• About
  • Contact
  • Submit Article

Pengetahuan Tentang Produk

 on Tuesday, December 6, 2016  



Pengetahuan Tentang Produk


A        Mafaat Pengetahuan Tentang Produk
Pengetahuan tentang produk merupakan sarana lain untuk mendukung keberhasilan Sales Executives menunaikan tugasnya. Apabila Sales Executives tidak dapat menjawab pertanyaan calon pembeli tentang produk yang mereka tawarkan secara memuaskan, mereka akan kehilangan minat terhadap kunjungan Sales Executives dan produk yang ditawarkan.
Lima hal manfaat pengetahuan tentang produk bagi Sales Executives :
1      Mempertebal Rasa Percaya Diri
Pengetahuan produk yang komplit menimbulkan rasa percaya diri Sales Executives bahwa mereka akan mampu menjawab berbagai pertanyaan dari pembeli potensial. Hal ini muga mempertebal rasa bangga menperdagangkan produk yang biasanya nampak dalam antusiasme mengutarakan berbagai kelebihan produknya, maupun nada suara yang dipergunakan selama presentasi penjualan. Dengan melihat penjelasan yang antusias dari Sales Executives maka pembeli potensial  akan mempercayai produk yang ditawarkan Sales Executives.

2      Keahlian Menanggapi Komentar Konsumen
Dengan memiliki pengetahuan lengkap tentang produk secara luas mulai dari bahan baku, proses pembuatan, kontruksi produk dan sebagainya, diharapkan Sales Executives dapat meyakinkan calon pembeli bahwa manfaat dan kegunaan serta mutu produk yang mereka perdagangkan lebih tinggi dari harganya. Sehingga Sales Executives dapat dengan mudah menanggapi komentar dari pembeli potensial.

3      Menghindari Kesan Presentasi Penjualan Yang Mekanis
Sales Executives yang mengetahui pengetahuan lengkap tentang produknya akan terhindar dari kebiasaan melakukan penjelasan yang dihafalkan dari brosur atau label produk. Sales Executives akan dapat mengutarakan hal-hal yag menarik tentang sejarah produk, proses pembuatan, test laboratorium tentang mutu produk kepada pembeli potensial.

4      Mempertebal Kecintaan Terhadap Pekerjaan
Keberhasilan dalam presentasi penjualan yang salah satunya berasal dari pengetahuan tentang produk akan mendatangkan kepuasan batin bagi Sales Executives. Sales Executives akan lebih mencintai pekerjaanya tanpa khawatir ketika melakukan presentasi penjualan.

5      Meningkatkan Potensi Kenaikan Jenjang Karier
Pengetahuan tentang produk akan terlihat dari kemampuan Sales Executives melakukan presentasi. Hal ini merupakan salah satu faktor penilaian yang digunakan pimpinan perusahaan untuk mengetahui kinerja Sales Executives. Sering kali pelanggan lama yang merasa puas dengan presentasi Sales Executives, akan menyampaikan hal ini kepada atasan Sales Executives yang bersangkutan. Semua ini merupakan informasi bagi pemimpin perusahaan tentang kinerja Sales Executive yang bersangkutan, yang dengan sendirinya akan mempengaruhi promosi jabatan mereka.

B         Pengetahuan Tentang Produk Yang Perlu Dikuasai
Jenis pengetahuan produk yang perlu dikuasai Sales Executives tergantung dari produk yang mereka perdagangkan, antara lain :
1      Latar Belakang Produk
Pengetahuan tentang latar belakang  produk merupakan dasar minimal pengetahuan yang harus dikuasai Sales Executives. Pengetahuan tentang sejarah produk dapat menarik pembeli potensial pada presentasi penjualan selanjutnya diharapkan dapat berjalan lancar.

2      Penampilan Produk
Untuk produk-produk yang mengutamakan penampilan, pembeli potensial sangat mempertimbangkan desain bentuk dan kombinasi warna yang sesuai. Pengetahuan Sales Executives tentang mode, warna dan kombinasi sangat membantu masyarakat untuk memantapkan pilihan produk. Pengetahuan tentang produk, terutama perkembangan desain, warna  dan mode produk juga sangat penting peranannya  dalam membantu presentasi penjualan.

Pengetahuan Tentang Produk
Produk Google
3      Komposisi Produk
Pengetahuan tentang komposisi produk mulai dari bahan baku, bahan tambahan, dari mana bahan baku diperoleh akan sangat membantu Sales Executives menjelaskan keistimewaan produk ketika melakukan presentasi.

4      Proses Pembuatan Produk
Mutu dari sebuah produk didasarkan pada mutu bahan baku, bahan pembantu, proses pembuatan dan pengawasan proses produksi. Perusahaan industri manufaktur  akan meminta Sales Executives untuk datang ke pabriknya agar mengetahui proses produksi . Sehingga Sales Executives akan mengetahui pengetahuan dasar tentang produk. Kemudian diharapkan Sales Executives dapat memberikan penjelasan mengenai produk secara mendalam kepada pembeli potensial.

5      Penggunaan Produk
Selain pengetahuan yang lengkap tentang produk, Sales Executives juga harus mempunyai pengetahuan tentang penggunaan produk. Mereka harus dapat mempresentasikan penggunaan produk dan menjelaskan suku cadang serta cara bongkar pasang dan sebagainya.

6      Pemeliharaan Dan Umur Teknis Produk
Sales Executives harus mengetahui perkiraan umur teknis produk mereka. Hal ini disebabkan karena pembeli potensial ingin mengetahui apakah manfaat dari produk yang dibeli sepadan dengan jumlah uang yang mereka keluarkan. Hal lain yang bersangkutan antara lain tentang layanan purna jual, garansi produk, jangka waktu jaminan produk dan juga pemeliharaan.
7      Penghitungan Harga Dan Syarat Pembelian
Penghitungan harga dan syarat pembelian harus dikuasai oleh Sales Executives, hal ini bertujuan agar Sales Executives dapat menjelaskan perhitungan harga produk kepada calon pembeli agar tidak kebingungan atau merasa ditipu dalam penentuan harga yang harus mereka bayar.

8      Perbandingan Produk Dengan Produk Saingan
Sebagian besar produk yang ditawarkan perusahaan bersaing dengan produk sejenis atau produk subtitusi buatan perusahaan saingan. Oleh karena itu pada saat menawarkan produk mereka tidak jarang Sales Executives diberi tahu calon pembeli bahwa produk sejenis yang ditawarkan perusahaan lain harganya lebih murah, lebih bagus penampilanya dan atau lebih menarik. Sales Executives yang memiliki pengetahuan lengkap tentang produk-produk perusahaan saingan akan mampu menonjolkan kelebihan produknya dibanding produk saingan

C    Mempergunakan  Pengetahuan Tentang Produk
Disamping mengetahui pengetahuan tentang produk,  untuk menunjang keberhasilan tugasnya Sales Executives harus dapat menterjemahkan fakta-fakta yang bersangkutan dengan produk mereka ke dalam bahasa manfaat atau kebutuhan khusus konsumen. Karena konsumen pasti ingin mengetahui manfaat dari produk yang akan dibelinya, bukan semata-mata karena tampilan fisik produk itu semata. Manfaat yang sama dari suatu produk dapat berbeda dimata konsumen yang berbeda. Sales Executives yang berhasil dapat dilihat dari kemampuan menterjemahkan keistimewaan produknya ke dalam banyak bahasa manfaat khusus. Terutama diperlukan saat presentasi penjualan dan mendemonstrasikan produk.
Berikut ini disampaikan cara untuk menterjemahkan fakta yang bersangkutan dengan produk kedalam bahasa manfaat pembeli.
1      Fakta tentang produk harus diutarakan dalam bahasa yang dapat dimengerti pembeli potensial
2      Dalam setiap presentasi penjualan dan demonstrasi produk harus diutarakan dengan cara yang meyakinkan.
3      Sedapat mungkin setiap selling point didukung dengan demonstrasi produk.
4      Fakta tentang produk digunakan untuk meyakinkan calon pembeli, bukan untuk memamerkan keahlian Sales Executives tentang produk.
    5   Dapat menjelaskan kepada pembeli potensial tentang manfaat dan keistimewaan produk.

sumber:
Makalah Pendidikan Ekonomi FKIP UNS

Pengetahuan Tentang Produk 4.5 5 Kuingin Baca Tuesday, December 6, 2016 Pengetahuan Tentang Produk Pengetahuan Tentang Produk A         Mafaat Pengetahuan Tentang Produk Pengetahuan tentang produk merupakan sarana lain untuk me...


No comments:

Post a Comment

Kami mengharapkan saran maupun kritik yang membangun blog kami. Dilarang SARA dan kata-kata yang tidak pantas :)

Kuingin Baca