• About
  • Contact
  • Submit Article

Penelitian Psikologi Pendidikan

 on Friday, December 23, 2016  



Penelitian Psikologi Pendidikan - Menurut Slavin, pengajaran yang efektif akan dapat dihasilkan dari penelitian pendidikan, teori pendidikan, dan common sense (Slavin, 2011). Itulah sebabnya penelitian pendidikan dapat menjadi dasar untuk mengembangkan pembelajaran yang lebih efektif.
Penelitian pendidikan adalah usaha yang sistematik untuk menjawab pertanyaan atau masalah dengan prosedur ilmiah melalui kajian literature, pengumpulan data, analisis, dan penyimpulan data dalam pendidikan. Penelitian pendidikan merupakan cara para pendidik, pemerhati, akademisi memeroleh informasi yang berguna dan dapat dipercaya tentang proses pendidikan.
Salah satu penelitian pendidikan adalah penelitian psikologi pendidikan. Tujuan penelitian dalam psikologi pendidikan adalah menguji setiap pendapat yang diyakini berkontribusi dalam pembelajaran.
1.         Jenis Penelitian
Jenis penelitian pendidikan dapat dibedakan atas:
a.       Dilihat dari penggunaan hasilnya
·         Penelitian dasar, bila hasilnya untuk menyumbang iptek dasar.
·         Penelitian terapan, bila hasilnya digunakan untuk keperluan praktis. Misalnya, Penelitian Tindakan Kelas dan Research and Development (R&D).
b.      Dilihat dari pengukuran dan analisis datanya
·         Penelitian kuantitatif, bila datanya dinyatakan dalam angka dan dianalisis dengan teknik statistic seperti Experimental, Correlation, SEM (Structural Equation Modeling).
·         Penelitian kualitatif, bila datanya dinyatakan dalam bentuk verbal (kata-kata) dan dianalisis berdasar makna, tipe, dan pola. Misalnya, studi kasus, penelitian kelas, penelitian naturalistic, penelitian perkembangan, penelitian sejarah.
c.       Dilihat dari tingkat kedalaman analisis
·         Deskriptif, jika hanya menyatakan secara sistematik dan factual tentang sifat-sifat populasi tertentu.
·         Eksplanatori, jika analisis data sampai dapat menemukan hubungan satu variable dengan variabel lain.
d.      Dilihat dari sampel digunakan
·         Sensus, jika data yang dianalisis berasal dari semua subjek dalam populasi dan bukan hanya sampel.
·         Inferensial, jika data berasal dari sampel dan kesimpulannya dikenakan ke populasi.
e.      Dilihat dari rancangan desain
·         Eksperimen, jika dalam penelitian subjek diberi perlakuan dan kemudian diukur akibat dari perlakuan itu.
·         Non-eksperimen, jika dalam penelitian, subjek tidak diberi perlakuan tapi diukur kepemilikan sifat-sifat tertentu.
f.        Proses deduktif dan induktif dalam penelitan
·         Proses deduktif melihat pernyataan umum terlebih dahulu untuk menggeneralisasi bagian yang spesifik.
·         Sebaliknya, proses induktif melihat pernyataan-pernyataan spesifik untuk menggeneralisasi pernyataan yang umum.
2.         Karakteristik Penelitian Eksperimen
a.       Penetapan acak (random assignment) adalah penetapan dalam penelitian eksperimen yang ditandai dengan penetapan partisipasi ke kelompok eksperimen dan kelompok kontrol dilakukan secara acak.
b.      Adanya kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Kelompok eksperimen adalah kelompok yang mengalami tindakan eksperimen. Kelompok kontrol adalah kelompok yang mengalami diperlakukan sama dengan kelompok eksperimen kecuali dalam faktor-faktor yang dimanipulasi.
c.       Kelompok kontorl bertindak sebagai data dasar (base line) untuk dibandingkan dengan kelompok eksperimen.
d.      Membangun sebab dan akibatnya.
e.      Menciptakan kondisi artifisial.
f.        Pengumpulan data dengan penelitian cross-sectional, yaitu penelitian dengan data yang dikumpulkan dalam satu waktu.
g.       Penelitian longitudinal, yaitu penelitian dengan individu yang sama selama kurun waktu tertentu, yang biasanya beberapa tahun atau lebih.
3.         Metode korelasi (Correlation Method)
a.       Menghitung relasi antar variable dari variable-variabel dependen dan independen:
·         Korelasi positif (lebih besar dari nol tetapi kurang dari atau sama dengan 1).
·         Korelasi negative (kurang dari nol tetapi lebih besar dari atau sama dengan -1).
·         Tidak ada korelasi sama sekali (sama dengan nol).
b.      Tidak dapat menjelaskan sebab yang menyebabkan akibat.
c.       Korelasi merupakan hubungan titik-titik dalam bentuk kurva.
4.         Penelitian deskriptif (Descriptive Research)
Metode deskriptif terdiri dari metode survei (survey method), wawancara (interview), dan ethnography. Metode etnografi adalah metode penelitian yang menggunakan faktor-faktor budaya atau faktor-faktor yang dilakukan manusia dengan menggunakan observasi langsung terhadap konteks budaya sehari-hari. Beberapa keunggulan metode ini adalah dapat memberikan lebih banyak detil penjelasan dan metode ini dapat bekerja dalam situasi alamiah, tetapi metode ini dapat menyebabkan kurangnya objektifitas ilmiah.
5.         Penelitian Tindakan Kelas (Action Research)
Metode penelitian tindakan adalah bentuk khusus dari penelitian deskriptif yang dilakukan oleh pendidik di kelas atau sekolah mereka sendiri. Penelitian tindakan adalah penelitian yag digunakan untuk memecahkan problem sekolah atau kelas tertentu, meningkatkan pengajaran dan strategi pendidikan lainnya, atau untuk membuat keputusan di tingkat tertentu.
Keuntungan penelitian pendidikan adalah dapat memberikan solusi lebih mendalam atas persoalan tertentu karena solusi tersebut didapatkan dari persoalan yang dihadapi guru-guru itu sendiri bukannya dari peneliian yang dilakukan oleh orang luar. Adapu kelemahan penelitian tindakan adalah kurangnya objektivitas dalam penelitian (Hendricks, 2009).
Yang mirip dengan penelitian tindakan adalah penelitian evaluasi program. Penelitian evaluasi program adalah penelitian yang di desain untuk membuat keputusan tentang efektivitas program tertentu. Misalnya, penelitian tentang keluhan guru atas banyaknya administrasi tertulis dari program-program yang di selenggarakan di sekolah.

sumber:
Tung, K., Y. 2015. Pembelajaran dan Perkembangan Belajar. Jakarta: Indeks.

Penelitian Psikologi Pendidikan 4.5 5 Kuingin Baca Friday, December 23, 2016 Penelitian Psikologi Pendidikan Penelitian Psikologi Pendidikan - Menurut Slavin, pengajaran yang efektif akan dapat dihasilkan dari penelitian pendidikan, teori pendid...


1 comment:

  1. Best Casino Deals in Las Vegas, NV - MapYRO
    Casino 계룡 출장마사지 in Las Vegas, NV - 2021 - Find all the info you need to know 논산 출장안마 about Casino. Casino is 의정부 출장샵 a luxury 논산 출장샵 resort in Downtown Las Vegas, near the airport. 원주 출장샵

    ReplyDelete

Kami mengharapkan saran maupun kritik yang membangun blog kami. Dilarang SARA dan kata-kata yang tidak pantas :)

Kuingin Baca