• About
  • Contact
  • Submit Article

Pengertian Teknologi Pendidikan

 on Tuesday, September 20, 2016  

Pengertian Teknologi Pendidikan - Teknologi itu sendiri merupakan suatu keseluruhan sistem untuk mengelola hasil hingga terdapat nilai tambah (Yusufhadi Miarso, 1984). Dengan demikian teknologi dapat diartikan sebagai cara sistematis dalam merancang, mengembangkan, memanfaatkan, mengelola, mengevaluasi proses-proses dan sumber-sumber untuk belajar (Richey & Seels, 1994).
            Dalam teknologi pendidikan, unsur intinya adalah “belajar” dan “sumber-sumber” untuk keperluan belajar itu. Namun dua unsur tersebut belum menjamin adanya teknologi pedidikan. Masih diperlukan unsur lain yaitu, dipakainya “pendekatan sistem” dan adanya “pengelolaan” atas sebuah kegiatan. (Yusufhadi Miarso, 1984). Dengan mengutamakan masalah belajar, maka dalam teknologi pendidikan, titik perhatan utama adalah peserta didik yang belajar, bukan alat atau bahannya. Bagaimana pendidik beruasaha agar peserta didik berinteraksi dengan sumber-sumber belajar, yang dikembangkan secara sistematik dan dikelola dengan baik.
            Definisi yang baru tentang teknologi pendidikan, dikemukakan oleh Januszewski & Molenda (2008), bahwa teknologi pendidikan merupakan suatu studi dan praktik etis yang memfasilitasi belajar dan meningkatkan kinerja dengan menciptakan, menggunakan, dan mengelola proses-proses dan sumber-sumber teknologi yang sesuai. Dalam definisi tersebut kata “memfasilitasi belajar” mengindikasikan bahwa tujuan utama teknologi pendidikan adalah membantu peserta didik belajar. Kata “memfasilitasi belajar” dalam rangka menekankan pengertian bahwa belajar dikontrol dan dilaksanakan sendiri oleh peserta didik. Guru dan perancang pembelajaran dapat memengaruhi belajar, tetapi pengaruh tersebut lebih menekankan memberikan fasilitas daripada penyebab terjadinya belajar.

            Teknologi itu sendiri tidak selalu meningkatkan kemampuan belajar peserta didik. Oleh karena itu, dibutuhkan kondisi lain untuk menciptakan lingkungan belajar yang dapat memfasilitasi proses belajar. Kondisi-kondisi itu antara lain, dukungan pimpinan sekolah, guru yang menguasai teknologi untuk pembelajaran, dtandar dan isi kurikulum, kesediaan sarana dan prasarana, penilaian yang efektif, serta peserta didik sebagai pembelajar yang aktif dan konstruktif.

Referensi: Anitah.

Pengertian Teknologi Pendidikan 4.5 5 Unknown Tuesday, September 20, 2016 Pengertian Teknologi Pendidikan Pengertian Teknologi Pendidikan - Teknologi itu sendiri merupakan suatu keseluruhan sistem untuk mengelola hasil hingga terdapat nilai ...


No comments:

Post a Comment

Kami mengharapkan saran maupun kritik yang membangun blog kami. Dilarang SARA dan kata-kata yang tidak pantas :)

Kuingin Baca