• About
  • Contact
  • Submit Article

Ciri dan Faktor Motivasi Berprestasi Tinggi

 on Monday, November 21, 2016  

Ciri dan Faktor Motivasi Berprestasi Tinggi - Disini saya akan membagikan materi tentang Motivasi Berprestasi Tinggi diak hanya ciri-cirinya saja tetapi juga faktor-faktor yang memengaruhi Motivasi Berprestasi Tinggi. Mari kita lihat apa aja isinya. Check it out!
A.      Ciri-Ciri Memiliki Motivasi Berprestasi Tinggi
            Penelitian yang dilakukan oleh Atkinson (dalam Menrahbian dan Bank, 1975), menjelaskan bahwa untuk mengetahui motivasi berprestasi seseorang terdapat dua kecenderungan perilaku yaitu:
a.         Individu yang cenderung mengejar atau mendekati kesuksesan (tedency approach succes).
b.        Individu yang berusaha menghindari kegagalan (tedency to avoid failure).
Wyner (dikutip Haditomo, 1988) menyebutkan ciri-ciri individu yang memiliki motivasi berprestasi yang tinggi sebagai berikut:
a.         Menunjukkan aktivitas yang berprestasi.
b.        Menunjukkan ketekunan dan tidak mudah putus asa dalam meghadapi kegagalan.
c.         Memilih tugas-tugas tingkat kesulitan yang sedang-sedang.
Menurut McClelland (dikutip dari Gibson, 1988) dalam risetnya menggambarkan bahwa orang-orang yang berprestasi tinggi dalam masyarakat adalah:
a.         Mereka yang memiliki berprestasi tinggi lebih suka menetapkan sendiri tujuan prestasinya.
b.        Lebih suka menghindari tujuan prestasi yang mudah dan sukar karena mereka lebih menyukai tujuan yang sesuai dengan kemampuan mereka.
c.         Lebih menyukai balikan (feedback) yang cepat dan efisien mengenai prestasi mereka.
d.        Senang dan bertanggung jawab memecahkan setiap masalah.
Heckhausen (dikutip Malayani, 1982) mengemukakan ada enam sifat individu yang mempunyai motivasi berprestasi yang tinggi. Sifat-sifat tersebut adalah:
a.         Lebih mempunyai kepercayaan dalam menjalankan tugas yang berhubungan dengan prestasi.
b.        Mempunyai sikap yang berorientasi ke masa depan dan lebih dapat menangguhkan pemuasan untuk dapat menjalankan penghargaan (reward) pada waktu kemudian.
c.         Memilih tugas yang kesukarannya sedang.
d.        Tidak suka membuang-buang waktu.
e.         Dalam mencari pasangan lebih suka yang memiliki kemampuan daripada simpatik.
f.          Lebih tangguh dalam suatu tugas.
Dari pendapat ahli di atas dapat dinyatakan bahwa pada dasarnya pandangan mereka tidak jauh berbeda dan semuanya mempunyai gambaran bahwa individu yang memiliki motivasi berprestasi tinggi akan selalu bekerja keras, tangguh, tidak mudah putus asa, berorientasi ke masa depan menyenangi tugas yang memiliki tingkat kesulitan yang sedang-sedang saja, menyukai feedback yang cepat dan efisien mengenai prestasinya serta mandiri. Juga bertanggung jawab dalam memecahkan masalah dan pada setiap perilaku berorientasi ke masa depan, efektif dan efisien dalam upayanya mencapai tujuan. Dalam memilih tugas yang memiliki tantangan dan disesuaikan dengan kemampuannya.

Ciri dan Faktor Motivasi Berprestasi Tinggi


B.       Faktor-faktor yang Memengaruhi Motivasi Berprestasi
Beberapa faktor yang memngaruhi motivasi berprestasi antara lain adalah:
a.       Intelegensi
Intelegensi adalah kemampuan mental yang kompleks yang ada pada diri seseorang. Kemampuan tersebut akan melatar belakangi perilaku seseorang baik di dalam memecahkan masalah maupun menghadapi hal yang baru. Makin tinggi intelegensi atau kemampuan seseorang akan makin cepat dan cermat membaca, memahami, dan menyelesaikan permasalahan yang dihadapi dan semakin tinggi pula dan tingkat kreatifitas yang dilakukan untuk berprestasi.
Piet Rottfes dan Splete menyatakan intelegensi akan memengaruhi motivasi berprestasi seseorang, makin tinggi tingkat intelegensi akan memengaruhi motif berprestasinya.
b.      Kebutuhan dan Pendidikan
Tingkat pendidikan serat variasi dan macam keilmuan yang dikuasai, akan diikuti melatarbelakangi sikap hidup, konsep diri dan perilaku seseorang dalam menghadapi macam dan tingkat kebutuhan baik yang berasal dari dalam diri maupun dari luar individu dalam kehidupan sehari-harinya. Makin tinggi tingkat pendidikan seseorang, makin luas cakupan pengetahuan yang dikuasai atau diperolehnya, baik secara teoritis maupun praktis. Hal ini melatar belakangi perbedaan baik sikap, pola hidup maupun startegi yang diambil dalam problem solving, serta berbagai macam kegiatan dalam kehidupan sehari-hari.


sumber:
Riani, A. L., Suwarsi, S., Karsono, Sudarwanto, S., Purwono, J., Wijaya, M., a.l. 2005. Dasar-Dasar Kewirausahaan. Surakarta: UNS Press.

Ciri dan Faktor Motivasi Berprestasi Tinggi 4.5 5 Kuingin Baca Monday, November 21, 2016 Ciri dan Faktor Motivasi Berprestasi Tinggi Ciri dan Faktor Motivasi Berprestasi Tinggi - Disini saya akan membagikan materi tentang Motivasi Berprestasi Tinggi diak hanya ciri-cirin...


Kuingin Baca