• About
  • Contact
  • Submit Article

Pasar dan Penelitian Pasar

 on Tuesday, November 8, 2016  

1. Pasar
Macam-Macam Pasar
Pada dasarnya, macam-macam pasar dapat digolongkan menjadi 4 bagian, yaitu:
A.        Pasar Barang Konsumen
Sebelum kita membahas pasar barang konsumen sebaiknya kita bedakan terlebih dahulu barang konsumen, dilihat dari kebiasaan membeli (yang dimilki konsumen):
1.       Barang Convinience
Barang murah dan pemakaiannya mudah dan praktis serta menjadi kebutuhan mutlak yang harus dipenuhinya.
2.       Barang Shopping
Barang yang dibutuhkan tetapi tidak selalu tersedia di semua tempat sehingga harus mencari lebih dahulu dan sebelum mengambil keputusan untuk membeli akan dipikirkan dan dipertimbangkan masak-masak. Misalnya: pakaian, peralatan dapur, dan sebagainya.
3.       Barang Spesial
Barang yang unik dan mempunyai ciri khas serta tempat penjualan tertentu juga, sehingga untuk mencapai tempatnya perlu mengorbankan waktu dan uang yang cukup banyak. Misalnya: mobil dan barang antik.
Pasar dan Penelitian Pasar
Pasar
Pembeli pada pasar barang konsumen adalah individu-individu baik perseorangan maupun berkelompok, sehingga dengan melihat pembelinya juga harus mengetahui peranan pembeli di rumahnya di mana peranan tersebut bisa saja sebagai.
1           .       Initiator      : pemberi saran untuk melakukan pembelian.
2           .       Influencer  : orang yang memengaruhi dalam mengambil keputusan.
3           .       Decider      : orang yang memutuskan pembelian.
4           .       Purchaser  : orang yang bertugas melakukan pembelian.
5           .       User          : orang yang memakai produk yang dibeli.
Kerumitan dalam pembelian barang konsumen bergantung pada situasi yang dihadapi pembeli, bisa juga situasi tersebut bersifat tidak rumit sehingga pembeli tidak perlu mempertimbangkan masak-masak dalam memutuskan pembelian. Bisa juga situasi yang dihadapi bersifat agak rumit di mana pembeli biasanya belum mengenal barang yang akan dibeli sehingga memerlukan informasi tambahan yang banyak agar dalam mengambil keputusan cepat. Dan situasi terakhir yang mungkin dihadapi pembeli adalah situasi yang rumit dimana pembeli benar-benar akan membeli barang yang betul-betul baru sedangkan pasar menyediakan berbagai macam bentuk merek maupun harganya.
B.        Pasar Penjual
Suatu pasar yang terdiri atas individu-indivisu dan organisasi yang membeli barang-barang dengan maksud untuk dijual kembali supaya bisa menghasilkan laba (tambahan pendapatan). Contoh: pasar pedagang besar di mana para pembeli membeli barang untuk dijual secara eceran.
C.        Pasar Pemerintah
Pasar pemerintah adalah pasar di mana terdapat lembaga-lembaga pemerintah seperti departemen, kantor dinas, instansi, dan sebagainya.
D.        Pasar Barang Industri
Pasar barang industri adalah individu atau lembaga-lembaga maupun organisasi yang membeli barang di pasar untuk diproses lahi menjadi barang jadi kemudian dijual lagi. Pembeli barang industri biasanya adalah pembeli yang rasional di mana peranan harga maupun kegunaannya sangat memegang peranan peranan penting dan biasanya barang yang dijual sifat permintaan pasarnya elastis terhadap harga, sehingga kalau terjadi perubahan harga sedikit saja akan mengakibatkan perubahan volume pembelian yang besar.
       Pembelian dalam pasar barang industri biasanya selalu dalam jumlah partai besar atau kalau tidak demikian juga pembelian tersebut merupakan pembelian peralatan-peralatan yang menunjang keberhasilan proses produksi. Oleh karena itu pada pasar barang konsumen, di pasar barang industri juga perlu mengetahui siap yang mengambil keputusan dalam pembelian di mana keputusan pembelian di pasar barnag industri bergantung pada:
-          Rutin tidaknya frekuensi pembelian bahan baku.
-          Mendesak atau tidaknya kebutuhan.
-          Manfaat bagi proses produksi.
-          Dana yang diperlukan untuk membeli.
Kalau dalam pasar barang konsumen kita mengenal situasi yang dihadapi pembeli akan memengaruhi keputusan membeli, demikian juga pada pasar barang industri juga mengenal situasi yang dihadapi pembeli, yaitu pembelian baru, pembelian ulang, maupun pembelian yang berulang-ulang atau rutin.
2. Penelitian Pasar
A.        Pengertian dan Kegunaan Pasar
Penelitian pasar adalah kegiatan yang berupa pengumpulan dan penganalisaan data atau fakta-fakta yang berhubungan dengan usaha penjualan barang dan jasa. Jadi, pada penelitian pasar mempuyai dua kegiatan, yaitu:
1.       Pengumpulan data, dan
2.       Penganalisaan data.
Penelitian pasar mempunyai peranan yang sangat penting karena menjadi dasar dalam mengambil keputusan di masa yang akan datang. Mengapa demikian? Karena penelitian pasar merupakan kegiatan yang paling efektif dalam memberikan dan mencari informasi yang dibutuhkan sehingga dengan bekal informasi yang lengkap tentang pasar yang bersangkutan akan dapat menguasainya.
Mengapa penelitian pasar harus dilakukan suatu perusahaan? Ada beberapa tujuan pelaksanaan penelitian pasar diantaranya:
1)         Kedudukan para pesaing, hal ini sangat penting karena berkaitan erat dengan strategi atau kebijakan yang akan diambil untuk mengatasinya.
2)         Kedudukan perusahaan dalam menguasai market share (bagian pasar yang dikuasai), karena semakin besar market share yang dimiliki perusahan maka semakin besar pengaruh kebijakan yang diambil perusahaan terhadap pesaing.
3)         Untuk mengetahui kebiasaan, perilaku, dan daya beli masyarakat sehingga perusahaan dapat memakai jasa promosi yang mengena dan menarik konsumen.
4)         Perusahaan ingin mengetahui potensi pasar dalam menyerap barang-barang yang dijual, dan lain-lain.
B.        Tahap-Tahapan Dalam Penelitian Pasar
Langkah-langkah penelitian pasa dikelompokkan menjadi 3 kelompok, yaitu:
1.       Tahap Persiapan Penelitian
Yaitu tahap di mana perusahaan menentukan permasalahan yang dihadapi, sasaran penelitian, memilih, dan menetapkan metode penelitian yang akan dipakai.
2.       Tahap Pelaksanaan Penelitian
Yaitu tahap untuk meneliti secara langsung dalam mencari data sekunder (yang sudah ada karena peneliti lain sudah melakukan) maupun data primer (data yang diperoleh dengan terjun langsung ke lapangan untuk mendapat data mentah dari sasaran yang diteliti).
3.       Tahap Penyelesaian Data
Yaitu tahap di mana seluruh masukan data di analisa baik secara kualitatif (tanpa bantuan perhitungan matematis) maupun secara kuantitatif untuk kemudian diambil kesimpulan tentang objek penelitian yang dilakukan.

sumber:
Daryanto. 2011. Sari Kuliah: MANAJEMEN PEMASARAN. Bandung: Sarana Tutorial Nurani Sejahtera.

Pasar dan Penelitian Pasar 4.5 5 Kuingin Baca Tuesday, November 8, 2016 Pasar dan Penelitian Pasar 1. Pasar Macam-Macam Pasar Pada dasarnya, macam-macam pasar dapat digolongkan menjadi 4 bagian, yaitu: A.         Pasar Barang Ko...


Kuingin Baca