• About
  • Contact
  • Submit Article

Model Pembelajaran Jigsaw dan CIRC serta Implementasi dalam Pembelajaran Ekonomi

 on Monday, October 31, 2016  

 Model Pembelajaran Jigsaw dan CIRC serta Implementasi dalam Pembelajaran Ekonomi

 

A.      Model Pembelajaran Jigsaw
Jigsaw dikembangkan dan diujicoba oleh Aronson dan kawan-kawan.  Jigsaw adalah suatu model pembelajaran yang terdiri dari beberapa anggota dalam satu kelompok, yang bertanggung jawab atas penguasaan bagian materi pelajaran dan mampu membelajarkan materi tersebut kepada anggota lain dalam kelompoknya.
Adapun tahapan proses pelaksanaan model Jigsaw, berikut ini:
a.         Tahap Pendahuluan
1)      Melakukan apersepsi.
2)      Guru menjelaskan pada peserta didik tentang model pembelajaran yang dipakai dan menjelaskan manfaat dari model tersebut.
3)      Pembentukan kelompok.
4)      Untuk setiap kelompok terdiri dari 4-6 peserta didik dengan kemampuan yang heterogen.
5)      Pembagian materi atau soal pada setiap anggota kelompok.
b.        Tahap Penguasaan
1)      Peserta didik dengan materi atau soal yang sama bergabung dalam kelompok ahli (kelompok homogen) dan berusaha menguasai materi sesuai dengan soal yang diterima.
2)      Guru memberikan bantuan kepada peserta didik.
c.         Tahap Penularan
1)      Setiap peserta didik kembali ke kelompok asalnya.
2)      Tiap peserta didik dalam kelompok saling menularkan dan menerima materi dari peserta didik lainnya.
3)      Terjadi proses diskusi antar peserta didik dalam kelompok asal.
4)      Dari proses diskusi, peserta didik memeroleh jawaban soal.
d.        Penutup
1)      Pelaksanaan kuis atau evaluasi.
2)      Guru bersama peserta didik menyimpulkan.
3)      Penghargaan dari guru.
Model Pembelajaran Jigsaw dan CIRC serta Implementasi dalam Pembelajaran Ekonomi
Tipe Jigsaw

Implementasi dalam pembelajaran ekonomi:
Mata Pelajaran: Ekonomi X/I
Materi: Pasar Persaingan Tidak Sempurna
a.         Tahap Pendahuluan
1)      Melakukan apersepsi mengenai pasar persaingan tidak sempurna dengan memberikan orientasi tentang materi pasar persaingan tidak sempurna.
2)      Guru menjelaskan model pembelajaran yang akan dipakai dan manfaatnya saat kegiatan belajar mengajar, yaitu model jigsaw.
3)      Guru melakukan pembentukan kelompok sebanyak 6 kelompok dengan setiap kelompok terdiri dari 5 orang peserta didik.
4)      Pembagian soal tentang macam pasar persaingan tidak sempurna berdasarkan pembeli dan penjual kepada setiap anggota kelompok dengan mengambil nomor 1 sampai 5 di depan untuk memilih soal yang akan dibahas.
b.        Tahap Penguasaan
1)      Peserta didik yang mendapatkan soal yang sama tentang macam pasar persaingan tidak sempurna akan dikelompokkan dalam satu kelompok homogen.
2)      Mendiskusikan soal yang diterima dalam kelompok homogen tersebut serta menguasai materi persaingan tidak sempurna.
c.         Tahap Penularan
1)      Peserta didik yang berada di kelompok homogen kembali ke kelompok asal (kelompok heterogen).
2)      Tiap peserta didik dalam kelompok saling mengajarkan hasil diskusi di kelompok homogen tentang pasar persaingan tidak sempurna kepada anggota lain di dalam kelompok asal.
3)      Terjadi proses saling mengajari pasar persaingan sempurna kepada peserta didik lain dalam kelompok asal.
4)      Dari proses diskusi, peserta didik memperoleh jawaban soal tentang pasar persaingan sempurna.
d.        Penutup
1)      Guru bersama peserta didik menyimpulkan hasil diskusi
2)      Pelaksanaan evaluasi pasar persaingan sempurna.
B.       Model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC)
Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition dikembangkan oleh Stevens, dkk. (1987). Kelebihan dari model CIRC antara lain: 1) pengalaman dan kegiatan belajar siswa akan selalu relevan dengan tingkat perkembangan anak; 2) kegiatan yang dipilih sesuai dengan dan bertolak dari minat dan kebutuhan siswa; 3) seluruh kegiatan belajar lebih bermakna bagi siswa sehingga hasil belajar siswa akan dapat bertahan lebih lama; 4) pembelajaran terpadu dapat menumbuhkembangkan keterampilan berpikir siswa; 5) pembelajaran terpadu menyajikan kegiatan yang bersifat pragmatis (bermanfaat) sesuai permasalahan yang sering ditemui dalam lingkungan siswa; 6) pembelajaran terpadu dapat menumbuhkan motivasi belajar siswa ke arah belajar yang dinamis, optimal, dan tepat guna; 7) pembelajaran terpadu dapat menumbuhkembangkan interaksi sosial siswa, seperti kerjasama, toleransi, komunikasi, dan respek terhadap gagasan orang lain; 8) membangkitkan motivasi belajar serta memperluas wawasan dan aspirasi guru dalam mengajar (Saifulloh, 2003).
Model CIRC memiliki langkah-langkah penerapan sebagai berikut (Stevens, dkk. 1991):
1.         Guru membentuk kelompok-kelompok yang masing-masing terdiri dari 4 siswa.
2.         Guru memberikan wacana sesuai dengan topik pembelajaran.
3.         Siswa bekerja sama saling membacakan dan menemukan ide pokok kemudian memberikan tanggapan terhadap wacana yang ditulis pada lembar kertas.
4.         Siswa memprensentasikan/membacakan hasil diskusi kelompok.
5.         Guru memberikan penguatan (reinforcement).
6.         Guru dan siswa bersama-sama membuat kesimpulan.
Implementasi pada pembelajaran ekonomi
Mapel: Ekonomi XI/1
Materi: Perdagangan Internasional
A.      Tahap Pengenalan Konsep
1)        Guru membentuk kelompok-kelompok yang masing-masing terdiri dari 4 siswa.
2)        Guru mengenalkan materi perdagangan internasional melalui buku paket.
B.       Tahap Eksplorasi dan Aplikasi
1)     Siswa mendiskusikan topik perdagangan internasional yang telah diberikan oleh guru dalam satu kelompok.
2)   Siswa diminta memberi tanggapan tentang perdagangan internasional dan ditulis pada selembar kertas
C.       Tahap Publikasi
1)        Siswa membacakan/mempresentasikan hasil diskusi kelompok.
2)        Ada tanggapan dan pemberian jawaban siswa pada saat sesi diskusi pada presentasi.
3)       Guru memberikan penguatan dengan cara menambahkan materi yang kurang saat presentasi.
4)        Guru dan siswa bersama-sama membuat kesimpulan hasil diskusi.
sumber:
Sutikno, M. S. 2014. Metode & Model-Model Pembelajaran. Lombok: Holistica.

Model Pembelajaran Jigsaw dan CIRC serta Implementasi dalam Pembelajaran Ekonomi 4.5 5 Kuingin Baca Monday, October 31, 2016 Model Pembelajaran Jigsaw dan CIRC serta Implementasi dalam Pembelajaran Ekonomi  Model Pembelajaran Jigsaw dan CIRC serta Implementasi dalam Pembelajaran Ekonomi   A.       Model Pembelajaran Jigsaw Jigsaw dikem...


Kuingin Baca