Teori Sistem Pembelajaran
Istilah sistem dapat dimaknai
sebagai suatu entity atau keseluruhan yang memiliki
komponen-komponen saling berinterfungsi untuk mencapai suatu tujuan yang telah
ditetapkan. Seperti halnya pembelajaran yang diapandang sebagai sebuah sistem
dengan komponen-komponen saling terkait untuk mencapai tujuan.
Banathy(1987) mengemukakan empat
karakteristik penting yang dapat mencerminkan eksistensi sebuah sistem.
1.
Interpendent mempunyai makna bahwa
setiap komponen yang terdapat dalam sebuah sistem memiliki ketergantungan untuk
mencapai tujuan dan kinerja secara keseluruhan. Hasil atau output dari sebuah
komponen yang terdapat dalam sebuah sistem akan menjadi input atau masukan bagi
komponen-komponen sistem yang lain.
2.
Synergistic berarti kinerja dari
seluruh komponen yang terdapat dalam sebuah sistem akan berperan lebih optimal
jika diandingkan dengan kinerja setiap komponen yang bekerja masing-masing.
3.
Dynamic berarti sebuah sistem
memiliki kemampuan untuk menyesuaikan diri dengan adanya perubahan-perubahan
yang terjadi di lingkungannya.
4.
Cybernetic mempunyai makna bahwa
setiap elemen yang terdapat dalam sebuah sistem akan berkomunikasi secara
efisien. Setiap komponen dalam sebuah sistem akan memeberikan informasi kepada
komponen-komponen sitem yang lain.
Contoh yang
mudah dipahami, untuk menjelaskan eksistensi dari sebuah sistem adalah
perangkat komputer. Sebuah perangkat komputer terdiri atas sejumlah komponen
saling bersinergi agar dapat menghasilkan sebuah kinerja yang optimal.
Kinerja sebuah
perangkat komputer terganggu apabila salah satu komponennya tidak berfungsi
secara optimal. Komponen yang terdapat dalam sebuah perangkat komputer akan
memberi informasi kepada komponen lain jika tidak dapat bekerja secara
maksimal. Sebagai contoh monitor akan memberikan informasi apabila CPU ada
gangguan, misal terkena virus.
Pada umumnya,
sebuah sistem selalu melakukan interaksi dengan lingkungannya. Di samping itu,
sistem juga melakukan sebuah proses di dalamnya. Sistem menerima masukan atau input menjadi output. Contoh komponen input dalam perangkat komputer adalah keyboard dan mouse.
Komponen keyboard dan mouse dalam perangkat komputer digunakan untuk memasukkan data
mentah yang akan diproses oleh komponen yang bernama CPU menjadi output berupa informasi yang ditatangkan
pada monitor. Dalam konteks ini CPU
berfungsi sebagai komponen proses, sedangkan monitor berfungsi sebagai komponen
output.
Hal penting
lain yang perlu mendapat perhatian dalam memahami konsep sistem adalah mekanismen
umpan balik atau feedback. Melalui umpan
balik, kita dapat mengetahui penyimpangan-penyimpangan yang terjadi pada setiap
komponen selama melakukan proses untuk menghasilkan output. Dengan cara ini kita dapat melakukan tindakan koreksi
terhadap penyimpangan tersebut.
sumber:
Pribadi, B. A. 2009. MODEL DESAIN SISTEM PEMBELAJARAN. Jakarta: Dian Rakyat.
No comments:
Post a Comment
Kami mengharapkan saran maupun kritik yang membangun blog kami. Dilarang SARA dan kata-kata yang tidak pantas :)