyakinkan menyebabkan orang lain mempercayai orang yang bersangkutan dan dapat menerima sarannnya dengan penuh kepercayaan. Kepribadian meyakinkan sangat penting perancangan dalam menunjang keberasilan penjualan produk.
a        Memiliki Pengetahuan Yang Mendalam Tentang Produk Yang Ditawarkan
Pengetahuan mengenai produk sangat penting bagi seorang Sales Executives. Mereka diharapkan dapat menjawab semua pertanyaan yang ditanyakan oleh calon pembeli secara memuaskan. Sales Executives diharapkan mengetahui semua hal-hal yang penting mengenai produk yang ia tawarkan. Mereka juga harus mengetahui pasar persaingan yang ia hadapi, perusahaan-perusahaan saingan yang di atasnya maupun dibawahnya dilihat dari kualitasnya.

b        Tidak Berbohong
Sales Executives sangat diharapkan tidak membohongi calon pembeli dan pelanggannya. Apabila seorang pembeli sudah mencium bau kebohongan Sales Executives dalam menjelaskan mengenai produk, dapat dipastikan calon pembeli tidak akan jadi membeli produk. Apabila pembeli telah membeli produk, namun ia kecewa karena produk yang ia beli tidak sesuai dengan apa yang dibicarakan oleh Sales Executives, Sales Executives tersebut untuk waktu selanjutnya tidak akan mendapat kepercayaan dari calon pembeli.

3        Kepribadian Berwibawa
Memiliki kepribadian berwibawa tidak mudah, namun seperti halnya kepribadian meyakinkan, kepribadian berwibawa mempunyai peranan penting dalam keberhasilan penjualan produk. Kepribadian berwibawa dapat membimbing orang lain melakukan sesuatu sesuai dengan anjuran atau saran pemilik kepribadian. Semakin menonjol kepribadian berwibawa Sales Executives semakin besar pula kemungkinan mereka dapat menyakinkan konsumen membeli produknya.
a        Membangun Kepandaian Menguasai Diri
Sales Executives harus dapat memaksa dirinya sendiri melakukan berbagai macam hal yang diperlukan guna memperlancar proses penjualan produk walaupun sebenarnya mereka tidak menyukai hal itu. Sebagai pedoman umum, dikatakan agar dapat menguasai orang lain, setiap orang harus dapat menguasai dirinya sendiri terlebih dahulu. Pedoman itu juga berlaku bagi para Sales Executives. Sebelum mereka dapat menguasai calon pembeli sehingga bersedia melakukan himbauan membeli produk, Sales Executives harus mampu menguasai dirinya sendiri terlebih dahulu.
b        Membangun Kebulatan Tekad Menyelesaikan Tugas
Sales Executives harus mengikuti proses pengambilan keputusan membeli dengan tekun, ulet dan sabar. Apabila mereka setengah-setengah dalam menjalankan tugas itu, hasilnya juga tidak akan optimal.
Untuk penjualan produk yang mahal harganya dan harus bersaingan dengan perusahaan lain seperti halnya dalam proses penjualan harapan keberhasilan menjual produk seringkali timbul tenggelam sejalan dengan berjalannya proses pengambilan keputusan membeli. Dalam keadaan seperti itu kebulatan tekad Sales Executives untuk menyelesaikan tugas secara berhasil sangat diperlukan.
c         Membangun Kecepatan Berfikir Dalam Menghadapi Konsumen
Kemampuan berfikir cepat dalam presentasi produk atau menghadapi konsumen dapat dibangun dengan menganalisa keberhasilan Sales Executives dalam setiap pertemuan mereka dengan pembeli, kemudian mempraktekkannya pada pembeli yang lain. Untuk itu, setiap saat menyelesaikan pertemuan hendaknya Sales Executives beristirahat sejenak dengan mencatat keberhasilannya dalam menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diajukan oleh calon pembeli selama pertemua tersebut. Mereka tidak perlu memikirkan ketidakberhasilan mereka, kecuali itu adalah hal yang fatal. Kebiasaan seperti itu akan membuat Sales Executives selalu berfikir positif pula.

4        Kepribadian Dinamis
Agar seseorang memiliki kepribadian yang dinamis, ia harus mempunyai tiga kepribadian yaitu merak ati, meyakinkan dan berwibawa secara seimbang serta ditunjang oleh rasa percaya diri yang tinggi dan penuh antusiasme.
Bagi para Sales Executives rasa percaya diri yang tinggi dan antusiasme akan tumbuh, apabila mereka telah berkali-kali melakukan presentasi penjualan atau berkali-kali pula memperoleh order pembelian yang substansial. Sebaiknya apabila mereka seringkali mengalami kegagalan dalam presentasi penjualan pekerjaan menjual produk menjadi sesuatu yang tidak menyenangkan.
Dalam setiap pertemuan dengan calon pembeli Sales Executives harus dapat menunjukkan antusiasme yang tinggi serta mencoba membangunkan antusiasme calon pembeli. Hanya apabila calon pembeli secara antusias mendengarkan berbagai macam penjelaskan Sales Executives yang bersangkutan dengan manfaat barang atau jasa ada harapan pembeli akan membeli produk yang ditawarkan.

C      Mengatasi Rasa Takut Dan Kurang Percaya Diri
Sales Executives kaliber apapun kadang-kadang tidak dapat menghindari kejangkitan rasa takut atau khawatir mendapat perlakuan kurang menyenagkan dari calon pembeli. Mereka dianggap khawatir menjual produk setengah memaksa, mengganggu ketenangan kerja di kantor atau waktu istirahat di rumah, dipermalukan dan sebagainya. Apabila itu terjadi terus menerus tanpa diatasi, ia akan berkembang menjadi pribadi yang kurang percaya diri. Dalam banyak kejadian rasa khawatir mendapatkan perlakuan kurang menyenangkan dari calon pembeli tersebut sebenarnya timbul dari angan-angan para Sales Executives sendiri.
Rasa khawatir mendapatkan sikap kurang menyenangkan dari calon pembeli dapat diatasi dengan dua macam cara, yang pertama dan yang paling mudah, adalah dengan jalan mengabaikannya atau menyadari sikap kurang menyenangkan tersebut kemungkinan timbul karena ketidakpandaian Sales Executives yang bersangkutan dalam membawakan dirinya.
Membangun Kepribadian Sales Executive
Super Salesman
             Cara yang kedua adalah dengan menanamkan keyakinan bahwa tugas kunjungan mereka     kepada calon pembeli adalah tugas bisnis. Sales Executives adalah jabatan yang terhormat dan mewakili sebuah perusahaan yang terhormat pula. Mereka menawarkan produk yang berharga dan bermanfaat bagi pembelinya. Mereka tidak meminta sesuatu dari pembeli tanpa memberikan sesuatu yang nilainya minimal sama dengan yang diberikan oleh pembeli. Dalam  setiap kunjungan mereka tidak akan memaksa calon pembeli untuk membeli produk, melainkan mencari tahu apakah calon pembeli membutuhkan produk yang ditawarkan.

Membangun Kepribadian Sales Executive 4.5 5 Kuingin Baca Saturday, November 26, 2016 Membangun Kepribadian Sales Executive Membangun Kepribadian Sales Executive A       P eranan Kepribadian Unggul Kepribadian unggul merupakan salah satu kunci keberhasil...


Kuingin Baca