• About
  • Contact
  • Submit Article

Teknik Penampilan dan Komunikasi Penjualan Part 1

 on Friday, October 21, 2016  

Teknik Penampilan dan Komunikasi Penjualan Part 1

 

Saya kali ini akan membagikan materi Teknik Penampilan dan Komunikasi Penjualan Part 1-

A.        Tahap Persiapan Penjualan
Kecuali Retail Sales Executives sebagian besar waktu kerja para Sales Excecutives dihabiskan di lapangan; menemukan pembeli potensial (prospecting), mengunjungi mereka, menawarkan produk dan mendapatkan order pembelian. Disamping itu mereka juga mengunjungi pelanggan lama untuk menawarkan produk lama atau baru, mendapatkan order pembelian dan dalam hal-hal tertentu sesuai dengan kebijaksanaan perusahaan juga menagih pembayaran. Bagi Sales Executive waktu kerja di lapangan sungguh besar nilainya. Tidak hanya jenjang karier pekerjaan saja yang dapat terpengaruhi oleh hasil penjualan yang di dapat di lapangan, melainkan juga jumlah penghasilan bulanan dan tahunan terutama yang berbentuk komisi dan bonus penjualan.
Di lain pihak keberhasilan mereka memeroleh pesanan pembelian produk juga akan memengaruhijumlah hasil penjualan dan keuntungan perusahaan secara keseluruhan. Dari uraian secara singkat di atas nampak pentingnya Sales Executive mempersiapkan tugas di lapangan secara cermat.
Apabila disusun secara berkelompok kegiatan persiapan penjualan dapat dibagi menjadi empat jenis, yaitu:
1.         Persiapan penampilan,
2.         Persiapan komunikasi,
3.         Menguasai pengetahuan produk,
4.         Menemukan pembeli potensial.
Dalam artikel ini dibahas hal-hal yang bersangkutan dengan teknik penampilan dan komunikasi penjualan, sedangkan penguasaan pengetahuan tentang produk yang diperdagangkan dan kegiatan menemukan pembeli potensial.
Teknik Penampilan dan Komunikasi Penjualan Part 1
B.        Peranan Penampilan dalam Keberhasilan Penjualan
Seberapa banyaknya pengetahuan yang dimiliki Sales Executive tentang produknya, mereka harus dapat “menjual” dirinya terlebih dahulu sebelum calon pembeli tertarik untuk memertimbangkan membeli produk tersebut.
Sebagian besar konsumen pertama kali menilai mutu produk dan penampilannya. Namun disamping itu mereka juga akan menarik kesan tentang mutu produk dan produsennya dari penampilan Sales Executive yang menawarkan produk itu. Kecuali mereka telah mengenal betul produk yang ditawarkan, apabila Sales Executive yang menwarkannya nampak kumuh atau cara berpakaian acak-acakan, tidak mudah pembeli potensial yang ditawari diyakinkan bahwa produk tersebut bermanfaat baginya, apalagi untuk membeli.
Apabila ingin mendapat tanggapan yang menyenagkan Sales Executive harus selalu berpenampilan rapi di depan pembeli potensial (prospect) dan para pelanggannya. Rapi mengandung unsur kebersihan badan, pakaian, dan barang bawaan serta penampilan yang segar. Dalam banyak hal kerapian menggambarkan kepribadian manusia. Kerapian juga menggambarkan penghargan seseorang terhadap dirinya sendiri; pekerjannya, atasannya serta orang lain yang dilayaninya. Apabila orang tidak memperdulikan kerapian rambutnya, kebersihan badan, maupun pakaian yang dikenakan, sebenarnya dia menunjukkan ketidak peduliannya terhadap hal-hal lain dan reaksi orang lain kepadanya. Sikap tak acuh atau peduli amat tidak boleh menghinggapi Sales Executive manapun. Setiap orang Sales Executives harus selalu bersikap acuh atau peduli, karena sikap itu menjadi salah satu sarana untuk menumbuhkan kepercayaan calon pembeli kepadanya.
1.         Penampilan Bersih
Kebersihan badan dan pakaian adalah syarat mutlak berpenampilan rapi. Pakaian mewah bukan suatu keharusan tetapi pakaian bersih tidak dapat ditawar lagi.
Kiranya tidak perlu dibahas panjang lebar perlunya seiap orang Sales Executive mandi dua kali sehari, apalagi karena mereka bertempat tinggal di iklim yang tropis. Rambut wajib di keramas dengan shampo minimal satu kali setiap minggunya. Rambut berminyak atau berketombe mengurangi kerapian penampilan.
Mereka yang beberapa halbtidak sedap bau keringatnya hendaknya membiasakan diri memakai deodorant sebelum berangkat ke lapangan. Gigi berlubang dapat menimbulkan bau nafas yang tidak sedap (sesuatu yang dapat menganggu penampilan selama presentasi penjualan). Oleh karena itu disarankan Sales Executive rajin memelihara gigi mereka; kalau mungkin memeriksakan gigii ke dokter gigi minimal setahun sekali.
Dalam presentasi penjualan tangan selalu dipergunakan dengan aktif, misalnya untuk memamerkan produk atau brosur produk yang ditawarkan. Oleh karena itu tangan harus selalu kelihatan bersih; kuku hasrus selalu dipotong pendek rapi dan tidak nampak kotoran didalamnya. Pakaian tidak boleh bernoda (noda kecap, sambal, getah dan sebagainya), oleh karena itu harus berganti pakaian setiap hari. Sales Executive tidak harus memliki jumlah pakaian yang banyak, bisa jadi pakaian hari kemarin disetrika kembali supaya rapi dan bisa dipakai untuk hari berikutnya. Dampak psikologis yang diperoleh dengan berganti pakaian setiap hari adalah merasakan dirinya baru setiap hari.
2.         Penampilan Rapi Sales Executives Wanita
Semua saran berpenampilan rapi di atas juga berlaku bagi Sales Executive wanita, bahkan wajib dilakukan lebih ketat lagi. Sales Executive wanita tidak hanya harus berpenampilan rapi melainkan juga harus nampak anggun. Berikut penyajiannya.
a)         Model pakaian yang dikenakan di lapanagn hendaknya konservatif. Hindari model dan warna pakaian yang seronok atau model pakaian untuk menghadiri pesta,
b)        Make up muka sederhana namun indah. Hindarilah pemakaian lipstick, eye shadow, mascara secara berlebihan. Bahkan kalau tidak perlu jangan memakai eye shadow danmascara, kecuali bagi Retail Sales Executives yang bertugas mempromosikan produk kosmetika atau perfume eksklusif di toko-toko serba ada,
c)         Hindari model potonganrambut yang seronok; jangan mencat rambut kecuali dengan warna hitam.
d)        Hati-hatilah dalam pemakaian perhiasan seperti kalung, cincin, subang, gelang dan sebagainya. Perhiasan adalah sarana untuk nampak anggun, namun pemakaian perhiasan yang berlebihan akan menganggu penampilanprofesional seorang Sales Executives.
e)        Apabila ingin gunakanlah perfume hendaklah memilih yang baunya lembut. Hindarilah membeli perfume murahan dengan bau menyengat.
f)          Tidak dapat ditawar lagi tangan harus selalu nampak bersih; kuku dipotong pendek dan rapi, apabila ingin mencat kuku gunakanlah warna cutex yang lembut.
g)         Sepatu dan tas harus rajin disikat dan disemir.
3.         Penampilan Rapi Sales Executie Pria
Seperti halnya Sales Executive wanita pakaian yang dikenakan Sales Executive pria selama tugas di lapangan wajib mendapat perhatian cermat. Pakaian tidak harus mewah namun kebersihan dan model perlu disesuaikan dengan tugas pekerjaan. Model pakaian hendaknya cukup konservatif. Perpaduan warna kemeja dan celana diusahakan serasi; seyogyanya tidak mengenakan kemeja dengan warna yang menyolok karena hal itu dapat menganggu perhatian calon pembeli.
Warna kemeja putih selalu dapat diterima oleh kebanyakan calon pembeli, selebihnya birumuda, abu-abu, hijau muda, dan warna-warna muda yang lain. Kemeja bergaris juga dapat menunjukkan kesan profesional sepanjang garis-garis tersebut kecil atau tipis. Apabila demi tugas diperlukan dasi, hendaknya diusahakan  perpaduan warna dasi dan kemeja juga serasi tidak “menyala”. Ikatan dasi di leher harus disusun secara rapi, pangkal dasi menempel di kerah kemeja. Apabila kerah kemeja memakai kancing hendaknya kancing tersebut di masukkan ke kerah. Hendaknya tidak memasukkan barang volume besar ke dalam saku celana karena hal tersebut dapat menyebabkan saku menggelembung dan celana nampak kedodoran.
Seyogyanya model sepatu dikenakan Sales Executive proa juga konservatif. Hendaknya dihindari memakai sepatu model olahraga untuk mengunjungi calon pembeli dan para pelanggan. Sepatu warna hitam dapat sesuai dengan kebanyakan warna celana.
Tidak hanya bagi para wanita, bagi para pria rambut adalah mahkota. Potongan rambut memengaruhi kerapian penampilan, jangan biarkan gondrong, awut-awutan atau dipotong model “nyeni”.

Kelanjutannya bisa klik link berikut: Teknik Penampilan dan Komunikasi Penjualan Part 2

Teknik Penampilan dan Komunikasi Penjualan Part 1 4.5 5 Kuingin Baca Friday, October 21, 2016 Teknik Penampilan dan Komunikasi Penjualan Part 1 Teknik Penampilan dan Komunikasi Penjualan Part 1   Saya kali ini akan membagikan materi  Teknik Penampilan dan Komunikasi Penjualan Pa...


Kuingin Baca