• About
  • Contact
  • Submit Article

Konsep Pasar dan Pemasaran

 on Sunday, December 25, 2016  

Konsep Pasar dan Pemasaran - Sepintas yang lalu pasar diartikan sebagai suatu tempat dimana dijumpai sejumlah penjual yang menjual barang dan pembeli yang datang membeli barang. Misalnya, Pasar Baru di Bandung atau Pasar Gede di Surakarta. Oleh karena dapat dilihat wujudnya baik berupa bangunan yang sifatnya sementara maupun permanen maka pasar seperti ini disebut Pasar Konkrit.
Dalam ilmu ekonomi pengertian pasar adalah keadaan dimana terjadi kekuatan permintaan dan penawaran seimbang dari suatu barang atau jasa. Keseimbangan kekuatan antara permintaan (konsumen) dan penawaran (penjual) tidak dapat dilihat karena peristiwa atau kejadiannya tidak berupa wujud suatu bangunan, oleh karena itu disebut sebagai Pasar Abstrak.
Seandainya Pasar Konkrit suatu saat tidak terjadi lagi penyesuaian permintaan dan penawaran maka ini berarti disana tidak aka nada proses jual beli sehingga Pasar Konkrit tidak berfungsi lagi sebagai suatu pasar tetapi hanya merupakan sebuah gedung semata. Jadi, dapatlah dinyatakan bahwa dimana ada suatu tempat gedung yang berupa pasar maka disitu pasti terjadi proses jual beli atau terjadi persesuaian antara penawaran dan permintaan. Dengan demikian, semua pasar yang konkrit adalah juga merupakan pasar abstrak, tetapi tidak semua pasar abstrak adalah pasar konkrit.
Pemasaran (marketing) adalah proses sosial dan proses manajerial yang memungkinkan indvidu atau kelompok memperoleh apa yang dibutuhkannya (needs) dan apa yang diinginkannya (wants) melalui proses pertukaran. Konsep dasar dalam pemasaran dimulai dengan adanya kebutuhan dan berakhir pada adanya pasar seperti yang ditunjukkan pada gambar berikut.


Bagan Konsep Dasar Pemasaran


Berawal dari adanya kebutuhan pihak pelanggan yang ditindaklanjuti dengan timbulnya keinginan maka timbullah permintaan-permintaan. Hal ini selanjutnya akan memberikan peluang kepada penciptaan-penciptaan produk, yang mampu memenuhi atau memuaskan keinginan tersebut. Perjalanan produk menuju pasar ditempuh melalui beberapa proses, seperti pertukaran dan transaksi. Pada akhirnya produk yang sudah ada di pasar akan diserap oleh pelanggan dalam rangka memenuhi kebutuhannya.

sumber:
Daryanto. 2011. Sari Kuliah Manajemen Pemasaran. Bandung: Sarana Tutorial Nurani Sejahtera.

Konsep Pasar dan Pemasaran 4.5 5 Kuingin Baca Sunday, December 25, 2016 Konsep Pasar dan Pemasaran Konsep Pasar dan Pemasaran - Sepintas yang lalu pasar diartikan sebagai suatu tempat dimana dijumpai sejumlah penjual yang menjual barang ...


No comments:

Post a Comment

Kami mengharapkan saran maupun kritik yang membangun blog kami. Dilarang SARA dan kata-kata yang tidak pantas :)

Kuingin Baca