• About
  • Contact
  • Submit Article

Lingkungan Pemasaran Part 1: Lingkungan Mikro

 on Saturday, October 1, 2016  


Lingkungan pemasaran adalah adalah berbagai faktor dan kekuatan di luar bagian pemasaran yang memengaruhi manajemen pemasaran untuk mengembangkan dan memelihara hubungan baik dengan pelanggan sasaran. Lingkungan terdiri atas lingkungan mikro dan makro.
a.       Lingkungan Mikro
Adalah berbagai kekuatan yang dekat dengan perusahaan, yang memengaruhi untuk melayani pelanggan, meliputi:
1)      Perusahaan
Ketika merancang rencana pemasaran, manajemen pemasaran memperhitungkan kelompok departemen yang lain, seperti manajemen puncak, keuangan, pembelian, manufaktur, akunting, dan riset dan/atau pengembangan.
2)      Pemasok
Adalah penyedia sumber daya yang diperlukan oleh perusahaan untuk menghasilkan produk. Dalam hal ini, manajemen pemasaran harus mengawasi ketersediaan pasokan, pemogokan tenaga kerja dan peristiwa lain yang mengurangi penjualan dalam jangka pendek dan mengurangi kepuasan pelanggan dalam jangka panjang. Selain itu, manajemen pemasaran juga harus memantau kecenderunganharga dari sumber pemasok utamanya.
3)      Perantara Pemasaran
Adalah perusahaan yang membantu perusahaan untuk mempromosikan, menjual, dan mendistribusikan produk ke pembeli akhir, meliputi:
a)      Penjual
Adalah perusahaan saluran distribusi yang membantu perusahaan menemukan pelanggan/melakukan penjualan kepada pelanggan, meliputi pedagang besar dan pedagang kecil.
b)      Perusahaan distribusi fisik
Adalah sebuah organisasi tertentu yang membantu perusahaan menimbun persediaan atau meindahkan barang dari tempat asal ke tempat tujuan.
c)       Agen jasa pemasaran
Adalah perusahaan riset pemasaran, agen periklanan, perusahaan media, dan perusahaan konsultasi pemasaran yang membantu perusahaan untuk membidik dan mempromosikan produknya ke pasar yang tepat.
d)      Perantara keuangan
Adalah perusahaan yang membantu mendanai transaksi atau mengansuransikan resiko yang berkaitan dengan pembelian atau penjualan barang, meliputi bank, perusahaan kredit, dan perusahan asuransi.
4)      Pesaing
Adalah perusahaan lain yang memasarkan produk sejenis. Dalam hal ini perusahaan harus memberikan nilai dan kepuasan pelanggan yang lebih besar dibandingkan pesaingnya dan juga harus menghimpun keunggulan strategik dengan memposisikan tawaran mereka dengan benar-benar melawan tawaran pesaing di benak konsumen.
5)      Pasar pelanggan
Pelanggan adalah orang atau sekelompok orang yang menggunakan produk dari sebuah perusahaan yang akan digunakan untuk konsumsi pribadi, dijual kembali, atau di proses lebih lanjut. Pasar pelanggan meliputi:
a)      Pasar Konsumen
Adalah individu atau rumah tangga yang membeli produk untuk konsumsi pribadi.
b)      Pasar Bisnis
Adalah individu atau perusahaan lain yang membeli produk untuk di proses lebih lanjut atau dipakai dalam proses produksinya.
c)       Pasar Pedagang Besar
Adalah individu atau perusahaan lain yang membeli produk untuk dijual kembali dengan mengambil keuntungan.
d)      Pasar Pemerintah
Adalah instansi pemerintahan yang membeli produk untuk menyediakan fasilitas umum atau mengalihkan produk tersebut kepada pihak lain yang membutuhkan.
e)      Pasar Internasional
Adalah pembeli dari luar negeri, termasuk konsumen, produsen, penjual, dan pemerintah yang membeli produk dari sebuah perusahaan yang akan digunakan untuk konsumsi pribadi, dijual kembali, atau diproses lebih lanjut.
6)      Masyarakat
Adalah kelompok yang memiliki kepentingan potensial atau yang sudah terwujud atau berdampak pada kemampuan suatu organisasi untuk mencapai sasarannya, meliputi:
a)      Masyarakat Keuangan
Adalah kelompok yang memengaruhi kemampuan perusahaan untuk memeroleh dana, yaitu bank, perusahaan investasi, dan pemegang saham.
b)      Masyarakat Media
Adalah kelompok yang menyebarluaskan berita, mengangkat topik, dan pendapat editorial, meliputi surat kabar, majalah, radio, televisi, dan internet.
c)       Masyarakat Pemerintah
Adalah kelompok di dalam instansi pemerintahan. Dalam hal ini, pemasar harus sering berkonsultasi dengan pengacara perusahaan mengenai isu keamanan produk, kejujuran dalam periklanan, dan berbagai masalah hukum yang lain.
·         Masyarakat Warga yang Bertindak
Adalah kelompok di dalam masyarakat yang aktif menyoroti berbagai peristiwa di dalam masyarakat, meliputi organisasi konsumen, kelompok lingkungan, kelompok minoritas dan lainnya. Dalam hal ini, peran humas di dalam perusahaan adalah menjalin hubungan baik dengan konsumen dan kelompok warga negara ini.
·           Masyarakat Lokal
Adalah kelompok yang tinggal dekat dengan lokasi perusahaan.
·           Masyarakat Umum
Adalah kelompok yang secara umum mengetahui aktivitas dan produk sebuah perusahaan.
·           Masyarakat Internal
Adalah kelompok yang terdapat di dalam sebuah perusahaan. Meliputi pekerja, manajer, dan direktur.

Kelanjutan Lingkungan Pemasaran Part 2: Lingkungan Makro ---> DISINI

Lingkungan Pemasaran Part 1: Lingkungan Mikro 4.5 5 Kuingin Baca Saturday, October 1, 2016 Lingkungan Pemasaran Part 1: Lingkungan Mikro Lingkungan pemasaran adalah adalah berbagai faktor dan kekuatan di luar bagian pemasaran yang memengaruhi manajemen pemasaran untuk me...


Kuingin Baca