• About
  • Contact
  • Submit Article

Tools Pendukung Desain Web

 on Wednesday, September 28, 2016  


A.      Teks Editor
Untuk menuliskan kode HTML, CSS, script bagi desain halaman web, ada beberapa cara. Cara pertama adalah menuliskan kode secara manual menggunakan notepad. Cara kedua adalah menggunakan program web editor seperti Dreamweaver. Untuk keperluan mempelajari kode-kode HTML, CSS, script, penulis sarankan menggunakan teknik manual. Penguasaan kode HTML dan CSS juga anda perlukan saat membutuhkan pemrograman web bagi pembuatan konten website anda.
Dalam melakukan teknik manual saya sarankan untuk menggunakan Notepad++, karena memiliki beberapa kelebihan, misalnya fasilitas multi tab, penandaan sintaks untuk menghindari kesalahan penulisan kode, serta fitur pencarian yang kompleks. Ini dapat didownload di http://notepad-plus-plus.org/download.
B.      Web Browser
Web browser anda perlukan untuk menguji coba hasil pembuatan dokumen HTML. Selain untuk memastikan tampilan web anda sudah benar, selalu ada kemungkinan sebuah halaman web berbeda tampilannya saat dibuka di web browser yang berbeda. Dewasa ini banyak pilihan progam web browser, misalnya Mozilla Firefox, Google Chrome, Opera, dan Internet Explorer. Masing-masing web browser memiliki versi yang berbeda-beda, dengan support teknologi yang berbeda pula.
C.      Software Grafis
Untuk keperluan pembuatan objek gambar di halaman web, anda membutuhkan software grafis, misalnya Photoshop. Selain untuk membuat gambar logo, ikon, atau gambar pendukung dapat juga digunakan untuk mengompres file-file gambar yang akan dipakai di web.
D.      Koneksi Internet
Membuat dokumen HTML sebenarnya tidak mutlak membutuhkan koneksi internet. Koneksi internet disini anda butuhkan untuk menggunakan smber daya eksternal yang bersumber dari internet di halaman web yang anda desain.
Anda akan menggunakan font Google untuk teks halaman web, merujuk situs lain, dan menggunakan widget tertentu dari pihak ketiga(misalnya kode JavaScript untuk web counter/statistik, widget Facebook, atau tombol share ke jejaring sosial). Anda juga dapat menguji desain web anda sudah sesuai standar W3C dengan membuka http://validatorw3c.org.
E.       Web Server
Adalah program untuk melayani penyajian halaman web di internet. Untuk kebutuhan simulasi, anda dapat menginstall software web sever di komputer lokal. Program web server populer adalah Apache, dapat diinstal sesuai dengan sistem operasi anda. Misalnya untuk OS Windows bisa memakai WAMP atau XAMPP yang berisi paket software Apache, ySQL, dan PHP.
F.       Program Klien FTP
Untuk mengupload file-file hasil desain web ke web hosting. Anda bisa menggunakan fasilitas upload di control panel yang disediakan web hosting, namun cara ini kurang efektif. Supaya praktis, anda membutuhkan program klien FTP, misalnya FileZilla atau WinSCP.



 sumber

Rozi, Z. A. & SmitDev. 2016. MODERN WEB DESIGN. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Tools Pendukung Desain Web 4.5 5 Unknown Wednesday, September 28, 2016 Tools Pendukung Desain Web A.       Teks Editor Untuk menuliskan kode HTML, CSS, script bagi desain halaman web, ada beberapa cara. Cara pertama ada...


No comments:

Post a Comment

Kami mengharapkan saran maupun kritik yang membangun blog kami. Dilarang SARA dan kata-kata yang tidak pantas :)

Kuingin Baca