• About
  • Contact
  • Submit Article

Pengertian Riset Pemasaran

 on Wednesday, September 21, 2016  

Pengertian Riset Pemasaran - Riset pemasaran mulai berkembang secara nyata ketika suatu perusahaan menyadari bahwaperusahaan tersebut tidak dapat lagi menjual seluruh produk yang diproduksi tanpa mengukur kebutuhan pasar dan menyesuikan produksi dengan kebutuhan tersebut. Riset pemasaran memberikan informasi yang berguna bagi perusahaan dalam semua aktivitas pemasaran. Pada bagian ini, riset pemasaran dijelaskan dalam dua bagian : (1) riset yang didesain untuk mengidentifikasikan kebutuhan dan (2) riset yang didesain untuk memenuhi kebutuhan.
Riset pemasaran adalah fungsi yang menghubungkan konsumen dengan pemasar melalui informasi. Informasi itu digunakan untuk :
1.      Mengidentifikasikan dan mendefiniskan masalah-masalah pemasaran.
2.      Menghasilkan, menyaring, dan mengevaluasi kegiatan atau aktivitas pemasaran.
3.      Memonitor konerja pemasaran.
4.      Meningkatkan pemahaman pemasaran sebagai suatu proses.
Jadi, riset pemasaran berhubungan dengan sistematika dan identifikasi kebutuhan. Pengumpulan data serta analisis disemenasi, dan pemanfaatan informasi yang dilakukan dalam pengambilan keputusan yang berhubungan dengan pemenuhan kebutuhan (dikenal sebagai peluang) dalam pemasaran.

Pengertian Riset Pemasaran
Tahapan Riset Pemasaran
Riset pemasran adalah sistematis, yang bisa berarti riset mengikuti arah yang diprediksi. Proyek riset pemasran merupakan kegiatan yang dirancang dan didokumentasikan, memiliki dasar metode ilmiah yang berupa pengumpulan dan analisis data untuk menarik kesimpulan. Riset pemasaran memiliki arti penting dari objektivitas hasil risetnya yang dilakukan secara menyeluruh, bebas dari pengaruh personal atau bias politik.
Seluruh spektrum aktivitas riset pemasaran melibatkan spesialis riset pemasaran serta konsultan, agen-agen pemerintah, dan universitas. Spesialis riset pemasaran misalnya agen iklan yang melakukan riset pemasaran bagi klien mereka untuk menentukan potensi pasar produk baru yang diusulkan atau pangsa pasar klien mereka. Aktivitas riset pemasaran yang melibatkan agen pemerintah mislalnya menyediakan informasi pemasaran dalam bentuk publikasi statiskit melalui berbagai sensus dan publikasi lainnya. Riset yang disponsori universitas untuk kepentingan para pemasar dilakukan oleh bagian pemasaran. Hasil riset yang dilakukan seringkali dilaporkan dalam jurnal ekonomi atau dipublikasikan dalam bentuk monograf atas berbagai topik kepentingan.

Referensi: Wahdi

Pengertian Riset Pemasaran 4.5 5 Unknown Wednesday, September 21, 2016 Pengertian Riset Pemasaran Pengertian Riset Pemasaran - Riset pemasaran mulai berkembang secara nyata ketika suatu perusahaan menyadari bahwaperusahaan tersebut tid...


No comments:

Post a Comment

Kami mengharapkan saran maupun kritik yang membangun blog kami. Dilarang SARA dan kata-kata yang tidak pantas :)

Kuingin Baca