Konsep Pasar dan Pemasaran - Sepintas yang lalu pasar diartikan
sebagai suatu tempat dimana dijumpai sejumlah penjual yang menjual barang dan
pembeli yang datang membeli barang. Misalnya, Pasar Baru di Bandung atau Pasar
Gede di Surakarta. Oleh karena dapat dilihat wujudnya baik berupa bangunan yang
sifatnya sementara maupun permanen maka pasar seperti ini disebut Pasar
Konkrit.
Dalam ilmu ekonomi pengertian
pasar adalah keadaan dimana terjadi kekuatan permintaan dan penawaran seimbang
dari suatu barang atau jasa. Keseimbangan kekuatan antara permintaan (konsumen)
dan penawaran (penjual) tidak dapat dilihat karena peristiwa atau kejadiannya
tidak berupa wujud suatu bangunan, oleh karena itu disebut sebagai Pasar
Abstrak.
Seandainya Pasar Konkrit suatu
saat tidak terjadi lagi penyesuaian permintaan dan penawaran maka ini berarti
disana tidak aka nada proses jual beli sehingga Pasar Konkrit tidak berfungsi
lagi sebagai suatu pasar tetapi hanya merupakan sebuah gedung semata. Jadi,
dapatlah dinyatakan bahwa dimana ada suatu tempat gedung yang berupa pasar maka
disitu pasti terjadi proses jual beli atau terjadi persesuaian antara penawaran
dan permintaan. Dengan demikian, semua pasar yang konkrit adalah juga merupakan
pasar abstrak, tetapi tidak semua pasar abstrak adalah pasar konkrit.
Pemasaran (marketing) adalah
proses sosial dan proses manajerial yang memungkinkan indvidu atau kelompok
memperoleh apa yang dibutuhkannya (needs)
dan apa yang diinginkannya (wants)
melalui proses pertukaran. Konsep dasar dalam pemasaran dimulai dengan adanya
kebutuhan dan berakhir pada adanya pasar seperti yang ditunjukkan pada gambar
berikut.
Bagan Konsep Dasar Pemasaran |
Berawal dari adanya kebutuhan
pihak pelanggan yang ditindaklanjuti dengan timbulnya keinginan maka timbullah
permintaan-permintaan. Hal ini selanjutnya akan memberikan peluang kepada
penciptaan-penciptaan produk, yang mampu memenuhi atau memuaskan keinginan
tersebut. Perjalanan produk menuju pasar ditempuh melalui beberapa proses,
seperti pertukaran dan transaksi. Pada akhirnya produk yang sudah ada di pasar
akan diserap oleh pelanggan dalam rangka memenuhi kebutuhannya.
sumber:
Daryanto. 2011. Sari Kuliah Manajemen Pemasaran. Bandung: Sarana Tutorial Nurani Sejahtera.
No comments:
Post a Comment
Kami mengharapkan saran maupun kritik yang membangun blog kami. Dilarang SARA dan kata-kata yang tidak pantas :)