• About
  • Contact
  • Submit Article

Manajemen Pemasaran

 on Friday, September 16, 2016  

Manajemen Pemasaran adalah analisis, perencanaan, implementasi dan pengendalian program yang dirancang untuk menciptakan, membangun, dan mempertahankan pertukaran yang menguntungkan dengan target pembeli untuk mencapai sasaran organisasi.
Manajemen Pemasaran
BUY PRODUCT
Manajemen pemasaran termasuk menata olah permintaan, yang akhirnya termasuk menata olah hubungan dengan pelanggan. Singkat kata manajemen pemasaran adlah manajemen permintaan.
Macam-macam tingkat permintaan di antaranya sebagai berikut.
1.      Permintaan Negatif
Pasar dalam situasi permintaan negatif jika sebagian besar pasar tidak suka akan produk tertentu dan bahkan mau membayar asal terhindar dari produk tersebut.
2.      Tidak Ada Permintaan
Konsumen yang dituju mungkin tidak tertari atau tidak mengacuhkan produk tersebut.
3.      Permintaan Laten
Banyak konsumen yang memiliki kebutuhan, namun belum bisa dipenuhi oleh produk yang sudah ada.
4.      Permintaan Menurun
Setiap organisasi cepat atau lambat akan mengalami permintaan menurun untuk satu atau lebih produknya.
5.      Permintaan Tidak Teratur
Banyak organisasi yang permintaannya bervariasi sehingga menyebabkan masalah kelebihan atau kekurangan kapasitas.
6.      Permintaan Penuh
Organisasi menghadapi permintaan penuh kalau konsumen puas dengan volume usahanya.
7.      Permintaan Berlebih
Beberapa organisasi menghadapi lebih banyak permintaan daripada yang mereka mau dan mampu layani.
8.      Permintaan Produk Tidak Bermanfaat
Produk yang tidak bermanfaat akan mengundang usaha terorganisisr untuk mengurangi pemakaiannya.

Menata Hubungan dengan Pelanggan yang Menguntungkan
Permintaan yang diterima sebuah perusahaan datang dari dua kelompok, yaitu pelanggan baru dan pelanggan yang loyal. Menarik pelanggan baru merupakan tugas manajemen pemasaran yang penting. Akan tetapi, telah bergeser ke arah mempertahankan pelanggan yang sudah ada dan membina hubungan jangka panjang yang menguntungkan dengan mereka. Dalam hal ini, kita harus memahami filosofi manajemen pemasaran, yaitu sebagai berikut.
1.      Konsep Produksi
Falsafah bahwa konsumen akan menyukai produk yang tersedia dan harganya terjangkau. Dengan demikian manajemen harus berusaha keras untuk memperbaiki produksi dan efisiensi distribusi.

2.      Konsep Produk
Gagasan bahwa konsumen akan menyukai produk yang mempunyai mutu terbaik, kinerja terbaik dan sifat yang paling inovatif. Maka, organisasi harus mencurahkan energi untuk terus-menerus melakukan perbaiakn produk.
3.      Konsep Penjualan
Gagasan bahwa konsumen tidak akan membeli produk organisasi dalam jumlah yang cukup kecuali organisasi melakukan usaha penjualan dan promosi berskala besar.
4.      Konsep Pemasaran
Falsafah manajemen pemasaran yang berkeyakinan bahwa pencapaian sasaran organisasi bergantung pada penentuan kebutuhan dan keinginan pasar sasaran dan penyampaian kepuasan yang didambakan itu lebih efektif dan efisien daripada pesaing.

Tabel Perbedaan Konsep Penjualan dan Konsep Pemasaran
Titik Awal
Fokus
Cara
Tujuan
Pabrik
Produk
Penjualan dan Promosi
Laba melalui Volume Penjualan
(Konsep Penjualan)
Pasar Sasaran
Kebutuhan Pelanggan
Pemasaran Terpadu
Laba melalui Kepuasan Pelanggan
(Konsep Pemasaran)

5.      Konsep Pemasaran Berwawasan Sosial
Gagasan bahwa organisasi harus menentukan kebutuhan, keinginan, minat pasar sasaran dan penyampaian kepuasan yang didambakan itu lebih efektif dan efisien ketimbang pesaing dengan cara yang bersifat memelihara atau memperbaiki kesejahteraan konsumen dan masyarakat.
Tantangan pemasaran saat ini antara lain sebagai berikut.
a.       Pertumbuhan ekonomi nirlaba,
b.      Globalisasi yang cepat,
c.       Ekonomi dunia berubah,
d.      Himabuan untuk lebih beretika dan bertanggung jawab sosial,
e.       Wawasan pemasaran yang baru.

Referensi: Daryanto


sumber:
Daryanto. 2011. SARI KULIAH MANAJEMEN PEMASARAN. Bandung: PT. Sarana Tutorial Nurani Sejahtera.

Manajemen Pemasaran 4.5 5 Unknown Friday, September 16, 2016 Manajemen Pemasaran Manajemen Pemasaran adalah analisis, perencanaan, implementasi dan pengendalian program yang dirancang untuk menciptakan, membangun, dan ...


No comments:

Post a Comment

Kami mengharapkan saran maupun kritik yang membangun blog kami. Dilarang SARA dan kata-kata yang tidak pantas :)

Kuingin Baca