• About
  • Contact
  • Submit Article

Pengungkapan dan Penyesuaian Diri

 on Monday, November 28, 2016  



 Pengungkapan dan Penyesuaian Diri


                Pengungkapandan Penyesuaian Diri - Pengungkapan dan penyesuaian diri ini diperlukan mengingat manusia memiliki sifat yang berbeda-beda. Keterampilan dalam menyesuaikan diri juga harus dimiliki oleh seseorang sales karena dengan menyesuaikan diri kepada orang-orang yang ada di lingkungan, maka akan terbina sebuah keakraban yang memungkinkan seseorang bisa dengan mudah untuk mendapatkan seorang pembeli. Begitu juga dengan pengungkapan diri, bila orang mengenal diri kita maka ia juga akan semakin terbuka dalam berinteraksi dengan kita sehingga membantu kita dalam membaca pikiran dan perasaan orang lain.
                Menurut Mardatillah penyesuaian diri diperlukan agar manusia bisa bertahan, berguna, dan bermakna bagi kehidupannya. Namun, penyesuaian diri juga harus didukung oleh pengungkapan diri sebagai bagian dari mengekspresikan diri, sehingga tidak hanya diri sendiri yang mengetahui tentang dirinya namun orang lain juga mengetahui tentang dirinya. Hal ini berguna untuk memperkenalkan diri sendiri secara tidak langsung pada orang lain sehingga orang lain bisa menyesuaikan diri saat berinteraksi.
               

 Pengungkapan dan Penyesuaian Diri
sumber: Can Stock Photo

Penyesuaian diri memiliki hubungan yang erat dengan kepribadian yang positif. Ketika seseorang melakukan penyesuaian diri maka ia telah berusaha untuk bersikap luwes, tidak egois, menghargai orang lain, dan tangguh. Perkembangan kepribadian positif tidak dapat berjalan sebagaimana mestinya jika tidak adanya penyesuaian diri manusia tersebut.
                Selain itu, penyesuaian diri juga memberikan pengalaman dan pengetahuan bagi seseorang untuk dapat mengatasi dan meghadapi persoalan yang ada. Orang yang pandai menyesuaikan diri adalah orang yang tidak kaku dan otoriter. Ia memiliki kesehatan mental dan bisa terhindar dari gangguan psikis seperti depresi, stress, cemas, dan sebagainya.
                Sebaliknya, saat seseorang tidak mampu menyesuaikan diri dengan baik, maka ia akan menjadi manusia yang kaku, kesulitan bergaul, dan susah membangun komunikasi. Orang ini harus segera membenahi dirinya agar mampu melakukan penyesuaian diri karena jika tidak ia tersisih dari lingkungannya.
                Apa saja dasar-dasar yang harus dimiliki untuk membina penyesuaian diri yang baik? Untuk membina penyesuaian diri yang baik, Mahfud M.D. mengemukakan patokan-patokan umum yaitu.
Pertama, memelihara kesehatan jasmani. Kesehatan jasmani yang buruk akan menurunkan semangat untuk hidup yang kemudian menimbulkan perasaan yang tidak menyenangkan sehingga dapat merusak kualitas penyesuaian diri.
Kedua, lakukanlah pekerjaan yang memuaskan. Tidak ada yang sempurna dalam hidup ini namun lakukanlah yang terbaik. Filsafat ini memberikan kekuatan terbesar bagi kepribadian berupa kepuasan batin sehingga memotivasi untuk melakukan pekerjaan yang sebaik-baik mungkin.
Ketiga, beristirahatlah dan menghibur diri. Keduanya memiliki kekuatan sebagai peningkatan kesehatan jasmani dan melenyapkan perasaan-perasaan yang tidak diinginkan sehingga memberikan kesempatan bagi tubuh dan hati untuk beristirahat sejenak dalam rangka menyeimbangkan frustasi yang dijumpai dalam pekerjaan.
Keempat, berpartisipasi dalam masyarakat. Aktivitas sosial sama penting dengan aktivitas individu. Bukan saja merupakan karena naluri sebagai makhluk sosial namun juga sebagai ajang bertukar pikiran dan informasi dalam rangka saling memahami dan mengerti satu sama lain.
Kelima, memiliki hubungan yang penuh kepercayaan dengan orang lain. Memiliki hubungan yang diliputi kepercayaan membuat orang merasa nyaman dalam melakukan penyesuaian diri karena adanya perasaan dihargai dan diakui oleh orang lain.
Keenam, bersifat obyektif. Adanya kemampuan bersikap obyektif dalam melihat kenyataan dan keinginan yang ada. Mampu memilih dan memilah mana yang penting dan yang kurang penting, mana yang kebutuhan dan mana yang keinginan.
Ketujuh, berusaha mengerti dan memahami. Saat melakukan penyesuaian diri, seseorang tidak hanya berusaha mengerti dan memahami dirinya sendiri saja namun juga ornag lain karena sama halnya ornag lain juga ingin dimengerti dan dipahami. Jika hal ini terjadi maka akan timbulnya hubungan timbal balik yang menyenangkan.
Kedelapan, janganlah terlalu bersikap serius dalam menghadapi kehidupan dunia yang terkadang kurang menyenangkan, seseorang diharapkan tidak bersikap terlalu serius karena ketegangan yang terjadi dapat menganggu kesehatan mentalnya. Karena itu filsafat yang mengatakan saat kepala panas hati harus tetap dingin, bermakna ula bahwa saat kita terbawa emosi hingga tegang memuncak, namu hati yang tenag dengan pikiran jernih mencari pemecahannya.
Seharusnya, seseorang yang tidak bisa membawakan dan menyesuaikan diri di tengah-tengah lingkungannya bukanlah calon seornag sales yang baik karena sales hebat itu adalah orang yang luwes, yang mudah bergaul dengan siapa saja. Orang yang mudah bergaul karena ia memiliki keahlian dalam menyesuaikan diri. Selain penyesuaian diri, seseorang yang ingin menjadi sales sukses harus bisa menyingkap dirinya juga dengan cara yang wajar.

sumber:
Anhari, M. 2014. Creative Salesman: Tips Menjadi Salesman No. 1. Yogyakarta: Kobis.

Pengungkapan dan Penyesuaian Diri 4.5 5 Kuingin Baca Monday, November 28, 2016 Pengungkapan dan Penyesuaian Diri   Pengungkapan dan Penyesuaian Diri                 Pengungkapandan Penyesuaian Diri - Pengungkapan dan penyesuaian diri ini diperl...


No comments:

Post a Comment

Kami mengharapkan saran maupun kritik yang membangun blog kami. Dilarang SARA dan kata-kata yang tidak pantas :)

Kuingin Baca