• About
  • Contact
  • Submit Article

Nama Domain

 on Saturday, September 10, 2016  

Domain name atau nama domain ibaratnya adalah alamat di internet. Contohnya google.com, indonesia.go.id, dan OLX.co.id. untuk mengakses website anda, orang harus tahu nama domain anda.
Secara teknis, nama domain berfungsi untuk mempermudah pengalamatan di internet, menggantikan alamat dalam bentuk deretan angka(disebut IP Adress) yang sulit diingat. Nama domain bersifat unik. Jadi, anda tidak bisa menggunakan nama domain facebook.com, karena sudah ada yang menggunakannya.
Nama domain gratis bisa anda peroleh dari layanan web hosting gratis atau layanan web blog gratis. Nama domain yang diberikan umumnya bukan nama domain utama, melainkan sub domain.
Nama Domain
Domain name
Domain gratis cocok untuk membuat website/blog persoal atau untuk keperluan belajar. Namun, susunan alamatnya yang panjang menjadikan website ini sulit dihapal orang dan berkesan tidak profesional. Contoh penyedia domain(plus hosting) gratis adalah 000webhost.com. sedangkan penyedia web blog gratis(doman, hosting, dan aplikasi web) antara lain WordPress.com dan blogger.com/blogspot.com.
Nama domain berbayar cocok bagi anda yang ingin membangun website profesional. Untuk memilikinya, anda harus melakukan registrasi dan membayar sewa domain per tahun, biayanya kurang lebih Rp 100.000/tahun.  Perolehannya dapat anda laukan melalui situs-situs layanan registrasi nama domain(disebut Registrar). Contohnya GoDaddy.com, Name.com, dan NameCheap.com.
Nama domain yang anda sewa ini disebut  Top Level Domain(TLD). Secara umum, ada 2 jenis nama doamin utama yang digunakan orang, yaitu gTLD dan ccTLD. Masing-masing dapat anda tengarai dari akhiran dot di susunan nama domain:
1.       Generic Top Level Domain(gTLD): merupakan domain utama, biasanya menggunakan kode akhiran tiga huruf. Kode awalnya untuk menunjukkanfungsi penggunannya, namun kini sebagian sudah tidak demikian, karena dapat dimiliki siapa saja tanpa sarat. Contohnya adalah .com(komersial), .net(institusi internet), dan .org(organisasi). Contoh yang masih terbatas kepemilikannya antara lain .mil(militer), .gov(pemerintahan), dan .edu(edukasi). Daftar gTLD selengkapnya ada di: en.wikipedia.org/wiki/Generic_code_top-level_domain.
2.       Country Code TLD(ccTLD): merupakan domain utama yang disediakan bagi negara-negara di dunia. Misalnya domain .id(Indonesia), .uk(Inggris), atau .jp(Jepang). Daftar ccTLD untuk tiap-tiap negara selengkapnya ada di: en.wikipedia.org/wiki/Country_code_top-level_domain.
Untuk Indonesia ccTLD .id dibagi sesuai fungsinya. Misalnya .co.id(perusahaan), .or.id(organisasi), dan .go.id(pemerintah). Untuk memiliki nama domai dengan ccTLD .id, syarat minimalnya dapat menyerahkan identitas diri yang menunjukkan bahwa anda merupakan WNI(KTP/SIM/PASPOR). Beberapa ccTLD .id mengahuraskan penyerahan bukti SIUP/TDP dan Akte Notaris. Daftar lengkap dan syarat pendaftaran ccTLD .id dapat dipeiksa di website Pandi.id.
Aturan dasar penggunaan nama domain untuk website anda:
1.       Huruf normal dan huruf kapital tidak dibedakan. Jadi KUINGINBACA.com sama dengan Kuinginbaca.com atau kuinginbaca.com.
2.       Hanya boleh menggunakan karakter alpha-numeric atau abjad, angka, serta tanda sambung minus. Tanda sambung hanya dipakai di tengah nama, tidak boleh dipakai di awal atau di akhir nama.
3.       Beberapa registrar tidak memperbolehkan penggunaan angka pada awal nama domain.
4.       Panjang maksimum nama domain adalah 63 karakter, tidak termasuk 4 karakter pada TLD(.com, .net, .id)
5.       Nama domain sebaiknya mudah diingat dan sependek mungkin.
6.       Nama domain sebaiknya nama perusahaan, nama jenis usaha, atau yang menggambarkan isi website anda.
7.       Akhiran .com lebih dikenal orang awam dibanding TLD yang lain. Sebaiknya menggunakan TLD .com.
8.       Menggunakan nama domain dengan keyword sesuai tema atau jenis usaha. Ini agar lebih optimal dalam mesin pencari. Misalnya beliponsel.com, jika orang mengetikkan keyword “beli ponsel”, kemungkinan besar website anda muncul di posisi teratas pencarian.
9.       Dalam dunia branding, disarankan menggunakan nama yang terdiri dari dua suku kata agar mudah diingat. Contohnya: goo|gle, blog|ger, you|tube.
10.   Hindari penggunaan huruf ganda di tengah nama domai untuk menghindari terjadinya kesalahan penulisan. Misalnya nama Toyibbank.com bisa diketik toyibank.com oleh konsumen anda.
11.   Hindari akhir nama domain yang menyerupai akhiran TLD. Hal ini untuk menghindarkan kesalahan penulisan. Contoh netnet.net bisa dibaca .net.
12.   Meskipun nama domain boleh menggunakan tanda sambung –(minus), sebaiknya hindari pemakainnya. Selain kurang bagus dari sisi branding, tanda sambung juga dapat membingungkan orang dengan nama domain yang mirip dan mesin pencari sering menganggap itu sebagai spam karena menggunakan tanda sambung.
Terakhir hak-hak yang perlu diketahui sebagai pemilik nama domain:
1.       Anda menjadi pemilik nama domain tersebut sepenuhnya.
2.       Segala informasi domain seperti nama pemilik, dan kontak pembayaran aka merujuk pada identitas diri anda atau perusahaan anda. Pastikan gunakan identitas anda atau orang kepercayaan anda dalam registrasi nama domain agar nantinya tidak menimbulkan masalah.
3.       Registrar ata penyedia layanan pendaftaran nama domain bukanlah pemegang hak kepemilikan nama domain. Mereka hanya membantu mendaftarkan nama domain. Mereka biasanya menyediakan fasilitas Domain Manager. Melaui fasilitas ini, anda bisa mengubah data anda sebagai pemilik, mengisikan data Name Server untuk mengarahkan domain ke web hosting anda, termasuk melakukan transfer domain.
4.       Anda bebas memindahkan pengelolaan domain anda antar registrar, istilahnya melakukan transfer domain. Anda cukup meminta kode otorisasi yang disebut EPP Code kepada registrar pertama, kemudian menyerahkannya kepada registrar kedua. Pahami hak ini, karena layanan hosting atau registrar kadang mempersulit anda karena tidak mau kehilangan konsumen.

5.       Anda bebas menjual atau mengalihkan hak kepemilikan domain ke orang lain. Pindah tangan domain aktif ini lazim disebut jual-beli domain. Manfaatkan layanan domain marketpace semacam sedo.com atau flippa.com untuk mencari pembeli.

Referensi: Rozi dan SmitDev Community

Nama Domain 4.5 5 Unknown Saturday, September 10, 2016 Nama Domain Domain name atau nama domain ibaratnya adalah alamat di internet. Contohnya google.com, indonesia.go.id, dan OLX.co.id. untuk mengakses w...


No comments:

Post a Comment

Kami mengharapkan saran maupun kritik yang membangun blog kami. Dilarang SARA dan kata-kata yang tidak pantas :)

Kuingin Baca