• About
  • Contact
  • Submit Article

Landasan Penggunan Media Pembelajaran

 on Monday, October 10, 2016  

Landasan Penggunan Media Pembelajaran



Landasan Penggunan Media Pembelajaran

Landasan Penggunan Media Pembelajaran
A.        Landasan Filosofis
Ada suat pandangan, bahwa dengan digunakannya berbagai jenis media hasil teknologi terbaru di dalam kelas, akan berakibat proses pembelajaran yang kurang manusiawi. Pendapat lain mengatakan bahwa siswa justru dihargai harkat martabatnya karena diberi kebebasan untuk menentukan pilihan, baik cara maupun alat belajar sesuai dengan kemampuannya.

Sebenarnya perbedaan pendapat tersebut tidak harus muncul, yang penting bagaimana pandangan guru terhadap siswa dalam proses pembelajaran. Jika guru menganggap siswa sebagai anak manusia yang memilki kepribadian, harga diri, motivasi, dan memliki kemampuan pribadi yang berbeda dengan yang lain, maka baik menggunakan media hasil teknologi baru atau tidak, proses pembelajaran yang dilakukan akan tetap menggunakan pendekatan humanis.
B.        Landasan Psikologis
Dalam pemilihan media pembelajaran, disamping memerhatikan kompleksitas dan keunikan proses belajar, memahami makna persepsi serta faktor-faktor yang berpengaruh terhadap penjelasan persepsi hendaknya diupayakan secara optimal agar proses pembelajaran dapat berlangsung secara efektif. Untuk maksud tersebut, perlu:
1)      Diadakan pemilihan media yang tepat sehingga dapat menarik perhatian siswa serta memberikan kejelasan obyek yang diamatinya,
2)      Bahan pembelajaran yang akan diajarkan disesuaikan dengan pengalaman siswa.
Kajian psikologi menyatakan bahwa anak akan lebih mudah memelajari hal yang konkrit ketimbang abstrak. Ada beberapa pendapat tentang pernyataan diatas:
Pertama, Jerome Bruner, mengemukakan bahwa dalam proses pembelajaran hendaknya menggunakan urutan dari belajar dengan gambaran atau film(iconic representation of experiment) kemudian ke belajar dengan simbol, yaitu menggunakan kata-kata(symbolic representation). Menurut Bruner, hal ini juga berlaku tidak hanya untuk anak tetapi juga untuk orang dewasa.
Kedua, Charles F. Haban, mengemukakan bahwa sebenarnya nilai dai media terletak pada tingkat realistiknya dalam proses penanaman konsep, ia membuat jenjang berbagai jenis media mulai yang paling nyata ke yang paling abstrak.
Ketiga, Edgar Dale, membuat jenjang konkrit-abstrak dengan dimulai dari siswa  yang berpartisipasi dalam pengalaman nyata, kemudian menuju siswa sebagai pengamat kejadian nyata, dilanjutkan ke siswa sebagai pengamat terhadap kejadian yang disajikan dengan media, dan terakhir siswa sebagai pengamat kejadian yang disajikan dengan simbol. Jenjang konkrit-abstrak ini ditunjukan dengan bagan dalam bentuk kerucut pengalaman(cone of experiment).
C.        Landasan Teknologis
Teknologi pembelajaran adalah teori dan prkatek perancangan, penerapan, pengelolaan, dan penilaian proses serta sumber belajar. Jadi teknologi pembelajaran merupakan proses kompleks dan terpadu yang melibatkan orang, prosedur, ide, peralatan, dan organisasi untuk menganalisis masalah, mencari cara pemecahan, melaksanakan, mngevaluasi, dan mengelola pemecahan masalah-masalah dalam situasi di mana kegiatan belajar itu mempunyai tujuan dan terkontrol. Dalam teknologi pembelajaran, pemecahan masalah dilakukan dalam bentuk: kesatuan komponen-komponen sistem pembelajaran yang telah di susun dalam fungsi desain atau seleksi, dan dalam pemnfaatan serta dikombinasikan sehingga menjadi sistem pembelajaran yang lengkap.
D.        Landasan Empiris
Temuan-temuan penelitian menunjukkan bahwa terdapat interaksi antara penggunaan media pembelajaran dan karakteristik belajar siswa dalam menentukan hasil belajar siswa. Artinya, siswa akan mendapat keuntungan yang signifikan bila ia belajar dengan menggunakan media yang sesuai dengan karakteristik tipe atau gaya belajarnya. Berdasarkan landasan rasional empiris tersebut, maka pemilihan media pembelajaran hendaknya jangan atas dasar kesukaan guru, tetapi harus mempertimbangkan kesesuaian antara karakteristik pembelajar, karakteristik materi pelajaran, dan karakteristik media itu sendiri.

sumber:
Daryanto. 2010. MEDIA PEMBELAJARAN: Peranannya Sangat Penting dalam Mencapai Tujuan Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.

Landasan Penggunan Media Pembelajaran 4.5 5 Unknown Monday, October 10, 2016 Landasan Penggunan Media Pembelajaran Landasan Penggunan Media Pembelajaran Landasan Penggunan Media Pembelajaran A.         Landasan Filosofis Ada suat pandangan,...


No comments:

Post a Comment

Kami mengharapkan saran maupun kritik yang membangun blog kami. Dilarang SARA dan kata-kata yang tidak pantas :)

Kuingin Baca