• About
  • Contact
  • Submit Article

Penetapan Harga Produk

 on Saturday, December 31, 2016  

Penetapan Harga Produk - Umumnya harga ditetapkan oleh pembeli dan penjual yang saling bernegoisasi. Penjual akan meminta harga yang lebih tinggi daripada yang mereka harapkan. Sementara itu, pembeli akan menawrkan kurang daripada yang mereka harapkan akan mereka bayar. Melalui tawar menawar, mereka akhirnya akan sampai pada harga yang disepakati.
                Ekonom telah menciptakan mode sederhana untuk penetapan harga yang akan memaksimalkan laba. Model ini mengasumsikan bahwa perusahaan mengetahui fungsi permintaan dan biaya untuk suatu produk. Fungsi permintaan menjelaskan tentang perkiraan kuantitas (Q) yang akan dibeli setiap periode untuk berbagai tingkat harga (P). Misalkan dengan menggunakan analisis permintaan statistic, perusahaan menentukan persamaan permintaannya sebagai berikut.

Q = 1000 – 4P

                Persamaan ini menyatakan hukum permintaan. Semakin sedikit yang akan dibeli tiap periodenya dengan semakin tingginya harga. Fungsi biaya menjelaskan biaya total (C) memproduksi suatu kuantitas tiap periodenya (Q).
                Dalam kasus sederhana, fungsi biaya total dijelaskan sebagai persamaan linier C = F + cQ dimana F merupakan biaya tetap total dan merupakan biaya variabel per unit. Misalkan perusahaan memperkirakan bahwa persamaan biayanya untuk produknya adalah sebagai berikut.

C = 6000 – 50Q

                Manajemen membutuhkan dua persamaan lagi. Keduanya bersifat definitif, untuk menentukan harga yang akan memaksimalkan laba. Pertama, pendapatan total (R) sama dengan harga dikalikan kuantitas terjual.
R = PQ

                Kedua, laba total (Z) merupakan selisih antara pendapatan total dan biaya total.

Z = R - C

                Perusahaan sekarang dapat menentukan hubungan antara laba (Z) dan harga (P) dengan mulai dari persamaan laba dan melanjutkannya dengan turunan berikut.
Z = R – C
Z = PQ – C
Z = PQ – (6.000 + 50Q)
Z = P (1.000 – 4P) – 6.000 – 50 (1.000 – 4P)
Z = 1.000P – 4P2 – 6.000 – 50.000 + 200P
Z = -56.000 + 1.200 – 4P2
                Laba total ternyata merupakan turunan kedua fungsi harga. Hal ini merupakan gambaran seperti topi (parabola) dan laba akan mencapai titik maksimal (34.000) pada harga 150. Harga optimal 150 tersebut dapat diperoleh dengan menggambar sebuah parabola dengan beberapa sampel harga dan menentukan titik tingginya.
                Dengan adanya tiga C, yaitu: bagan permintaan pelanggan (customer’s demand schedule), fungsi biaya (cost function), dan harga pesaing (competitor’s prices), perusahaan-perusahaan akan siap memilih harganya. Harga tersebut akan terletak di antara harga yang demikian rendah sehingga tidak menghasilkan laba dan yang demikian tinggi sehingga tidak ada permintaan. Dalam hal ini, biaya menjadi batas bawah. Harga pesaing dan harga barang pengganti menjadi hal-hal yang perlu dipertimbangkan dalam pnetapan harga. Penilaian pelanggan atas tampilan produk yang unik dari perusahaan menjadi batas atas.
                Di beberapa metode penetapan harga yang umum digunakan di antaranya adalah penetapan harga mark up, penetapan harga berdasarkan pengembalian sasaran. Metode penetapan harga yang paling dasar adalah dengan menambahkan mark up standar pada biaya produk. Beberapa perusahaan memberikan penawaran dengan memperkirakan biaya total dan menambahkan mark up standar sebagai laba. Penetapan harga mark up ini diperoleh dengan bantuan rumus perhitungan sebagai berikut.

                  Harga mark up =                    unit terjual biaya per unit
1 - pengembalian atas penjualan yang diinginkan

                Akan tetapi, penetapan harga lainnya adalah berdasarkan sasaran pengembalian. Perusahaan menentukan harga yang akan menghasilkan tingkat pengembalian atas investasi yang diinginkan (ROI). Harga untuk memperoleh pengembalian tersebut dihitung dengan rumus:

Harga = biaya per unit = pengembalian yang diinginkan x modal yang diinvestasikan
                              unit terjual

Referensi: Daryanto

Penetapan Harga Produk 4.5 5 Kuingin Baca Saturday, December 31, 2016 Penetapan Harga Produk Penetapan Harga Produk - Umumnya harga ditetapkan oleh pembeli dan penjual yang saling bernegoisasi. Penjual akan meminta harga yang l...


No comments:

Post a Comment

Kami mengharapkan saran maupun kritik yang membangun blog kami. Dilarang SARA dan kata-kata yang tidak pantas :)

Kuingin Baca