• About
  • Contact
  • Submit Article

Model Otak Triune

 on Saturday, December 24, 2016  



Model Otak Triune - Pada tahun 1969 Paul MacLean mengajukan model otak triune (Connell, 2005, hlm. 18-19). Model ini terdiri dari tiga bagian otak yang berbeda tahapannya dalam empat perkembangannya, yaitu:
1.         Batang atau “otak reptile” yang mencakup batang otak dan Cerebellum;
2.         Sistem limbic atau “otak mamalia”;
3.         Dan neokorteks atau “otak triune”.
Area pada otak
Fungsi memori yang terkait
Lobus frontal
Tugas memori jangka pendek.
Prefrontal cortex
Efisiensi pada proses penyandian kata-kata dan gambar.
Hippocampus
Pembentukan memori deklaratif jangka panjang. Hippocampus dapat menyatukan berbagai elemen memori sehingga dapat dipanggil kembali sebagai entitas yang utuh.
Cerebellum
Pembentukan dan pengingatan kembali (retention) sejumlah respon pengkondisian sederhana.
Cerebral cortex
Penyimpanan memori jangka panjang. Area-area ini terlibat dalam pembentukan persepsi awal informasi tertentu.
Broca dan Wernicke
Dua bagian otak yang berkaitan dengan Bahasa. Kerusakan salah satu bagian ini mengakibatkan gangguan berbahasa.

Model Otak Triune
Triune Brain Model
Menurut teori MacLean, cerebellum dan batang otak terbentuk 500 juta tahun yang lalu. Fungsi otak ini bertanggung jawab terhadap pertahanan diri, pernafasan, dan detak jantung. Sistem limbic terbentuk 250 juta tahun yang lalu. Sistem limbic adalah sistem yang mengatur perilaku atau motivasi, kondisi emosi, dan pembentukan memori. Sistem limbic berfungsi juga mengatur suhu tubuh, tekanan darah, kadar gula darah, dan berbagai aktivitas pengaturan perawatan tubuh kita.
Bagian penting otak antara lain hippocampus, amygdala, thalamus, dan hypothalamus. Penjelasan keempat komponen tersebut adalah sebagai berikut:
1.         Hippocampus adalah daerah penting yang mengatur pembentukan emosi, proses belajar, dan pembentukan memori. Hippocampus adalah sumber kebahagiaan, kegembiraan, dan semangat hidup.
2.         Amygdala meneliti informasi berdasarkan emosi, yang mencakup pembentukan sikap agresif, respons mempertahankan diri dan kepentingan, makan-minum, serta perilaku seksual. Amygdala terkait erat dengan respon manusia terhadap ketakutan, kecemasan, dan rasa ketidaknyamanan.
3.         Hyphotalamus berperan dalam pengaturan hormone (endokrinologi), yang dikenal sebagai induk dari para kelenjar hormone. Tugasnya antara lain adalah mengatur kadar gula darah, garam, tekanan darah, dan hormone lainnya. Hyphotalamus juga mengatur sistem saraf otonom yang mengendalikan proses-proses faali tubuh seperti sirkulasi darah, sistem pencernaan, dan ekskresi. Hipotalamus juga merupakan thermostat tubuh yang mengatur suhu, kebutuhan cairan, dan rasa haus.
Neocortex (cerebrum) merupakan 85 persen bagian dari seluruh otak, yang terbentuk kurang lebih 200 juta tahun yang lalu. Cerebal cortex otak dibagi menjadi dua, yaitu belahan otak kanan dan belahan otak kiri. Respon, tugas, dan fungsi belahan otak kiri dan kanan berbeda dalam menghayati berbagai pengalaman belajar, sehingga seseorang mengalami realitas secara berbeda-beda dan unik.
Lateralisasi adalah spesialisasi fungsi datu belahan otak dengan belahan lainnya. Belahan otak kiri, terutama berfungsi untuk berpikir rasional, analitis, berurutan, linier, ilmiah (seperti untuk belajar membaca, tata Bahasa, berhitung, aritmatika, dan matematika) yang terkait dimensi logika dan rasional. Belahan otak kanan berfungsi untuk berpikir holistik, spasial, perasaan, emosi metamorphic, dan lebih banyak mengetahui sesuatu secara intuitif, elaborasi, dan variabel yangbterkait dengan dimensi humanistik.
Lateralisasi pertama kali diajukan oleh Roger Wolcott Sperry (1913-1994). Ia adalah neuropsikolog yang menemukan bahwa otak manusia terdiri atas dua bagian, memiliki fungsi yang terspesialisasi di sisi kiri dan kanan, dan kedua sisi tersebut dapat berfungsi praktis tanpa bergantung satu sama lain (Sousa, 2012).
Dari penelitian Samples (Clark B., 1983), ternyata bila proses dan fungsi belahan otak kanan tertingkatkan, harga diri seseorang meningkat dan berbagai kemampuan bertambah. Dengan meningkatnya proses dan fungsi otak kanan, peserta didik memperlihatkan kecenderungan menjelajahi materi berbagai bidang dengan lebih mendalam dan tekun.
A.        Sel Neuron
Keterbakatan dan kecerdasan banyak ditentukan oleh struktu otak. Pada setiap bagian otak, terdapat jutaan neuron yang saing terhubung lewat sinapsis. Anak-anak memiliki 10 quadrillion. Jumlah ini berkurang seiring bertambahnya usia. Orang dewasa memiliki 1 sampai 5 quadrillion sinapsis. Sinapsis adalah titik temu antara terminal akson salah satu neuron dengan neuron lain. Semakin banyak sinapsis antar neuron akan memampukan kompleksitas kemampuan berpikir manusia.
B.        Kerusakan Otak
Beberapa penyebab penyimpangan kerja otak dipengaruhi oleh rusaknya otak secara fungsional.
1)      Alzhemeir disease adalah kerusakan otak yang menyebabkan keadaan sering lupa, kesulitan menguang sesuatu, dan bingung. Alzhemeir menyebabkan deficit kognisi seperti Bahasa, kesulitan mengenali objek, dan kesulitan penataan tugas.
2)      Demensia adalah istilah yang digunakan untuk menjelaskan penurunan fungsi yang disebabkan oleh kelainan yang terjadi pada otak. Demensia bukanlah penyakit ataupun sindrom. Gejala demensia adalah pikun, walaupun pikun itu sendiri belum tentu mengindikasikan terjadinya demensia. Orang-orang yang menderita demensia sering tidak dapat berpikir dengan baik dan akibatnya ia tidak dapat beraktivitas dengan baik. Lambat laun mereka kehilangan kemampuan untuk menyelesaikan permasalahn dan menjadi emosional, bahkan sering tidak terkendali.

sumber:
Tung, K., Y. 2015. Pembelajaran dan Perkembangan Belajar. Jakarta: Indeks.

Model Otak Triune 4.5 5 Kuingin Baca Saturday, December 24, 2016 Model Otak Triune Model Otak Triune - Pada tahun 1969 Paul MacLean mengajukan model otak triune (Connell, 2005, hlm. 18-19). Model ini terdiri dari tig...


No comments:

Post a Comment

Kami mengharapkan saran maupun kritik yang membangun blog kami. Dilarang SARA dan kata-kata yang tidak pantas :)

Kuingin Baca