• About
  • Contact
  • Submit Article

Definisi Media Pembelajaran

 on Monday, October 3, 2016  

Definisi Media Pembelajaran


Definisi Media Pembelajaran
Kata media merupakan bentuk jamak dari kata medium. Medium dapat didefinisikan sebagai perantara atau pengantar terjadinya komunikasi dari pengirim kemenuju penerima(Heinich et.al., 2002; Ibrahim, 1997; Ibrahim et.al., 2001). Media merupakan salah satu komponen komunikasi, yaitu sebagai pembawa pesan dari komunikator menuju komunikan(Criticos, 1996). Berdasarkan definisi tersebut, dapat dikatakan bahwa proses pembelajaran merupakan proses komunikasi.
Sebelumnya, kita harus mengetahui terlebih dahulu konsep abstrak dan konkrit dalam pembelajaran. Karenaproses belajar mengajar hakikatnya adalah proses komunikasi, penyampaian pesan dari pengantar ke penerima. Pesan berupa isi/ajaran yang dituangkan ke dalam simbol komunikasi baik verbal(kata-kata dan tulisan) maupun non-verbal, proses ini dinamakan encoding. Penafsiran simbol-simbol komunikasi tersebut dinamakan decoding. Kegagalan/ketidakberhasilan dalam memahami apa yang didengar, dibaca, dilihat, atau diamati yang menjadi penghambat dalam proses komunikasi dikenal dengan istilah noise atau barriers.
Secara umum dapat dikatakan media mempunyai kegunaan, antara lain:
1.       Memperjelas pesan agar tidak terlalu verbalistis.
2.       Mengatasi keterbatasan ruang, waktu, tenaga, dan daya indera.
3.       Menimbulkan gairah belajar, interaksi lebih langsung antara murid dengan sumber belajar.
4.       Memungkinkan anak belajar mandiri sesuai dengan bakat dan kemampuan visual, auditori dan kinestetiknya.
5.       Memberi rangsangan yang sama, mempersamakan pengalaman dan menimbulkan persepsi yang sama.
6.       Proses pembelajaran mengandung lima komponen komunikasi, meliputi siswa(komunikan), guru(komunikator), bahan pembelajaran, media pembelajaran, dan tujuan pembelajaran.
Jadi, media pembelajaran dalah segala sesuatu yang dapat digunakan untuk menyalurkan pesan(bahan pembelajaran), sehingga dapat merangsang minat, perhatian, pikiran, dan perasaan siswa dalam kegiatan belajar untuk mencapai tujuan belajar.
Selain itu, kontribusi media pembelajaran menurut Kemp dan Dayton, 1985:
1.       Penyampaian pesan pemeblajaran dapat lebih terstandar.
2.       Pembelajaran dapat lebih menarik.
3.       Pemeblajaran lebih interaktif dengan menerapkan teori belajar.
4.       Waktu pelaksanaan pembelajaran dapat diperpendek.
5.       Kualitas pembelajaran dapat ditingkatkan.
6.       Proses pembelajaran dapat berlangsung kapanpun dan dimanapun diperlukan.
7.       Sikap positif siswa terhadap materi pembelajaran serta proses pembelajaran dapat ditingkatkan.
8.       Peran guru mengalami perubahan ke arah yang positif.


sumber:
Daryanto. 2013. MEDIA PEMBELAJARAN: Peranannya Sangat Penting Dalam Mencapai Tujuan Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media

Definisi Media Pembelajaran 4.5 5 Unknown Monday, October 3, 2016 Definisi Media Pembelajaran Definisi Media Pembelajaran Kata media merupakan bentuk jamak dari kata medium. Medium dapat didefinisikan sebagai perantar...


Kuingin Baca