Proses Pemasaran
Proses yang menganalisis peluang pemasaran,
memilih pasar sasaran, mengembangkan bauran pemasaran, dan mengelola usaha
pemasaran.
a. Konsumen
yang menjadi target
1)
Pengukuran permintaan dan peramalan
Perusahaan harus membuat perkiraan secara berhati-hati
mengenai pasar saat ini dan di masa yang akan datang serta berbagai segmen di
dalamnya.
2)
Segementasi pasar
Membagi pasar secara jelas menjadi kelompok pembeli
yang jelas dengan kebutuhan, karakteristik atau tingkah laku yang berbeda
membutuhkan produk atau bauran pemasaran terpisah. Segmen pasar: kelompok
konsumen yang memberikan reaksi serupa terhadap seperangkat usaha pemasaran.
3)
Membidik pasar
Proses mengevaluasi daya tarik setiap segmen pasar dan
memilih satu atau beberapa segmen untuk dimasuki.
4)
Memposisikan diri di pasar
Pengaturan suatu produk menduduki tempat yang jelas,
terbedakan dan didambakan dalam benak konsumen sasaran berhadapan dengan produk
pesaing.
b. Mengembangkan
bauran pemasaran
Adalah perangkat
alat pemasaran taktis yang dapat dikendalikan yang di padukan oleh perusahaan
untuk menghasilkan respons yang diinginkan dalam pasar sasaran. Bauran pemsaran
terdiri atas:
1)
Produk(Product)
Kombinasi barang dan jasa yang ditawarkan oleh
perusahaan kepada pasar saaran, meliputi: keragaman produk, mutu, rancangan,
sifat, merk, kemasan, ukuran, pelayanan, jaminan, dan manfaat.
2)
Harga(Price)
Jumlah uang yang harus dibayar konsumen untuk
memeroleh produk, meliputi: harga, diskon, potongan, syarat kredit, dan periode
pembayaran.
3)
Distribusi(Place)
Aktivitas perusahaan untuk membuat produk tersedia
bagi konsumen sasaran. Meliputi: saluran, lokasi, dan persediaan(gudang).
4)
Promosi(Promotion)
Aktivitas yang mengomunikasikan keunggulan produk dan
membujuk pelanggan sasaran untuk membelinya, meliputi: periklanan, personal
selling, promosi penjualan, dan humas.
Keempat hal diatas, disebut dengan 4P(Marketing Mix) dari sudut pandang
penjual.
Akan tetapi dari sudut pandang pelanggan memiliki 4C:
-
Costumer
Needs and Wants(Kebutuhan dan Keinginan Pelanggan).
-
Cost to
The Costumer(Biaya yang Ditanggung Pelanggan).
-
Convenience(Kenyamanan/Kemudahan).
-
Communication(Komunikasi).
c. Mengelola
usaha pemasaran
Mengambil keputusan
mengenai strategi pemasaran yang akan membantu perusahaan mencapai sasaran
strategik keseluruhan, meliputi:
1.
Ringkasan Eksekutif
·
Bagian pembukaan dari rencana pemasaran yang
menyajikan ringkasan singkat dari sasaran dan rekomendasi utama yang disajikan
dalam rencana.
·
Menyajikan pandangan singkat atas rencana yang
diusulkan agar dapat ditinjau dengan cepat oleh manajemen.
2.
Situasi Pemasaran Saat Ini
Menyajikan data lar belakang yang relevan mengenai
pasar, produk, persaingan, dan distribusi.
3.
Analisis Ancaman dan Peluang
Mengidentifikasi ancaman dan peluang utama yang
mungkin memengaruhi produk.
4.
Sasaran dan Isu
Menentukan sasaran perusahaan untuk produk bidang
penjualan, pangsa pasar, laba serta isu yang akan memengaruhi sasaran ini.
5.
Strategi Pemasaran
Logika pemasaran dilaksanakan dengan harapan unit
bisnis dapat mencapai sasaran pemasaran, meliputi: analisis STP, bauran produk
dan penelitian dan pengembangan.
6.
Program Tindakan
Mengkhususkan apa yang dilakukan, siapa yang akan
melakukannya, kapan dilakukan dan berapa biayanya.
7.
Anggaran
Laporan laba dan rugi diproyeksikan dengan meramalkan
hasil keuangan yang diharapkan dari rencana tadi.
8.
Pengendalian
Menunjukkan bagaimana kemajuan rencana akan dipantau.
d. Implementasi
Pemasaran
Proses yang
mengubah strategi rencana pemasaran menjadi tindakan pemasaran untuk mencapai
sasaran pemasaran strategik.
e. Pengendalian
Pemasaran
Proses mengukur
dan mengevaluasi hasil strategi dan rencana pemasaran serta mengambil tindakan
perbaikan untuk memastikan bahwa sasaran pemasaran tercapai.
sumber:
Daryanto. 2011. SARI KULIAH MANAJEMEN PEMASARAN. Bandung: Sarana Tutorial Nurani Sejahtera