Segmen Pasar
Organisasi yang menjual produk ke
pasar konsumen dan pasar bisnis, mengakui bahwa mereka tidak dapat menarik
semua pembeli di pasar tersebut. Oleh karena itu perkiraan pemasar mengenai
permasalahn tersebut antara lain sebai berikut.
1) Pemasaran
Massal
Pemasaran yang
memproduksi secara massal, mendistribusikan secara massal, dan mempromosikan
secara massal satu produk ke semua pembeli.
2) Pemasaran
Berbagai Produk
Pemasar memroduksi
dua macam atau lebih yang mempunyai sifat, gaya, mutu, ukuran, dan sebagainya
yang berbeda.
3) Pemasaran
Terarah
Pemasar mengenali
berbagai segmen pasar, memilih satu atau diantaranya dan mengembangkan produk
serta bauran pemasaran yang disesuaikan.
Adapun tahapan dalam pemasaran
terarah, yaitu sebagai berikut.
1) Segmentasi
pasar
Membagi pasar
menjadi kelompok pembeli yang terbedakan dengan kebutuhan, karakteristik, atau
tingkah laku berbeda yang mungkin membutuhkan produk atau bauran pemasaran
terpisah.
2) Menargetkan
pasar
Proses mengevaluasi
daya tarik setiap segmen pasar dan memilih satu atau beberapa untuk dimasuki.
3) Memposisikan
pasar
Mengatur agar
suatu produk menduduki tempat yang jelas berbeda dan dikehendaki relatif
terhadap produk pesaing pikiran di konsumen sasaran.
A.
Dasar-dasar untuk membuat segmentasi pasar
konsumen, meliputi.
1) Segmentasi
Geografi
Membagi pasar
untuk beberap unit secara geografik seperti negara regional, negara bagian,
kota atau kompleks perumahan.
2) Segmentasi
Demografi
Membagi pasar
menjadi kelompok berdasarkan pada variabel seperti umur, jenis kelamin, ukuran
keluarga, daur kehidupan keluarga, pendapatan, pekerjaan, pendidikan, agama,
ras, dan kebangsaan.
3) Segmentasi
Psikografi
Membagi pembeli
menjadi kelompok berbeda berdasarkan pada karakteristik kelas sosial, gaya
hidup, atau kepribadian.
4) Segmentasi
Tingkah Laku
Mengelompokkan pembeli
berdasarkan pada pengetahuan, sikap, penggunaan atau reaksi terhadap suatu
produk.
B.
Dasar-dasar untuk membuat segmentasi pada pasar
bisnis di antaranya sebagai berikut.
1)
Demografi
a)
Industri.
Industri mana yang harus menjadi fokus kita?
b)
Ukuran perusahaan.
Berapa besar perusahaan yang harus menjadi fokus kita?
c)
Lokasi.
Wilayah geografi mana yang harus menjadi fokus kita?
2)
Variabel Operasi
a)
Teknologi: teknologi pelanggan mana yang harus
menjadi fokus kita?
b)
Status pemakai atau bukan pemakai: apakah kita
harus berfokus pada pemakai berat, pemakai sedang, atau pemakai ringan?
c)
Kemampuan pelanggan: apakah kita harus berfokus
pada pelanggan yang perlu banyak pelayanan atau sedikit pelayanan?
3)
Pendekatan Pembelian
a)
Organisasi
fungsi pembelian. Apakah kita harus fokus pada perusahaan dengan organisasi
pembelian tersentralisasi atau desentralisasi
b)
Struktur kekuatan.
Apakah kita harus fokus pada perusahaan yang didominasi rekayasa, keuangan,
atau pemasaran?
c)
Sifat dari
hubungan yang sudah ada. Apakah kita harus fokus pada perusahaan yang telah
memiliki hubungan baik atau mencari perusahaan yang diinginkan?
d)
Kebijakan pembelian
umum. Apakah kita harus fokus pada perusahaan yang lebih menyukai leasing, kontak servis, pembelian
sistem, servis, atau lelang tertutup?
e)
Kriteria pembelian.
Apakah kita harus fokus pada perusahaan yang mencari mutu, servis, atau harga?
4)
Faktor-Faktor Situasional
a)
Urgensi.
Apakah kita harus fokus pada perusahaan yang memerlukan penyerahan atau servis
kilat?
b)
Aplikasi spesifik.
Apakah kita harus fokus pada aplikasi tertentu dari produk kita daripada
aplikasi yang lain?
c)
Ukuran pesanan.
Apakah kita harus fokus pada pesanan besar atau kecil?
5)
Karakteristik Pribadi
a)
Kesamaan pembeli-penjual. Apakah kita harus fokus
padaperusahaan yang orang dan nilainya serupa dengan milik kita?
b)
Sikap terhadap resiko. Apakah kita harus fokus
pada pelanggan yang suka mengambil resiko atau menghadai resiko?
c)
Loyalitas.
Apakah kita harus fokus pada perusahaan yang menunjukkan loyalitas tinggi pada
pemasok mereka?
C.
Dasar untuk segmentasi pasar internasional
antara lain:
1)
Segmentasi
Geografi. Mengelompokkan berdasarkan regional.
2)
Faktor-Faktor
Ekonomi. Mengelompokkan berdasarkan tingkat pendapatan penduduk atau
berdasar tingkat perkembangan ekonomi secara keseluruhan.
3)
Faktor-Faktor
Politik dan Peraturan. Mengelompokkan negara berdasarkan tipe dan
stabilitas pemerintahan, penerimaan terhadap perusahaan asing, peraturan
moneter, dan jumlah produksi.
4)
Faktor-Faktor
Budaya. Mengelompokkan berdasarkan bahasa, agama, nilai-nilai, sikap,
kebiasaan, serta pola tingkah laku bersama.
5)
Segmentasi
Antar Pasar. Membentuk segmen pelanggan yang mempunyai kesamaan kebutuhan
dan tingkah laku, walaupun mereka berada di negara yang berbeda.
D.
Persyaratan segmentasi yang efektif antara lain:
1)
Dapat diukur.
Ukuran, daua beli, dan profil segmen dapat diukur.
2)
Dapat dijangkau.
Segmen pasar dapat dijangkau dan dilayani secara efektif.
3)
Dapat dibedakan.
Segmen-segmen dapat dipisahkan secar konseptual dan memberikan tanggapan yang
berbeda terhadap elemen-elemen dan program-program bauran pemasaran yang
berbeda.
4)
Cukup besar.
Segmen pasarnya besar atau cukup meberi laba bila dilayani.
5)
Dapat dilaksanakan.
Program yang efektif dapat dirancang untuk menarik dan melayani segmen
tersebut.
sumber:
Daryanto. 2011. SARI KULIAH:MANAJEMEN PEMASARAN. Bandung: Sarana Tutorial Nurani Sejahtera.
No comments:
Post a Comment
Kami mengharapkan saran maupun kritik yang membangun blog kami. Dilarang SARA dan kata-kata yang tidak pantas :)