• About
  • Contact
  • Submit Article

Perencanaan Pemasaran Strategis

 on Thursday, December 1, 2016  

Perencanaan Pemasaran Strategis


Perencanaan Pemasaran Strategis - Gagasan umum dari perencanaan adalah bukan hal baru bagi pendidikan. Tiga tingkat perencanaan digunakan. Langkah yang pertama meliputi penganggaran dan penjadwalan proses. Semua sekolah harus melaksanakan perencanaan pada tingkat ini dan banyak yang menjalankan model-model penganggaran berbasis komputer dan menambahnya dengan manajer-manajer keuangan yang sangat terlatih untuk memperbaiki proses tersebut. Meskipun ada perbaikan-perbaikan, banyak lembaga swasta tetap mengandalkan pada anggaran tahun demi tahun dan lambat dalam mengadopsi anggaran-anggaran lima sampai sepuluh tahun.
Tingkat kedua adalah perencanaan taktis jangka pendek perekrutan siswa, keputusan-keputusan bangunan fisik, usaha-usaha pengembangan, dan perubahan-perubahan program serta kurikulum. Sebagian besar akademi, universitas, dan sekolah-sekolah swasta melaksanakan perencanaan jangka pendek sampai beberapa tingkat. Kenyataannya beberapa lembaga bahkan menambah masalah-masalah mereka dengan mengandalkan rencana jangka pendek. Masing-masing rencana menghadapi satu masalah atau gejala. Ketika mereka harus maju ke tingkat ketiga perencanaan jangka panjang yang berorientasi strategi, ini untuk memusatkan rencana-rencana rencana-rencana jangka pendek mereka. Perencanaan strategis melibatkan pengklarifikasian misi lembaga tersebut, menilai sumber-sumbernya, dan memeriksa lingkungan untuk menentukan apa prioritas-prioritas dan strategi-strategi lembaga tersebut.
Kami yakin bahwa lembaga-lembaga pendidikan harus melaksanakan perencanaan formal dua tipe, perencanaan strategi dan perencanaan taktis. Perencanaan strategis menjawab pertanyaan-pertanyaan, “Bagaimana sebaiknya lembaga ini beroperasi dengan adanya tujuan dan sumber serta peluang yang berubah-ubah?”. Tipe kedua perencanaan taktis, dikembangkan dari rencana strategis tersebut dan memandu pelaksanan strategi itu.
Perhatikan kasus Universitas Heights. Presiden dan Dewan Pengawasnya memutuskan untuk memperbaiki kualitas universitas tersebut. Mereka merekrut sebuah tim konsultan untuk bekerjasama dengan komite perencanaan tingkat tinggi yang terdiri dari para pengawas, wakil ketua, dekan, dan lain-lain. Para konsultan berbicara dengan informan atau mensurvei informan kunci dalam lembaga tersebut.
Para konsultan tersebut kemudian memandu komite perencanaan dalam menganalisa tren-tren lingkungan dan misi, kekuatan dan kelemahan sekolah tersebut. Dalam kategori keuangan misalnya universitas tersebut mempunyai suatu anggaran seimbang dan utang yang kecil. Kelemahan-kelemahan keuangan meliputi kecilnya sumbangan dan meningkatnya overhead biaya tetap.
Para pengawas Universitas Height memutuskan suatu strategi perbaikan kualitas akademis lembaga tersebut dan juga mempertinggi reputasi nasionalnya. Rencana para pengawas tersebut mengharuskan universitas untuk mencapai beberapa sasaran spesifik meliputi meningkatkan jumlah mahasiswa sampai tingkat tertentu, digolongkan ke dalam kategori “sangat kompetitif” dalam Baron, memenuhi syarat untuk keanggotaan dalam Association of Research Libraries, dan maju ke status Association of American Universities. Ini adalah sekumpulan sasaran yang menantang karena sulit bagi universitas ini untuk meningkatkan jumlah mahasiswa dan membangun selektivitas dalam waktu yang sama.

Rencana taktis mengikutinya dan didasarkan pada rencana strategis tersebut. Rencana taktis tersebut meliputi sasaran – sasaran dan sebuah rencana tindakan untuk masing-masing area, jumlah mahasiswa, keuangan, dan seterusnya. Dalam masing-masing area, komite perencanaan mempertimbangkan ancaman-ancaman yang mungkin mempengaruhi rencana tersebut dan ketika menyusun rencana-rencana kemungkinan (contingency plans) untuk menghadapi ancaman itu. Rencana taktis dapat diperbarui setiap tahun ketika informasi-informasi baru tersedia.

sumber:
Daryanto. 2011. Sari Kuliah Manajemen Pemasaran. Bandung: Sarana Tutorial Nurani Sejahtera.

Perencanaan Pemasaran Strategis 4.5 5 Kuingin Baca Thursday, December 1, 2016 Perencanaan Pemasaran Strategis Perencanaan Pemasaran Strategis Perencanaan Pemasaran Strategis - Gagasan umum dari perencanaan adalah bukan hal baru bagi pendidika...


No comments:

Post a Comment

Kami mengharapkan saran maupun kritik yang membangun blog kami. Dilarang SARA dan kata-kata yang tidak pantas :)

Kuingin Baca