• About
  • Contact
  • Submit Article

Sales Executive Sebagai Karier Pekerjaan

 on Saturday, December 10, 2016  

Sales Executive Sebagai Karier Pekerjaan



A      Jenjang Karier Pekerjaan Seorang Sales Executive
1     Peranan Sales Dalam Dunia Bisnis
Sales Executives adalah pekerjaan yang menjanjikan terutama bagi para executives muda dan pemula yang berbakat dan ingin maju dalam karier pekerjaanya. Mereka merupakan ujung tombak bagi para produsen untuk mendistribusikan barang dan jasa yang dihasilkan oleh para produsen.
Sales Executive memiliki tugas dalam setiap proses menyajikan produk siap pakai untuk para konsumen, mulai dari tahap penjualan bahan baku dan bahan pembatu kepada para produsen barang jadi. Kemudian proses penjualan barang jadi dari produsen kepada distributor kemudian kepada konsumen akhir. Kegiatan Sales Executive inilah yang memungkinkan ratusan juta konsumen dapat dengan mudah membeli berbagai macam barang dan jasa yang mereka butuhkan setiap saaat.

2     Ciri Khusus Karier Pekerjaan Sales Executive
Profesi sebagai sales executive memiliki ciri-ciri khusus yang sering kali tidak terdapat pada kebanyakan jenis pekerjaan yang lain. Sales Executive memperoleh komponen balas jasa finansial dari perusahaan yang terdiri dari komponen tetap, yaitu gaji dan jaminan sosial standar serta komponen variable, yaitu komisi penjualan, bonus, dan lain sebagainya. Jumlah komisi atau bonus penjualan yang dapat diterima setiap Sales Execituves biasanya ditentukan sebesar presentase tertentu dari jumlah produk yang dapat dijualnya setiap masa tertentu.
Ciri khusus lainnya adalah, apabila seorang Sales Executive tidak dapat mengelolanya dengan baik, dapat membawa dampak yang kurang menyenangkan bagi keluarga Sales Executive yang bersangkutan, karena sebagian besar waktu kerjanya adalah mengunjungi calon pembeli, baik di dalam maupun luar kota untuk mengejar target jumlah penjualan.
Ciri lainnya adalah pekerjaan Sales Executive adalah bercorak liat. Setiap hari mereka harus bersaing dengan Sales Executive perusahaan lain.

B       Penugasan Di Tiga Bidang Usaha Utama
Sales Executive ditugaskan dalam tiga bidang utama yaitu bidang industri (Industrial Salesmanship), perdagangan (Merchant Salesmanship) dan konsumsi langsung (Consumer Salesmanship).
1        Industrial Salesmanship
Sales Executive yang ditugaskan dalam bidang industrial salesmanship menjual produk mereka kepada perusahaan industrial dan komersial, biasanya merupkan produk bahan baku produksi
Sales Executive yang bekerja dalam bidang bidang industrial salesmanship dapat dibedakan lagi menjadi tiga yaitu
a  General  Industrial Sales Executive
Adalah Sales Executive yang dapat bekerja pada produsen manufaktur, pedagang besar, pialang atau agen produsen. Tergantung pada produk yang ditanganinya. Walaupun jumlah penjualan perusahaan yang dapat dikunjungi oleh Sales Executive  relatif sedikit namun nilai produk yang dapat dijual relatif besar.
Motivasi yang mendominisi keputusan pembelian konsumen adalah motivasi pembelian rasional, dibutuhkan kesabaran Sales Executive untuk melakukan negosiasi dengan calon pembeli. Sales Executive yang memiliki posisi sebagai  General  Industrial Sales Executive dituntut memiliki ambisi tinggi untuk berhasil, dewasa, cepat tanggap, cerdas dan berdikari.

b  Sales Engineer
Bentuk tugasnya hampir sama dengan General  Industrial Sales Executive. Perbedaanya berada pada produk yang ditawarkan lebih spesifik. Sales Engineer harus memiliki pengetahuan yang spesifik terhadap produk. Harus mampu bertindak sebagai mitra diskusi calon pembeli yang akan merenovasi atau merevisi fasilitas perusahaanya atau memperluas  proyeknya. Selain itu juga dituntut untuk dapat menyelesaikan masalah dari konsumen dan selalu siap untuk mengajarkan cara memakai produk yang ditawarkan
Sales Engineer dituntut penuh antusiasme pandai berbicara dan meyakinkan orang serta tanggap pada situasi. Kualifikasi ini dibutuhkan karena produk yang dijual Sales Engineer dikategorikan pada produk yang paling sulit.

c   Service Sales Executives
Syarat sebagai Service Sales Executives adalah mereka mempunyai latar belakang pendidikan dan pengalaman teknis yang cukup. Tugas utama mereka adalah menjual barang kemudian memberikan layanan purna jual, misalnya mereparasi produk setiap terjadi kerusakan. Oleh karena bertugas memberikan layanan purna jual mereka harus menguasai pengetahuan tentang produk yang mereka jual secara rinci. Apabila diperlukan mereka harus dapat membongkar pasang produk yang mereka jual tersebut dengan baik.
Service Sales Executives juga harus mampu meyakinkan para calon pembeli untuk mengganti produk lama dengan yang baru pada saat diperlukan. Kejujuran, tanggung jawab, keramahan dan kemampuan  sangat diperlukan sebagai seorang Service Sales Executives .
2        Merchant Salesmanship
Merchant Sales Executives menjual produk perusahaannya kepada para distributor (agen tunggal pedagang besar, grosir maupun pedagang eceran). Mereka tidak akan mempergunakan produk yang mereka beli dari Merchant Sales Executives untuk keperluannya sendiri, melainkan untuk dijual kembali. Merchant Sales Executives dikelompokkna menjad empat, yaitu:
a  Pioneer Sales Executives
Tugasnya adalah menjadi pionir dalam penjualan produk. Mereka diterjunkan ke daerah-daerah pemasaran baru yang sebelumnya belum pernah digarap Sales Executives perusahaannya. Pioneer Sales Executives juga dipekerjakan oleh perusahaan-perusahaan baru untuk membuka pasar baru produk yang mereka hasilkan. Baik untuk membuka daerah pemasaran baru maupun untuk memperkenalkan produk baru ke pasar, tugas utama pioneer Sales Executives adalah meyakinkan para agen tunggal, pedagang besar, grosir dan pedagang eceran agar mereka membeli produk yang mereka tawarkan dan menjualnya kembali secara menguntungkan. Seorang pioneer harus selalu berpola fikir positif, imajinatif dan berfikir cepat. Mereka harus dapat berbicara dengan lancar dan penuh percaya diri pada saat menyakinkan distributor

b  Dealer Service Sales Executives
Tugas utamanya adalah melanjutkan tugas Pioneer Sales Executives, setelah pioneer mendapatkan order pembelian produk yang pertama kali di distributor, mereka akan menyerahkan distributor tersebut kepada Dealer Service Sales Executives yang untuk selanjutnya secara periodik dikunjungi. Tujuan utama kunjungan tersebut adalah mendapatkan pesanan pembelian produk secara konstan.
Dealer Service Sales Executives harus mampu membantu para distributor meningkatkan jumlah pesanan pembelian dan keuntungan mereka. Mereka harus selalu tampil prima karena setiap hari harus mengunjungi para pelanggan. Mereka harus mempunyai kepribadian yang hangat, ramah dan bersahabat sehingga pelanggan selalu bersedia bertemu dan berbincang-bincang dengan mereka.

c         Wholesale Sales Executives
Wholesale Sales Executive bertugas mewakili beberapa produsen dan memperdagangkan berbagai macam jenis dan merk produk. Wholesale Sales Executive biasanya memperdagangankan puluhan bahkan ratusan jenis produk dari berbagai macam merk. Oleh karena itu, dalam setiap kali kunjungan kepada para pedagang, mereka hanya membawa katalog, daftar harga dan kalau perlu contoh produk yang diperdagangkan.

d        Detail Sales Executives
Tugas utama Detail Sales Executive bukan menjual produk, melainkan mempromosikan produk. Detail Sales Executive harus menguasai pengetahuan tentang produk yang mereka promosikan secara lengkap dan rinci. Detail Sales Executive mempromosikan produk mereka kepada orang-orang yang ahli dalam produk tersebut. Detail Sales Executive harus dapat bercakap secara diplomatis, jujur dan dapat memancarkan citra perushaan yang diwakilinya secara benar.

3        Consumer Salesmanship
Para Consumer Sales Executives memperdagangkan barang atau jasa kepada pembeli perorangan, yang selanjutnya akan mempergunakan barang atau jasa itu untuk memenuhi kebutuhan atau keinginan pribadi mereka. Motivasi pembelian mereka kombinasi antara motivasi emosional dan rasional.
Semakin tinggi dan merata pendapatan penduduk suatu Negara akan semakin luas daerah pemasarannya. Jumlah rumah tangga yang mempunyai potensi didatangi Sales Executives dirumah atau di kantor untuk ditawari barang atau jasa konsumtif. Disamping itu, jumlah penduduk yang datang berbelanja ke pedagang eceran juga semakin bertambah.
Costumer Sales Executive dibedakan menjadi empat, yaitu:
a  Retail (Counter) Sales Executives
Dalam retail salesmanship, pembeli mendatangi produsen atau pedagang.. Walaupun pembeli mendatangi mereka, tetap saja prinsip dasar dalam salesmanship tidak boleh diabaikan pada retail salesmanship. Mereka harus pandai menyapa calon pembeli, mendengarkan dengan sabar perbincangan mereka, dan bisa menebak motivasi pembelian produknya. Retail Salesmanship harus pandai menjawab segala pertanyaan dari pembeli potensial terhadap produk secara memuaskan serta menghimbau mereka untuk berbelanja lebih banyak lagi.

b  Speciality Sales Executives
Tugas Speciality Sales Executives adalah menjual barang dan jasa tertentu pada satu kelompok konsumen akhir tertentu secara langsung di rumah atau kantor mereka. Speciality Sales Executives harus mampu bekerja ekstra keras, penuh antusiasme, energik, ambisius dan ramah. Hal itu dibutuhkan karena mereka harus bepergian terus menerus dari satu tempat ke tempat yang lain menemui beraneka ragam calon pembeli.
Mereka perlu menguasai tentang produk yang ditawarkan secara rinci. Speciality Sales Executives dapat bekerja untuk produsen produk yang mereka perdagangkan, perusahaan jasa seperti asuransi jiwa atau bank umum maupun perusahaan pemegang franchise produk misalnya majalah eksklusif luar negeri.

c   Door  To Door Sales Executives
Kelompok Consumer Sales Executives yang satu ini mengunjungi para calon pembeli dari rumah ke rumah tanpa perjanjian sebelumnya. Jenis produk yang mereka perdagangkan relatif tidak mahal harganya, misalnya mesin pengisap debu, mesin cuci, voucher langganan di rumah makan, dll. Pekerjaan door to door Sales Executives tidak mudah, biasanya mereka menerima balas jasa dalam bentuk komisi dengan presentase tertentu dari jumlah penjualan yang dicapai. Di banyak Negara tugas sales ini banyak dilakukan oleh para mahasiswa untuk megisi liburan panjang mereka.

d  Route Sales Executives
Tugas utama Route Sales Executive adalah mengirimkan barang-barang pesanan kepada pelanggan tetap, misalnya pelanggan koran, susu, dll sekaligus menjajakan produk lain yang diproduksi oleh perusahaan yang sama.
Tujuan route sales executives menjajakan produk lain adalah memberi kesempatan kepada para pelanggan untuk berbelanja produk lain yang mereka butuhkan atau inginkan. Dengan demikian mereka juga mendapatkan kesempatan menjual produk lebih banyak. Disamping itu mereka mencoba mencari pelanggan baru pada jalur perjalanan yang mereka lewati sehari-hari.

Sales Executive Sebagai Karier Pekerjaan 4.5 5 Kuingin Baca Saturday, December 10, 2016 Sales Executive Sebagai Karier Pekerjaan Sales Executive Sebagai Karier Pekerjaan A       Jenjang Karier Pekerjaan Seorang Sales Executive 1      Peranan Sales Dalam Dunia ...


No comments:

Post a Comment

Kami mengharapkan saran maupun kritik yang membangun blog kami. Dilarang SARA dan kata-kata yang tidak pantas :)

Kuingin Baca