Sales Executive Sebagai Karier Pekerjaan
A
Jenjang Karier Pekerjaan
Seorang Sales Executive
1 Peranan Sales Dalam Dunia
Bisnis
Sales Executives
adalah pekerjaan yang menjanjikan terutama bagi para executives muda dan pemula
yang berbakat dan ingin maju dalam karier pekerjaanya. Mereka merupakan ujung
tombak bagi para produsen untuk mendistribusikan barang dan jasa yang
dihasilkan oleh para produsen.
Sales Executive
memiliki tugas dalam setiap proses menyajikan produk siap pakai untuk para
konsumen, mulai dari tahap penjualan bahan baku dan bahan pembatu kepada para
produsen barang jadi. Kemudian proses penjualan barang jadi dari produsen
kepada distributor kemudian kepada konsumen akhir. Kegiatan Sales Executive
inilah yang memungkinkan ratusan juta konsumen dapat dengan mudah membeli
berbagai macam barang dan jasa yang mereka butuhkan setiap saaat.
2 Ciri Khusus Karier
Pekerjaan Sales Executive
Profesi sebagai
sales executive memiliki ciri-ciri khusus yang sering kali tidak terdapat pada
kebanyakan jenis pekerjaan yang lain. Sales Executive memperoleh komponen balas
jasa finansial dari perusahaan yang terdiri dari komponen tetap, yaitu gaji dan
jaminan sosial standar serta komponen variable, yaitu komisi penjualan, bonus,
dan lain sebagainya. Jumlah komisi atau bonus penjualan yang dapat diterima
setiap Sales Execituves biasanya ditentukan sebesar presentase tertentu dari
jumlah produk yang dapat dijualnya setiap masa tertentu.
Ciri khusus
lainnya adalah, apabila seorang Sales Executive tidak dapat mengelolanya dengan
baik, dapat membawa dampak yang kurang menyenangkan bagi keluarga Sales
Executive yang bersangkutan, karena sebagian besar waktu kerjanya adalah
mengunjungi calon pembeli, baik di dalam maupun luar kota untuk mengejar target
jumlah penjualan.
Ciri lainnya
adalah pekerjaan Sales Executive adalah bercorak liat. Setiap hari mereka harus
bersaing dengan Sales Executive perusahaan lain.
B
Penugasan Di Tiga Bidang
Usaha Utama
Sales
Executive ditugaskan dalam tiga bidang utama yaitu bidang industri (Industrial Salesmanship), perdagangan (Merchant Salesmanship) dan konsumsi
langsung (Consumer Salesmanship).
1
Industrial
Salesmanship
Sales
Executive yang ditugaskan dalam bidang industrial salesmanship menjual produk
mereka kepada perusahaan industrial dan komersial, biasanya merupkan produk
bahan baku produksi
Sales
Executive yang bekerja dalam bidang bidang industrial salesmanship dapat
dibedakan lagi menjadi tiga yaitu
a
General Industrial Sales Executive
Adalah
Sales Executive yang dapat bekerja pada produsen manufaktur, pedagang besar,
pialang atau agen produsen. Tergantung pada produk yang ditanganinya. Walaupun
jumlah penjualan perusahaan yang dapat dikunjungi oleh Sales Executive relatif sedikit namun nilai produk yang dapat
dijual relatif besar.
Motivasi
yang mendominisi keputusan pembelian konsumen adalah motivasi pembelian
rasional, dibutuhkan kesabaran Sales Executive untuk melakukan negosiasi dengan
calon pembeli. Sales Executive yang memiliki posisi sebagai General
Industrial Sales Executive dituntut memiliki ambisi tinggi untuk
berhasil, dewasa, cepat tanggap, cerdas dan berdikari.
b Sales Engineer
Bentuk tugasnya hampir
sama dengan General Industrial Sales
Executive. Perbedaanya berada pada produk yang ditawarkan lebih spesifik. Sales
Engineer harus memiliki pengetahuan yang spesifik terhadap produk. Harus mampu
bertindak sebagai mitra diskusi calon pembeli yang akan merenovasi atau
merevisi fasilitas perusahaanya atau memperluas
proyeknya. Selain itu juga dituntut untuk dapat menyelesaikan masalah
dari konsumen dan selalu siap untuk mengajarkan cara memakai produk yang
ditawarkan
Sales
Engineer dituntut penuh antusiasme pandai berbicara dan meyakinkan orang serta
tanggap pada situasi. Kualifikasi ini dibutuhkan karena produk yang dijual
Sales Engineer dikategorikan pada produk yang paling sulit.
c Service Sales Executives
Syarat sebagai Service Sales Executives
adalah mereka mempunyai latar belakang pendidikan dan pengalaman teknis yang
cukup. Tugas utama mereka adalah menjual barang kemudian memberikan layanan
purna jual, misalnya mereparasi produk setiap terjadi kerusakan. Oleh karena
bertugas memberikan layanan purna jual mereka harus menguasai pengetahuan
tentang produk yang mereka jual secara rinci. Apabila diperlukan mereka harus
dapat membongkar pasang produk yang mereka jual tersebut dengan baik.
Service Sales Executives juga harus mampu
meyakinkan para calon pembeli untuk mengganti produk lama dengan yang baru pada
saat diperlukan. Kejujuran, tanggung jawab, keramahan dan kemampuan sangat diperlukan sebagai seorang Service Sales
Executives .
2
Merchant
Salesmanship
Merchant Sales
Executives menjual produk perusahaannya kepada para distributor (agen tunggal
pedagang besar, grosir maupun pedagang eceran). Mereka tidak akan mempergunakan
produk yang mereka beli dari Merchant Sales Executives untuk keperluannya
sendiri, melainkan untuk dijual kembali. Merchant Sales Executives
dikelompokkna menjad empat, yaitu:
a Pioneer Sales Executives
Tugasnya
adalah menjadi pionir dalam penjualan produk. Mereka diterjunkan ke
daerah-daerah pemasaran baru yang sebelumnya belum pernah digarap Sales
Executives perusahaannya. Pioneer Sales Executives juga dipekerjakan oleh
perusahaan-perusahaan baru untuk membuka pasar baru produk yang mereka
hasilkan. Baik untuk membuka daerah pemasaran baru maupun untuk memperkenalkan
produk baru ke pasar, tugas utama pioneer Sales Executives adalah meyakinkan
para agen tunggal, pedagang besar, grosir dan pedagang eceran agar mereka membeli
produk yang mereka tawarkan dan menjualnya kembali secara menguntungkan.
Seorang pioneer harus selalu berpola fikir positif, imajinatif dan berfikir
cepat. Mereka harus dapat berbicara dengan lancar dan penuh percaya diri pada
saat menyakinkan distributor
b Dealer Service Sales
Executives
Tugas
utamanya adalah melanjutkan tugas Pioneer Sales Executives, setelah pioneer
mendapatkan order pembelian produk yang pertama kali di distributor, mereka
akan menyerahkan distributor tersebut kepada Dealer Service Sales Executives
yang untuk selanjutnya secara periodik dikunjungi. Tujuan utama kunjungan
tersebut adalah mendapatkan pesanan pembelian produk secara konstan.
Dealer
Service Sales Executives harus mampu membantu para distributor meningkatkan
jumlah pesanan pembelian dan keuntungan mereka. Mereka harus selalu tampil
prima karena setiap hari harus mengunjungi para pelanggan. Mereka harus
mempunyai kepribadian yang hangat, ramah dan bersahabat sehingga pelanggan
selalu bersedia bertemu dan berbincang-bincang dengan mereka.
c
Wholesale
Sales Executives
Wholesale Sales Executive
bertugas mewakili beberapa produsen dan memperdagangkan berbagai macam jenis
dan merk produk. Wholesale Sales Executive biasanya memperdagangankan puluhan
bahkan ratusan jenis produk dari berbagai macam merk. Oleh karena itu, dalam
setiap kali kunjungan kepada para pedagang, mereka hanya membawa katalog,
daftar harga dan kalau perlu contoh produk yang diperdagangkan.
d
Detail
Sales Executives
Tugas utama Detail Sales
Executive bukan menjual produk, melainkan mempromosikan produk. Detail Sales
Executive harus menguasai pengetahuan tentang produk yang mereka promosikan
secara lengkap dan rinci. Detail Sales Executive mempromosikan produk mereka
kepada orang-orang yang ahli dalam produk tersebut. Detail Sales Executive
harus dapat bercakap secara diplomatis, jujur dan dapat memancarkan citra
perushaan yang diwakilinya secara benar.
3
Consumer
Salesmanship
Para
Consumer Sales Executives memperdagangkan barang atau jasa kepada pembeli
perorangan, yang selanjutnya akan mempergunakan barang atau jasa itu untuk
memenuhi kebutuhan atau keinginan pribadi mereka. Motivasi pembelian mereka
kombinasi antara motivasi emosional dan rasional.
Semakin
tinggi dan merata pendapatan penduduk suatu Negara akan semakin luas daerah
pemasarannya. Jumlah rumah tangga yang mempunyai potensi didatangi Sales
Executives dirumah atau di kantor untuk ditawari barang atau jasa konsumtif.
Disamping itu, jumlah penduduk yang datang berbelanja ke pedagang eceran juga
semakin bertambah.
Costumer
Sales Executive dibedakan menjadi empat, yaitu:
a Retail (Counter) Sales
Executives
Dalam
retail salesmanship, pembeli mendatangi produsen atau pedagang.. Walaupun
pembeli mendatangi mereka, tetap saja prinsip dasar dalam salesmanship tidak boleh
diabaikan pada retail salesmanship. Mereka harus pandai menyapa calon pembeli,
mendengarkan dengan sabar perbincangan mereka, dan bisa menebak motivasi
pembelian produknya. Retail Salesmanship harus pandai menjawab segala pertanyaan
dari pembeli potensial terhadap produk secara memuaskan serta menghimbau mereka
untuk berbelanja lebih banyak lagi.
b Speciality Sales
Executives
Tugas
Speciality Sales Executives adalah menjual barang dan jasa tertentu pada satu
kelompok konsumen akhir tertentu secara langsung di rumah atau kantor mereka.
Speciality Sales Executives harus mampu bekerja ekstra keras, penuh antusiasme,
energik, ambisius dan ramah. Hal itu dibutuhkan karena mereka harus bepergian
terus menerus dari satu tempat ke tempat yang lain menemui beraneka ragam calon
pembeli.
Mereka
perlu menguasai tentang produk yang ditawarkan secara rinci. Speciality Sales
Executives dapat bekerja untuk produsen produk yang mereka perdagangkan,
perusahaan jasa seperti asuransi jiwa atau bank umum maupun perusahaan pemegang
franchise produk misalnya majalah eksklusif luar negeri.
c
Door To Door Sales Executives
Kelompok
Consumer Sales Executives yang satu ini mengunjungi para calon pembeli dari
rumah ke rumah tanpa perjanjian sebelumnya. Jenis produk yang mereka perdagangkan
relatif tidak mahal harganya, misalnya mesin pengisap debu, mesin cuci, voucher
langganan di rumah makan, dll. Pekerjaan door to door Sales Executives tidak
mudah, biasanya mereka menerima balas jasa dalam bentuk komisi dengan
presentase tertentu dari jumlah penjualan yang dicapai. Di banyak Negara tugas
sales ini banyak dilakukan oleh para mahasiswa untuk megisi liburan panjang
mereka.
d Route Sales Executives
Tugas
utama Route Sales Executive adalah mengirimkan barang-barang pesanan kepada
pelanggan tetap, misalnya pelanggan koran, susu, dll sekaligus menjajakan
produk lain yang diproduksi oleh perusahaan yang sama.
Tujuan
route sales executives menjajakan produk lain adalah memberi kesempatan kepada
para pelanggan untuk berbelanja produk lain yang mereka butuhkan atau inginkan.
Dengan demikian mereka juga mendapatkan kesempatan menjual produk lebih banyak.
Disamping itu mereka mencoba mencari pelanggan baru pada jalur perjalanan yang
mereka lewati sehari-hari.
No comments:
Post a Comment
Kami mengharapkan saran maupun kritik yang membangun blog kami. Dilarang SARA dan kata-kata yang tidak pantas :)