Pasar Bisnis dan Tingkah Laku Pembeli Bisnis
Pasar bisnis atau pasar industri
ialah semua organisasi yang membeli barang dan jasa untuk dipergunakan dalam
menghasilkan produk atau dengan tujuan dijual lagi atau disewakan kepada pihak
lain dengan mengambil untung. Sementara itu, proses pembelian pasar bisnis
adalah pengambilan keputusan yang dilakukan oleh pembeli pasar bisnis, dengan
cara menetapkan untuk membeli produk, mengenali, mengevaluasi, dan memilih merk
dan pemasok alternatif.
Karakteristik pasar industri
antara lai sebagai berikut.
1)
Struktur Pemasaran dan Permintaan
a)
Pasar industri mengandung pembeli yang lebih
sedikit, tetapi lebih besar.
b)
Pelanggan di pasar industri lebih terkonsentrasi
secara geografis.
c)
Permintaan pembeli di pasar industri berasal
dari permintaan konsumen akhir (permintaan turunan).
d)
Permintaan di banyak pasar industri lebih tidak
elastis (tidak terpengaruh oleh perubahan harga dalam jangka pendek).
e)
Permintaan di pasar industri lebih berfluktuasi
dan lebih cepat.
2)
Sifat Unit Pembelian
a)
Pembelian di pasar industri meibatkan lebih
banyak pembeli.
b)
Pembelian di pasar industri melibatkan usaha
pembelian yang lebih profesional.
3)
Jenis Keputusan dan Proses Keputusan
a)
Pembeli di pasar industri, biasanya menghadapi
keputusan membeli yang lebih kompleks.
b)
Proses pembelian di pasar industri lebih formal.
c)
Dalam pembelian di pasar industri, pembeli dan
penjual bekerja lebih erat dan membangun hubungan erat jangka panjang.
4)
Karakteristik Lain
a)
Pembeli di pasar industri seringkali membeli
langsung dari produsen, bukan lewat pedagang eceran atau pedagang besar.
b)
Pembeli di pasar industri seringkali
mempraktikkan imbal beli, membeli dari pemasok yang membeli juga produk mereka.
c)
Pembeli di pasar industri seringkali menyewa
peralatan bukannya membeli langsung.
Dari model diatas, terdapat empat
pertanyaan mengenai tingkah laku pembeli di pasar industri, yaitu.
1. Keputusan
pembelian seperti apakah yang diambil oleh pembeli di pasar industri?
2. Siapa
yang berpartisispasi dalam proses pembelian?
3. Apa
saja yang memengaruhi pembeli?
4. Bagaimana
pembeli di pasar industri mengambil keputusan?
a. Keputusan Pembelian seperti Apakah yang
Diambil oleh Pembeli di Pasar Industri?
Berbagai jenis situasi membeli diantaranya.
1)
Pembelian ulang langsung.
Situasi pembelian di pasar industri, dimana pembeli
secara rutin memesan ulang tanpa modifikasi apapun.
2)
Pembelian ulang dengan modifikasi.
Situasi pembelian di pasar industri, dimana pembeli
ingin memodifikasi spesifikasi produk, harga, persyaratan ataupun pemasok.
3)
Tugas baru
Situasi pembelian di pasar industri, di mana pembeli
membeli prosuk untuk pertama kalinya.
Pembeli
mengambil keputusan paling sedikit dalam pembelian ulang langsung dan paling
banyak dalam situasi tugas baru.
b.
Siapa
yang Berpartisipasi dalam Proses Pembelian?
Pusat pembelian
merupakan semua individu dan unit yang berpartisispasi dalam proses pengambilan
keputusan di pasar industri. Pusat pembelian, meliputi:
1)
Pemakai.
Anggota organisasi yang akan menggunakan produk, pengguna seringkali menjadi
pencetus usulan pembelian dan membantu menetapkan spesifikasi produk.
2)
Pemberi
pengaruh. Orang dalam pusat pembelian organisasi ini mememngaruhi keputusan
pembelian. Mereka seringkali membantu menetapkan spesifikasi dan juga
menyediakan informasi unuk mengevaluasi alternatif.
3)
Pembeli.
Orang yang benar-benar melakukan pembelian. Pembeli mempunya otoritas formal
untuk memilih pemasok dan menetapkan persyaratan pembelian.
4)
Pengambil
keputusan. Orang dalam pusat pembelian organisasi yang mempunyai kekuatan
formal dan informal untuk memilih atau menyetujui pemasok akhir.
5) Penjaga gawang. Orang dalam pusat
pembelian organisasi yang mengendalikan arus informasi kepada orang lain.
c.
Apa
Saja yang Memengaruhi Pembeli?
Pemasar di pasar
industri harus tanggap terhadap kecenderungan organisasi dalam bidang pembelian
yang meliputi:
·
Penigkatan fungsi pembelian;
·
Pembelian tersentralisasi;
·
Kontrak jangka panjang;
·
Evaluasi kinerja pembelian;
·
Sistem produksi just in time.
d.
Bagaimana
Pembeli Di Pasar Industri Mengambil Keputusan?
Tahap-tahap
proses pembelian di pasar industri adalah sebagai berikut :
a)
Mengenal
Masalah
Tahap dimana seseorang dalam perusahaan mengenali
suatu masalah atau kebutuhan yang dapat dipenuhi dengan memperoleh produk.
b)
Uraian
Kebutuhan Secara Umum
Tahap dimana perusahaan menguraikan karakteristik
dan jumlah barang yang dibutuhkan
c)
Spesifikasi
Produk, Meliputi
·
Spesifikasi teknis : tahap dimana organisasi
pembeli memutuskan mengenai dan memtuskan karakteristik produk teknis terbaik
dari barang-barang yang dibutuhkan.
·
Analisis nilai : suatu pendekatan untuk
pengurangan biaya, dimana semua komponen dielajari secara seksama gunan
menentukan apakah dapat dirancang ulang, distandarisasi, atau dibuat
denganmetode produksi yang idak mahal.
d)
Pencarian
Pemasok
Tahap dimana pembeli mencoba mendapatkan penjual yang
terbaik.
e)
Pengumpulan
Proposal
Tahap dimana pembeli mengundang pemasok yang memenuhi
persyaratan untuk memasukan proposal.
f)
Seleksi
Pemasok
Tahap dimana pembeli meneliti usulan dan memilih satu
atau beberapa pemasok.
g)
Spesifikasi
Pesanan Rutin
Tahap dimana pembeli menulis pesanan akhir dengan satu
pemasok atau pemasok-pemasok terpilh, menyebutkan spesifikasi teknis, jumlah
yang diperlukan, waktu penyerahan yang diharapkan, kewajiban pengembalian
barang dan garansi.
h)
Penilaian
Kinerja
Tahap dimana pembeli menilai kepuasan dengan para pemasok
dan memtuskan apakah akan melanjutkan, memodifikasi, atau meninggalkan pemasok.
sumber:
Daryanto. 2011. SARI KULIAH MANAJEMEN PEMASARAN. Bandung: Sarana Tutorial Nurani Sejahtera
No comments:
Post a Comment
Kami mengharapkan saran maupun kritik yang membangun blog kami. Dilarang SARA dan kata-kata yang tidak pantas :)