• About
  • Contact
  • Submit Article

Ciri dan Prinsip Belajar

 on Monday, September 19, 2016  

Dalam Kegiatan Belajar Mengajar seorang guru harus mengerti konsep dasar terlebih dahulu yaitu ciri dan prinsip pelajar

A.    Ciri-Ciri Belajar
Ada beberapa ciri-ciri belajar sebagai berikut.
a.       Belajar ditandai dengan adanya perubahan tingkah laku(change behavior). Ini berarti, bahwa hasil dari belajar hanya dapat diamati dari tingkah laku, yaitu adanya perubahan tngkah laku, dari tiak tahu menjadi tahu, dari tidak terampil menjadi terampil.
b.       Perubahan perilaku relative permanent. Ini berarti, bahwa perubahan tingkah laku yang terjadi karena belajar untuk waktu tertentu akan tetap atau tidak berubah-ubah. Tetapi perubahan tigkah laku tersebut tidak akan terpancang seumur hidup.
c.       Perubahan tingkah laku tidak harus segera dapat diamati pada saat proses belajar sedang berlangsung, perubahan perilaku tersebut bersifat potensial.
d.       Perubahan tingkah laku merupakan hasil latihan atau pengalaman.
e.       Pengalaman atau latihan itu dapat memberi penguatan. Sesuatu yang kuat itu dapat memberikan semangat atau dorongan untuk mengubah tingkah laku.

B.    Prinsip-Prinsip Belajar
Di dalam tugas melaksanakan proses belajar mengajar, seorang guru perlu memperhatikan beberapa prinsip belajar berikut.(Soekamto dan Winataputra, 1997).
a.         Apapun yang dipelajari siswa, dialah yang harus belajar, bukan orang lain. Untuk itulah siswa yang harus bertindak aktif.
b.         Setiap siswa belajar sesuai dengan tingkat kemampuannya.
c.         Siswa akan belajar dengan baik apabila mendapat penguatan langsung pada setiap langkah yang dilakukan selama proses belajar.
d.         Penguasaan yang sempurna dari setiap langkah yang dilakukan siswa akan membuat proses belajar lebih berarti.
e.         Motivasi belajar siswa akan lebih meningkat apabila ia diberi tanggung jawab dan kepercayaan penuh atas belajarnya.
 
Referensi: Baharuddin

Ciri dan Prinsip Belajar 4.5 5 Unknown Monday, September 19, 2016 Ciri dan Prinsip Belajar Dalam Kegiatan Belajar Mengajar seorang guru harus mengerti konsep dasar terlebih dahulu yaitu ciri dan prinsip pelajar .  A.     Ciri...


No comments:

Post a Comment

Kami mengharapkan saran maupun kritik yang membangun blog kami. Dilarang SARA dan kata-kata yang tidak pantas :)

Kuingin Baca