• About
  • Contact
  • Submit Article

Perspektif Pembelajaran yang Sukses

 on Saturday, September 24, 2016  

Smith dan Ragan(2003) mengemukakan beberapa indikator yang dpaat digunakan untuk menentukan keberhasilan proses pembelajaran. Faktor-faktor tersebut adalah efektif, efisien, dan menarik. Pembelajaran yang efektif adlah pembelajaran yang mampu membawa siswa mencapai tujuan pembelajaran atau kompetensi yang diharapkan. Sedangkan makna dari pembelajaran yang efisien adalah aktivitas pembelajaran yang berlangsung menggunakan waktu dan sumber daya yang relatif sedikit. Pembelajaran perlu diciptakan menjadi peristiwa yang menarik agar mampu meningkatkan minat dan motivasi belajar siswa.

Pandangan lain yang dikemukakan oleh Heinich dan kawan-kawan(2005) bahwa persepktif pembelajaran sukses terdiri atas beberapa kriteria.
     1.       Peran aktif siswa(active participation)
                Proses belajar akan berlangsung efektif jika siswa terlibat aktif dalam tugas-tugas yang bermakna, dan berinteraksi dengan materi pelajaran secara intensif. Keterlibatan mental siswa dalam melakukan proses belajar akan memperbesar kemungkinan terjadinya proses belajar dalam diri seseorang.
      2.       Latihan(practice)
            Latihan yang dilakukan dalam berbagai konteks dapat memperbaiki tingkat daya ingat atau retensi. Latihan juga dapat memperbaiki kemampuan siswa untuk mengaplikasikan pengetahuan dan keterampilan yang baru dipelajari.
      3.       Perbedaan individual(individual defferences)
              Setiap individu memiliki potensi berbeda dan perlu dikembangkan secara optimal. Dalam hal ini, tugas guru atau instruktur adalah mengembangkan potensi yang dimiliki individu seoptimal mungkin melalui proses pembelajaran yang berkualitas.
      4.       Umpan balik(feedback)
Umpan balik sangat diperlukan oleh siswa untuk mengetahui kemampuan dalam memeplajari materi pelajaran dengan benar. Umpan balik dapat diberikan dalam bentuk pengetahuan tentang hasil belajar(learning outcomes) yang dicapai oleh siswa setelah menempuh program dak aktivitas pembelajaran. 5.    Konteks nyata(realistic context)
Siswa perlu mempelajari materi pelajaran yang berisi pengetahuan dan kemampuan yang dapat diterapkan dalam kenyataan. Siswa mengetahui kegunaan pengetahuan dan keterampilan yang dipelajari akan memiliki motivasi tinggi untuk mencapai tujuan pembelajaran. 
6.  Interaksi sosial(social interaction)

Interaksi sosial sangat diperlukan oleh siswa agar dapat memperoleh dukungan sosial dalam belajar. Interaksi yang berkesinambungan dengan sejawat atau sesama siswa akan memungkinkan siwa untuk melakukan konfirmasi terhadap pengetahuan dan keterampilan yang sedang dipelajari.

Referensi: Pribadi

Perspektif Pembelajaran yang Sukses 4.5 5 Unknown Saturday, September 24, 2016 Perspektif Pembelajaran yang Sukses Smith dan Ragan(2003) mengemukakan beberapa indikator yang dpaat digunakan untuk menentukan keberhasilan proses pembelajaran. Faktor-fakto...


No comments:

Post a Comment

Kami mengharapkan saran maupun kritik yang membangun blog kami. Dilarang SARA dan kata-kata yang tidak pantas :)

Kuingin Baca