• About
  • Contact
  • Submit Article

Penetapan Harga Produk

 on Friday, October 28, 2016  

Penetapan Harga Produk


Harga adalah jumlah uang yang ditagihkan untuk suatu produk atau sejumlah nilai yang dipertukarkan konsumen untuk manfaat memiliki atau menggunakan produk. Faktor-faktor yang diperhatikan jika menetapkan harga:


 Penetapan Harga Produk


 1)        Sasaran Pemasaran
a)       Bertahan Hidup
Perusahaan menghadapi kelebihan kapasitas, persaingan ketat atau keinginan konsumen berubah. Dalam ini, perusahaan akan menetapkan harga rendah dengan permintaan akan naik. Fungsi harga di sini adalah untuk menutup harga variabel dan sedikit biaya tetap.
b)      Memaksimalkan Laba Saat Ini
Perusahaan memperkirakan berapa besar permintaan dan biaya pada beberapa harga yang berbeda dan memilih yang menghasilkan laba, arus kas, dan pengembalian investasi maksimal saat ini.
c)       Kepemimpinan Pasar
Perusahaan yakin bahwa menjadi pemimpin pasar akan menikmati biaya terendah dan laba jangka panjang terbesar.
d)      Kepemimpinan Mutu Produk
Keputusan ini mengharuskan menetapkan harga tinggi untuk menutup biaya mutu dari produk yang dihasilkan.
2)        Strategi Bauran Pemasaran
Harga merupakan alat bauran pemasaran yang digunakan perusahaan untuk mencapai sasaran pemasarannya sehingga keputusan harga harus dikoordinasikan dengan rancangan produk, distribusi, dan promosi yang membentuk program pemasaran yang konsisten dan efektif.
3)        Biaya
Biaya terdiri dari biaya tetap dan biaya variabel sehingga manajemen ingin menetapkan harga sekurang-kurangnya menutup biaya produksi total pada tingkat produksi tertentu.
4)        Pertimbangan Organisasi
Meliputi pihak-pihak di dalam organisasi yang terlibat dalam penetapan harga.
5)        Pasar dan Permintaan
a)       Penetapan harga dalam tipe pasar yang berbeda:
1.       Pasar persaingan sempurna
Pasar dengan banyak pembeli dan penjual memperdagangkan komoditi yang seragam sehingga harga tidak dipengaruhi oleh pembeli dan penjual.
2.       Pasar monopolistik
Pasar dengan banyak pembeli dan penjual yang berdagang dalam kisaran harga-harga tertentu.
3.       Pasar oligopolistik
Pasar dengan beberapa penjual yang amat peka terhadap strategi penetapan harga dan strategi pemasaran penjual lain.
4.       Pasar monopoli
Pasar dimana hanya ada satu penjual.
6)        Pesaing
Perusahaan harus memprediksi pengaruh biaya dan harga pesaing, serta kemungkinan reaksi pesaing terhadap perubahan harga perusahaan.
7)        Faktor-Faktor Lingkungan
Faktor ekonomi, pemerintah, dan pertimbangan sosial.

a.         Pendekatan Umum dalam Penetapan Harga
1)      Penetapan Harga Berdasarkan Biaya
(a)    Metode Cost Plus Pricing: menambah angka standar pada biaya produk.
(b)    Analisis Titik Impas: menambah harga yang impas dengan biaya membuat dan memasarkan produk.
2)      Penetapan Harga Berdasarkan Nilai
Menetapkan harga berdasarkan pada persepsi pembeli mengenai nilai. Perbedaan penetapan harga berdasarkan nilai dan biaya:
(a)    Penetapan harga berdasarkan biaya
Produk à Biaya à Harga à Nilai à Pelanggan
(b)    Penetapan harga berdasarkan nilai
Pelanggan à Nilai à Harga à Biaya à Produk
3)      Penetapan Harga Berdasarkan Persaingan
(a)    Penetapan harga menurut keadaan
Penetapan harga terutama dengan mengikuti harga pesaing, bukan berdasarkan pada biaya perusahaan atau permintaan.
(b)    Penetapan harga penawara tertutup
Penetapan harga berdasarkan pendapat perusahaan mengenai pesaing bagaimana menetapkan harga daripada biaya atau permintaannya sendiri, dipergunakan apabila perusahaan mengikuti lelang untuk memeroleh pekerjaan.
b.        Strategi Penetapan Harga Bauran Produk
1)      Penetapan Harga Lini Produk
Menetapkan perbedaan harga antara berbagai produk dalam lini produk berdasarkan perbedaan biaya antara produk, penilaian pelanggan atau sifat-sifat yang berbeda, dan harga pesaing.
2)      Penetapan Harga Produk Pilihan
Penetapan harga produk pilihan atau tambahan bersama dengan produk utama.
3)      Penetapan Harga Produk Terikat
Penetapan harga untuk produk yang harus dipergunakan bersama dengan produk utama.
4)      Penetapan Harga Produk Sampingan
Penetapan harga untuk produk sampingan, agar produk utama dapat lebih bersaing.
5)      Penetapan Harga Paket Produk
Menggabungkan beberapa produk dan menawarkan paket dengan harga lebih murah.
c.         Strategi Penyesuaian Harga
1)      Penetapan harga diskon dan pengurangan harga
Mengurangi harga untuk menghargai pelanggan yang memberikan repons seperti membayar lebih awal atau mempromosikan produk. Bentuk pengurangan harga dapat berupa:
a)       Diskon Tunai: pengurangan harga bagi pembeli yang membayar tagihan tepat waktu.
b)      Diskon Pembelian Banyak: pengurangan harga pembeli yang membeli dengan jumlah yang banyak.
c)       Diskon fungsional: pengurangan harga yang ditawarkan oleh penjual kepada anggota saluran distribusi yang melakukan fungsi tertentu, seperti menjual, menyimpan, dan mencatat.
d)      Diskon musiman: pengurangan harga bagi pembeli yang membeli produk di luar musimnya.
e)      Pengurangan harga: uang promosi yang dibayarkan pabrik ke pengecer sebagai imbalan atas persetujuan mendukung produk dengan cara tertentu.
2)      Penetapan harga tersegmentasi
Menjual satu produk dengan dua harga atau lebih walaupun perbedaan harga tidak didasarkan pada perbedaan biaya. Bentuknya dapat berupa:
a)       Penetapan harga berdasarkan segmen pelanggan;
b)      Penetapan harga berdasarkan bentuk produk;
c)       Penetapan harga berdasarkan lokasi;
d)      Penetapan harga berdasarkan waktu.
3)      Penetapan harga psikologis
Pendekatan penetapan harga mempertimbangkan psikologi harga dan bukan hanya ekonomi. Harga dipakai untuk menyatakan sesuatu mengenai produk.
4)      Penetapan harga untuk promosi
Menetapkan harga di bawah harga sesungguhnya sehingga dapat meningkatkan penjualan dalam jangka pendek, bentuknya:
a)       Pemancing: menurunkan harga beberapa produk agar konsumen tertarik membeli dan membeli produk lain yang harganya normal.
b)      Penetapan harga berkaitan dengan peristiwa khusus.
c)       Pembiayaan bunga rendah.
d)      Perjanjian garansi dan pelayanan.
5)      Penetapan harga berdasarkan nilai
Menawarkan kombinasi yang tepat dari mutu dan jasa yang baik dengan harga yang pantas.
6)      Penetapan harga berdasarkan geografik
Menyesuaikan harga untuk memperhitungkan lokasi geografik pelanggan, bentuknya:
a)       Penetapan harga origin
Strategi penetapan harga dengan mengangkut barang sampai di atas kendaraan pengangkut. Pelanggan membayar ongkos dari pabrik sampai ke tempat tujuan.
b)      Penetapan harga dengan tarif kirim seragam
Strategi penetapan harga dengan harga yang sama ditambah ongkos kirim kepada semua pelanggan tanpa mempertimbangkan lokasi pelanggan.
c)       Penetapan harga bedasarkan zona
Strategi penetapan harga geografik dimana perusahaan menetapkan dua zona atau lebih.
d)      Penetapan harga berdasarkan pangkalan
Strategi penetapan harga dimana penjual menetapkan beberapa kota sebagai pangkalan dang menghitung ongkos kirim dari kota tersebut ke tempat pangkalan.
e)      Penetapan harga termasuk ongkos kirim
Strategi penetapan harga dimana penjual menanggung semua atau sebagian ongkos kirim sebenarnya, agar memeroleh bisinis yang diinginkan.
7)      Penetapan harga internasional
Menyesuaikan harga untuk pasar internasional.
d.        Strategi Perubahan Harga
1)      Mempelopori Perubahan Harga
a)       Mempelopori penurunan harga, alasannya:
·           Kelebihan kapasitas.
·           Turunnya pangsa pasar.
·           Mendominasi pasar lewat harga rendah.
b)      Mempelopori kenaikan harga, alasannya:
·           Inflasi biaya, dan
·           Permintaan yang berlebihan.
c)       Reaksi pembeli terhadap perubahan harga.
d)      Reaksi pesaing terhadap perubahan harga.
2)      Menanggapi Perubahan Harga
Empat alternatif apabila pesaing mengadakan perubahan harga, yaitu.
a)       Menurunkan harga,
b)      Menaikkan anggapan mutu,
c)       Memperbaiki mutu dan menaikkan harga, serta
d)      Meluncurkan merek baru.

Sumber:

Daryanto. 2011. Sari Kuliah: MANAJEMEN PEMASARAN. Bandung: Sarana Tutorial Nurani Sejahtera.

Penetapan Harga Produk 4.5 5 Kuingin Baca Friday, October 28, 2016 Penetapan Harga Produk Penetapan Harga Produk Harga adalah jumlah uang yang ditagihkan untuk suatu produk atau sejumlah nilai yang dipertukarkan konsumen un...


No comments:

Post a Comment

Kami mengharapkan saran maupun kritik yang membangun blog kami. Dilarang SARA dan kata-kata yang tidak pantas :)

Kuingin Baca