• About
  • Contact
  • Submit Article

Menetapkan Posisi untuk Keunggulan Bersaing

 on Sunday, October 16, 2016  

Menetapkan Posisi untuk Keunggulan Bersaing

 Menetapkan Posisi untuk Keunggulan Bersaing


A.        Posisi Produk
Cara produk ditetapkan oleh konsumen berdasarkan beberapa atribut penting (tempat yang diduduki produk dalam ingatan konsumen dalam hubungan dengan produk pesaing).
B.        Strategi Menetapkan Posisi
Memposisikan produknya pada atribut produk spesifik. Produk dapat diposisikan pada kebutuhan yang dipenuhi atau manfaat yang diberikan.
C.        Memilih dan Mengimplementasikan Strategi Menetapkan Posisi
1)      Mengidentifikasi Keunggulan Bersaing yang Berpotensi.
Keunggulan bersaing adalah keunggulan terhadap pesaing yang diperoleh dengan menawarkan nilai lebih besar kepada konsumen, dengan harga lebih rendah ataupun memberikan manfaat lebih besar karena harganya lebih tinggi.
Jenisnya:
a)       Diferensiasi Produk: mengidentifikasi produk secara fisik.
b)      Diferensiasi Pelayanan: mendiferensiasi pelayanan yang menyertai produk.
c)       Diferensiasi Personil:  memerkerjakan dan melatih orang yang lebih baik daripada yang bekerja di perusahaan pesaing.
d)      Diferensiasi Citra: mendeferensiasi citra perusahaan/merk.
2)      Memilih Keunggulan Bersaing yang Tepat.
a)       Berapa banyak perbedaan yang dipromosikan.
b)      Perbedaan yang harus dipromosikan. Syaratnya:
-          Penting: perbedaan yang memberikan suatu manfaat yang sangat bernilai bagi pembeli sasaran.
-          Khas: pesaing tidak menawarkan perbedaan itu.
-          Superior: perbedaan itu superior terhadap cara lain yang mungkin memberikan manfaat yang sama kepada pelanggan.
-          Dapat dikomunikasikan. Perbedaan itu dapat dikomunikasikan dan dapat dilihat oleh pembeli.
-          Terjangkau harganya. Pembeli dapat membayar perbedaan itu.
-          Mendatangkan laba. Perusahaan dapat memperkenalkan perbedaan dan meraih laba.
-          Mendahului: Pesaing tidak mudah meniru perbedaan itu.
3)      Mengomunikasikan dan menyerahkan posisi yang dipilih.

sumber:
Daryanto. 2011. SARI KULIAH: MANAJEMEN PEMASARAN. Bandung: Sarana Tutorial Nurani Sejahtera.

Menetapkan Posisi untuk Keunggulan Bersaing 4.5 5 Unknown Sunday, October 16, 2016 Menetapkan Posisi untuk Keunggulan Bersaing Menetapkan Posisi untuk Keunggulan Bersaing   A.         Posisi Produk Cara produk ditetapkan oleh konsumen berdasarkan bebera...


No comments:

Post a Comment

Kami mengharapkan saran maupun kritik yang membangun blog kami. Dilarang SARA dan kata-kata yang tidak pantas :)

Kuingin Baca