Contoh Evaluasi Iklan - Dampak pesan tidak hanya bergantung pada apa yang
dikatakan, namun juga bagaimana mengatakannya. Ambillah gaya eksekusi berikut:
(a) temukan sebuah contoh, (b) evaluasilah efektifitas contoh tersebut (jelaskan
bagaimana contoh tersebut memenuhi kategori), (c) identifikasikan target
audiens, dan (d) usulkan perubahan apa pun yang dapat membuat contoh tersebut
lebih efktif. Laporkan temuan anda di kelas. Gaya eksekusi meliputi:
a.
Potongan
Kehidupan.
b.
Gaya Hidup.
c.
Fantasi.
d.
Mood atau Citra.
e.
Simbol
Kepribadian.
f.
Bukti Teknis.
g.
Bukti Ilmiah.
h.
Bukti Kesaksian.
Pastikan untuk mendapat contoh yang terpisah (meskipun
mungkin terdapat tumpang tindih di antara bentuknya)!
Jawab:
a.
Potongan Kehidupan
(Slice of Life)
Gaya ini
didasarkan pada pendekatan pemecahan masalah sehari-hari. Contohnya pada iklan
Pocari Sweat yang mengiklankan minuman pengganti ion tubuh.
1)
Efektifitas Iklan
Iklan pocari sweat
menampilkan keadaan yang normal pada saat menjalani aktivitas sehari-hari dan memecahkan
masalah di sekitarnya.
2)
Target Audiens
Orang yang sedang
melakukan kegiatan yang mengeluarkan banyak ion atau olahraga.
3)
Usulan Agar Iklan
Lebih Efektif
Menurut kami
seharusnya model dalam iklan tersebut tidak hanya perempuan, supaya bisa
menarik planggan perempuan untuk membeli produk tersebut.
b.
Gaya Hidup
Gaya ini
menekankan bagaimana suatu produk sesuai dengan suatu gaya hidup. Contohnya
helm INK yang menjadi gaya hidup masa kini, karena rata-rata orang membeli helm
INK daripada yang lain. Helm ini sangat modis dan bergaya modern.
1)
Efektifitas Iklan
Iklan ini sangat
relevan dengan gaya hidup sekarang, sehingga efektif bila digunakan untuk
pemasaran helm.
2)
Target Audiens
Orang yang sedang
menonton atau mendengarkan media iklan, khususnya para remaja.
3)
Usulan Agar Iklan
Lebih Efektif
Mungkin dengan menambah model iklan untuk lebih
menarik perhatian konsumen dan modl iklan artis mengkomunikasikan lewat lisan.
c.
Fantasi
Gaya ini
menciptakan fantasi di sekitar produk dan penggunaannya. Contohnya iklan Sprite
menggambarkan fantasi sejumlah orang yang sedang melakukan upacara, setelah
meminum sprite mendapatkan kesegaran.
1)
Efektifitas Iklan
Iklan ini memiliki
pesan yaitu untuk mendapatkan kesegaran di saat panas matahari menyerang minumlah
sprite. Berkaitan dengan pesan yang akan disampaikan, maka sangat efektif bila
menggunakan gaya fantasi.
2)
Target Audiens
Siswa sekolah dan
remaja.
3)
Usulan Agar Iklan
Lebih fektif
Lebih baik
pengiklan menggunakan model artis yang menjadi idola para siswa ataupun remaja
agar bisa lebih menarik perhatian target audiens.
d.
Mood atau Citra
Gaya ini membangun
mood atau citra di sekitar produknya, seperti kecantikan, kedamaian, dan cinta.
Contohnya iklan beng-beng membangun mood atau citra cinta di sekitar produknya.
Yang diwujudkan dengan 2 model yang sedang berpacaran dan saling berpendapat
bahwa cara makannya beng-beng yang mereka lakukan yang paling enak.
1)
Efektifitas Iklan
Iklan ini bisa
menimbulkan mood cinta yang sangat kuat, jadi dengan memakan beng-beng maka
bisa membuat orang jatuh cinta.
2)
Target Audiens
Para remaja dan
orang tua.
3)
Usulan Iklan Agar
Lebih Efektif
Iklan akan lebih
mnarik jika pngiklan lbih mendramatisir adegan dan suasana cinta di iklan
beng-beng.
e.
Simbol Kepribadian
Gaya ini
menciptakan karakter yang mewakili produk. Contoh iklan minuman Nutrisari yang
mnciptakan ikon atau maskot berwujud jeruk yang hidup dan dibri nama “Si
Jeruk’.
1)
Efektifitas Iklan
Iklan ini
menciptakan suatu ikon atau maskot yang dapat diingat oleh konsumen yaitu
dengan “Si Jeruk” sehingga bisa mngingatkan konsumen minuman ber perisa jeruk
ya Nutrisari.
2)
Target Audiens
Anak-anak dan
orang tua.
3)
Usulan Iklan Agar
Lebih Efektif
Setting tempat
iklan seharusnya di taman bermain supaya lebih efektif untuk mncapai target
audins.
f.
Bukti Teknis
Gaya ini menunjukkan
keahlian perusahaan untuk membuat produk. Contoh iklan penyedap rasa Masako
yang menampilkan proses produksi atau keahlian teknik produksi dan kebanggan
perusahaan terhadap produk, karena mnggunakan alat-alat yang canggih dan bahan
baku produksi yang berkualitas.
1)
Efektifitas Iklan
Iklan masako
menampilkan keahlian teknik perusahaan dalam memroduksi suatu produk sehingga
mnimbulkan kepercayaan masyarakat terhadap produk perusahaan tersebut.
2)
Target Audiens
Orang tua atau ibu
rumah tangga.
3)
Usulan Iklan Agar
Lebih Efektif
Agar lebih
terpercaya dengan menampilkan masakan tersebut dicicipi oleh anggota keluarga
yang lain dan memberikan testimoni untuk produk Masako.
g.
Bukti Ilmiah
Gaya ini
menyajikan bukti survei atau ilmiah bahwa mereknya lebih baik atau lebih
disukai daripada produk yang lain. Contohnya iklan Lifebuoy yang menampilkan
bukti ilmiah berupa hasil penelitian bahwa 9 dari 10 orang yang terserang flu
disebabkan oleh virus yang berada di tubuh.
1)
Efektifitas Iklan
Iklan ini berusaha
meyakinkan pelanggan dengan menampilkan bukti ilmiah dari penelitian.
2)
Target Audiens
Keluarga.
3)
Usulan Iklan Agar
Lebih Efektif
Lebih banyak menampilkan
data yang akurat supaya pelanggan lbih percaya dan bisa menambah keefktifan
iklan tersebut.
h.
Bukti Kesaksian
Gaya ini menonjolkan
sumber yang sangat dipercaya atau sangat disukai yang menganjurkan penggunaan
produk tersebut. Contohnya deodorant Dove yang menghadirkan beberapa orang
untuk memberikan kesaksian.
1)
Efektifitas Iklan
Iklan ini menghadirkan
beberapa orang yang telah menggunakan deodorant dove dan diminta untuk
memberikan kesaksian dan pengalaman mereka menggunakan produk deodorant dove.
2)
Target Audiens
Remaja perempuan.
3)
Usulan Iklan Agar
Lebih Efektif
Agar lebih memikat
pelanggan untuk menggunakan produk deodorant dove sebaiknya perusahaan
menggunakan model iklan artis.
sumber:
Materi dari Dra. Sri Wahyuni, M.M.