Pengertian Riset Pemasaran - Riset pemasaran mulai berkembang secara nyata ketika
suatu perusahaan menyadari bahwaperusahaan tersebut tidak dapat lagi menjual
seluruh produk yang diproduksi tanpa mengukur kebutuhan pasar dan menyesuikan
produksi dengan kebutuhan tersebut. Riset pemasaran memberikan informasi yang
berguna bagi perusahaan dalam semua aktivitas pemasaran. Pada bagian ini, riset
pemasaran dijelaskan dalam dua bagian : (1) riset yang didesain untuk
mengidentifikasikan kebutuhan dan (2) riset yang didesain untuk memenuhi
kebutuhan.
Riset pemasaran adalah fungsi yang menghubungkan
konsumen dengan pemasar melalui informasi. Informasi itu digunakan untuk :
1.
Mengidentifikasikan
dan mendefiniskan masalah-masalah pemasaran.
2.
Menghasilkan,
menyaring, dan mengevaluasi kegiatan atau aktivitas pemasaran.
3.
Memonitor konerja
pemasaran.
4.
Meningkatkan
pemahaman pemasaran sebagai suatu proses.
Jadi, riset pemasaran berhubungan dengan sistematika
dan identifikasi kebutuhan. Pengumpulan data serta analisis disemenasi, dan
pemanfaatan informasi yang dilakukan dalam pengambilan keputusan yang
berhubungan dengan pemenuhan kebutuhan (dikenal sebagai peluang) dalam
pemasaran.
Riset pemasran adalah sistematis, yang
bisa berarti riset mengikuti arah yang diprediksi. Proyek riset pemasran
merupakan kegiatan yang dirancang dan didokumentasikan, memiliki dasar metode
ilmiah yang berupa pengumpulan dan analisis data untuk menarik kesimpulan.
Riset pemasaran memiliki arti penting dari objektivitas hasil risetnya yang
dilakukan secara menyeluruh, bebas dari pengaruh personal atau bias politik.
Seluruh spektrum aktivitas riset pemasaran
melibatkan spesialis riset pemasaran serta konsultan, agen-agen pemerintah, dan
universitas. Spesialis riset pemasaran misalnya agen iklan yang melakukan riset
pemasaran bagi klien mereka untuk menentukan potensi pasar produk baru yang
diusulkan atau pangsa pasar klien mereka. Aktivitas riset pemasaran yang
melibatkan agen pemerintah mislalnya menyediakan informasi pemasaran dalam
bentuk publikasi statiskit melalui berbagai sensus dan publikasi lainnya. Riset
yang disponsori universitas untuk kepentingan para pemasar dilakukan oleh
bagian pemasaran. Hasil riset yang dilakukan seringkali dilaporkan dalam jurnal
ekonomi atau dipublikasikan dalam bentuk monograf atas berbagai topik
kepentingan.