Lingkungan pemasaran adalah
adalah berbagai faktor dan kekuatan di luar bagian pemasaran yang memengaruhi
manajemen pemasaran untuk mengembangkan dan memelihara hubungan baik dengan
pelanggan sasaran. Lingkungan terdiri atas lingkungan mikro dan makro.
a.
Lingkungan
Mikro
Adalah berbagai
kekuatan yang dekat dengan perusahaan, yang memengaruhi untuk melayani
pelanggan, meliputi:
1) Perusahaan
Ketika merancang rencana pemasaran, manajemen
pemasaran memperhitungkan kelompok departemen yang lain, seperti manajemen
puncak, keuangan, pembelian, manufaktur, akunting, dan riset dan/atau
pengembangan.
2) Pemasok
Adalah penyedia sumber daya yang diperlukan oleh
perusahaan untuk menghasilkan produk. Dalam hal ini, manajemen pemasaran harus
mengawasi ketersediaan pasokan, pemogokan tenaga kerja dan peristiwa lain yang
mengurangi penjualan dalam jangka pendek dan mengurangi kepuasan pelanggan
dalam jangka panjang. Selain itu, manajemen pemasaran juga harus memantau
kecenderunganharga dari sumber pemasok utamanya.
3) Perantara Pemasaran
Adalah perusahaan yang membantu perusahaan untuk
mempromosikan, menjual, dan mendistribusikan produk ke pembeli akhir, meliputi:
a)
Penjual
Adalah perusahaan saluran distribusi yang membantu
perusahaan menemukan pelanggan/melakukan penjualan kepada pelanggan, meliputi
pedagang besar dan pedagang kecil.
b)
Perusahaan distribusi fisik
Adalah sebuah organisasi tertentu yang membantu
perusahaan menimbun persediaan atau meindahkan barang dari tempat asal ke
tempat tujuan.
c)
Agen jasa pemasaran
Adalah perusahaan riset pemasaran, agen periklanan,
perusahaan media, dan perusahaan konsultasi pemasaran yang membantu perusahaan
untuk membidik dan mempromosikan produknya ke pasar yang tepat.
d)
Perantara keuangan
Adalah perusahaan yang membantu mendanai transaksi
atau mengansuransikan resiko yang berkaitan dengan pembelian atau penjualan
barang, meliputi bank, perusahaan kredit, dan perusahan asuransi.
4) Pesaing
Adalah perusahaan lain yang memasarkan produk sejenis.
Dalam hal ini perusahaan harus memberikan nilai dan kepuasan pelanggan yang
lebih besar dibandingkan pesaingnya dan juga harus menghimpun keunggulan
strategik dengan memposisikan tawaran mereka dengan benar-benar melawan tawaran
pesaing di benak konsumen.
5) Pasar pelanggan
Pelanggan adalah orang atau sekelompok orang yang
menggunakan produk dari sebuah perusahaan yang akan digunakan untuk konsumsi
pribadi, dijual kembali, atau di proses lebih lanjut. Pasar pelanggan meliputi:
a)
Pasar Konsumen
Adalah individu atau rumah tangga yang membeli produk
untuk konsumsi pribadi.
b)
Pasar Bisnis
Adalah individu atau perusahaan lain yang membeli
produk untuk di proses lebih lanjut atau dipakai dalam proses produksinya.
c)
Pasar Pedagang Besar
Adalah individu atau perusahaan lain yang membeli
produk untuk dijual kembali dengan mengambil keuntungan.
d)
Pasar Pemerintah
Adalah instansi pemerintahan yang membeli produk untuk
menyediakan fasilitas umum atau mengalihkan produk tersebut kepada pihak lain
yang membutuhkan.
e)
Pasar Internasional
Adalah pembeli dari luar negeri, termasuk konsumen,
produsen, penjual, dan pemerintah yang membeli produk dari sebuah perusahaan
yang akan digunakan untuk konsumsi pribadi, dijual kembali, atau diproses lebih
lanjut.
6) Masyarakat
Adalah kelompok yang memiliki kepentingan potensial
atau yang sudah terwujud atau berdampak pada kemampuan suatu organisasi untuk
mencapai sasarannya, meliputi:
a)
Masyarakat Keuangan
Adalah kelompok yang memengaruhi kemampuan perusahaan
untuk memeroleh dana, yaitu bank, perusahaan investasi, dan pemegang saham.
b)
Masyarakat Media
Adalah kelompok yang menyebarluaskan berita,
mengangkat topik, dan pendapat editorial, meliputi surat kabar, majalah, radio,
televisi, dan internet.
c)
Masyarakat Pemerintah
Adalah kelompok di dalam instansi pemerintahan. Dalam hal
ini, pemasar harus sering berkonsultasi dengan pengacara perusahaan mengenai
isu keamanan produk, kejujuran dalam periklanan, dan berbagai masalah hukum
yang lain.
·
Masyarakat Warga yang Bertindak
Adalah kelompok di dalam masyarakat yang aktif
menyoroti berbagai peristiwa di dalam masyarakat, meliputi organisasi konsumen,
kelompok lingkungan, kelompok minoritas dan lainnya. Dalam hal ini, peran humas
di dalam perusahaan adalah menjalin hubungan baik dengan konsumen dan kelompok
warga negara ini.
·
Masyarakat Lokal
Adalah kelompok yang tinggal dekat dengan lokasi perusahaan.
·
Masyarakat Umum
Adalah kelompok yang secara umum mengetahui aktivitas
dan produk sebuah perusahaan.
·
Masyarakat Internal
Adalah kelompok yang terdapat di dalam sebuah perusahaan. Meliputi
pekerja, manajer, dan direktur.
Kelanjutan Lingkungan Pemasaran Part 2: Lingkungan Makro ---> DISINI
Kelanjutan Lingkungan Pemasaran Part 2: Lingkungan Makro ---> DISINI