• About
  • Contact
  • Submit Article

Pengertian Belajar

 on Tuesday, September 13, 2016  


Pengertian Belajar - Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, secara etimologis belajar memilik arti “berusaha memeroleh kepandaian atau ilmu”. Definisi ini memiliki pengertian bahwa belajar adalah sebuah kegiatan untuk mencapai kepandaian atau ilmu. Di sini, usa
ha untuk mencapai kepandaian atau ilmu merupakan usaha manusia untuk memenuhi kebutuhannya mendpatkan ilmu atau kepandaian yang belum dipunyai sebelumnya. Sehingga dengan belajar itu manusia menjadi tahu, memahami, mengerti, dapat melaksanakan dan memiliki tentang sesuatu(Fudyartanto, 2002).
sumber: rumahbelajar.web.id
Sedangkan menurut Hilgrad dan Bower(Fudryartanto, 2002), belajar(to learn) memiliki arti: 1) gainto knowledge, cmprehension, or mastery of trough experience or study; 2) to fix in the mind or memory; memorize; 3)  to aqcuire trough experience; 4) to become in forme of to find out. Menurut definisi tersebut, belajar memiliki pengertian memperoleh pengetahuan atau menguasai pengethauan melalui pengalaman, mengingat, menguasai pengalaman, dan mendapatkan informasi atau menemukannya.
Definisi etimologis di atas mungkin singkat dan sederhana maka banyak ahli yang mengemukakan pendapatnya. Pertama, Cronbach(1954) mengatakan “Learning is shown by change in behavior as result of experience”. Belajar yang terbaik adalah melalui pengalaman. Sesuai dengan pendapat Spears(1955) yang menyatakan bahwa “Learning is to observe, to read, to imitate, to try something themselves, to listen, to follow direction.”.
Kedua, Morgan dan kawan-kawan(1986), menyatakan bahwa belajar adalah perubahan tingkah laku yang relatif tetap dan terjadi sebagai hasil latihan atau pengalaman. Pernyataan Morgan dan kawan-kawan selaras dengan pendapat para ahli yang menyatakan bahwa belajar merupakan proses yang menyebabkan perubahan tingkah laku yang disebabkan adanya reaksi terhadap suatu situasi tertentu atau adanya proses internal yang terjadi dalam diri seseorang. Yang dimaksud dengan perubahan internal yaitu dalam pemahaman, perilaku, persepsi, motivasi, atau gabungan dai semuanya.(Soekamtp & Winataputra, 1997).
Woolfolk(1995) juga menyatakan bahwa “learning occurs when experience causes a relatively permanent change in an individual’s knowledge or behavior’. Disengaja atau tidak, perubahan yang terjadi melalui proses belajar ini bisa saja ke arah yang lebih baik atau malah sebaliknya. Yang jelas, kualitas belajar seseorang ditentukan oleh pengalaman-pengalaman yang diperolehnya saat berinteraksi dengan lingkungan sekitarnya.
Belajar sebagai proses yang kompleks, juga dikemukakan oleh Gredler(2011) dalam bukunya Learning and Instruction: Teori dan Aplikasi. Ia menyatakan bahwa belajar(learning) adalah proses multisegi yang biasanya dianggap sesuatu yang biasa saja oleh individu sampai mereka mengalami kesulitan saat menghadapi tugas yang kompleks. Akan tetapi, kapasitas belajar ini menjadi karakteristik yang membedakan manusia dari makhluk lainnya. Hanya manusia yang memiliki otak untuk berkembang baik yang digunakan untuk melakukan tindakan yang memilki tujuan. Di antara kemampuan itu adalah mengidentifikasi objek, merancang tujuan, menyusun rencana, mengorganisasikan sumber daya, dan memonitor konsekuensi.

Referensi: Baharuddin.

Pengertian Belajar 4.5 5 Unknown Tuesday, September 13, 2016 Pengertian Belajar Pengertian Belajar - Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, secara etimologis belajar memilik arti “berusaha memeroleh kepandaian atau il...


No comments:

Post a Comment

Kami mengharapkan saran maupun kritik yang membangun blog kami. Dilarang SARA dan kata-kata yang tidak pantas :)

Kuingin Baca