• About
  • Contact
  • Submit Article

Teori Kewirausahaan

 on Saturday, October 8, 2016  

Teori Kewirausahaan

Teori Kewirausahaan
Menurut A. Pekerti (dalam Jurnal P&PT No. 9 Thn. 1999) menyatakan bahwa, berwirausaha senantiasa melibatkan dua unsur pokok, yaitu soal peluang dan soal peluang menanggapi peluang. Seiring dengan dua unsur tersebut A. Pekerti membedakan teori kewirausahaan dalam dua golongan besar, yaitu teori yang mengutamakan peluang usaha (yang umumnya dianut oleh para ahli ekonomi) dan teori yang mengutamakan tanggapan orang terhadap peluang tersebut (yang pada umumnya dianut oleh para ahli sosiologi dan psikologi). Berikut penjelasan dari teori-teori tersebut.
1.         Teori Ekonomi
Teori tentang kewirausahaan pada umumnya menyatakan bahwa wirausaha itu akan muncul dan berkembang bila ada peluang ekonomi. Menurut Catilon, wirausaha adalah orang yang mengambil resiko dengan jalan membeli barang sekarang dan menjualnya kemudian dengan harga yang tidak pasti. Jadi wirausaha adalah penanggung resiko. Sedangkan menurut Schumpeter, seorang wirausaha pada dasarnya adalah seorang inovator produksi. Bila kewirausahaan dipahami menurut teori yang mengutamakan peluang usaha, maka bisa berwujud tindakan-tindakan sebagai berikut:
a.       Secara sengaja menciptakan peluang ekonomi.
b.       Menyebarkan informasi tentang peluang ekonomi.
c.       Menawarkan insentif agar orang mau menanggung resiko menjadi inovator dan membangun organisasi.
2.         Teori Sosiologi
Para ahli sosiologi mencoba menerangkan mengapa berbagai kelompok sosial (kelompok, ras, suku, agama, dan kelas sosial) menunjukkan tanggapan yang berbeda atas peluang usaha. Misalnya salah satu ciri budaya Jepang dan negara-negara industri baru (Korea, Hongkong, Taiwan, dan Singapore) yang berhasil memanfaatkan peluang ekonomi internasional adalah cara makan dengan sumpit. Max Weber mengemukakan teori semacam itu yang diterima secara luas di kalangan ahli dan bukan ahli. Ia menalarkan hubungan antara kewirausahaan di Eropa Barat dengan etika Protestan. Teori ini hanya masuk akal di Eropa dan Amerika Utara tetapi tidak yang lain.
Hagen mengemukakan teori lain yang menarik. Berdasarkan pengamatan dan analisa perkembangan hostoris di Inggris, Perancis, Rusia, Jepang, India, Pakistan, Lebanon, dan Columbia. Ia berkesimpulan bahwa dalam kelompok-kelompok itu orang yang terdorong menjadi wirausaha karena dipandang rendah oleh kelompok elite dalam masyarakatnya. Jadi Hagen menyatakan bahwa semakin rendah kedudukan sosial suatu kelompok maka memilki kecerendungan pada kewirausahaan.
3.         Teori Psikologi
Pada dasarnya teori psikologi tentang kewirausahaan mencoba menjawab dua pertanyaan:
a.       Adakah karakteristik perorangan yang membedakan orang wirausaha dan bukan wirausaha?
b.       Adakan karakteristik perorangan yang membedakan orang yang berhasil dan kurang berhasil?
Perintis teori psikologi kewirausahaan adalah David McClelland. Ia mencoba mencari(secara empiris) faktor-faktor kepribadian yang tidak tergantung pada keadaan lingkungan, yang menentukan suksesnya seorang wirausaha. Mula-mula ia menalarkan adanya hubungan antara perilaku kewirausahaan dengan kebutuhan untuk berprestasi(need for achievement atau nAch). Slanjutnya secara empiris ia menemukan korelasi positif antara kuatnya nAch dan perilaku wirausaha yang berhasil. Ia juga menemukan korelasi positif antara kuatnya nAch pada suatu bangsa dengan taraf perkembangan ekonominya. McMlelland menyimpulkan bahwa motif-berprstasi bisa ditingkatkan melalui latihan pada orang dewas.karena itu bersama Winters dan Berlew mengembangkan paket Achievement Motivation Training (AMT); suatu usaha terencana untuk meningkatkan nAch.
4.         Teori Perilaku
Wesper memelajari hasil-hasil penelitian kewirausahaan dan pengalaman praktik wirausaha. Ia menyimpulkam bahwa keberhasilan seseorang  wirausaha tergantung dari:
a.       Pilihan tempat kerjanya sebelum mulai sebagai wirausaha.
b.       Pilihan bidang usahanya, kerjasama dengan orang lain.
c.       Kepiawaian mengamalkan manajemen yang tepat.
Drucker juga mengungkapkan bahwa kewirausahaan sebagai perilaku bukan sebagai sifat kepribadian. Ia menyarankan tiga macam unsur perilaku untuk mendukung berhasilnya praktik kewirausahaan, yaitu:
a.       Inovasi (bertujuan)
b.       Manajemen wirausaha
c.       Strategi wirausaha
Menurut Drucker dasar penetahuan kewirausahaan adalah inovasi, artinya cara baru memanfaatkan sumber daya untuk menciptakan kekayaan. Inovasi bisa diusahakan dengan meningkatkan kepekaan dan keterampilan diagnostik. Ada tips dari Drucker untuk wirausaha yaitu:
a.       Manajemen Kewirausahaan
1)      Fokus pada dasar.
2)      Antisipasi kebutuhan keuangan.
3)      Menyiapkan dan menyusun tim manajemen puncak, jauh sebelum diperlukan.
4)      Penentuan peran pendiri dalam hubungan dengan orang lain.
b.       Strategi Wirausaha
1)      Pemimpin yang dominan dalam pasar.
2)      Imitasi kreatif.
3)      Monopoli dengan produk atau jasa yang sangat khusus.
4)      Memciptakan konsumen baru dengan menciptakan produk atau jasa baru.



sumber:
Riani, A. L. dkk. 2005. DASAR-DASAR KEWIRAUSAHAAN. Surakarta: UNS Press.


Teori Kewirausahaan 4.5 5 Unknown Saturday, October 8, 2016 Teori Kewirausahaan Teori Kewirausahaan Menurut A. Pekerti (dalam Jurnal P&PT No. 9 Thn. 1999) menyatakan bahwa, berwirausaha senantiasa melibatkan du...


No comments:

Post a Comment

Kami mengharapkan saran maupun kritik yang membangun blog kami. Dilarang SARA dan kata-kata yang tidak pantas :)

Kuingin Baca