• About
  • Contact
  • Submit Article

Lingkungan Pemasaran Part 2: Lingkungan Makro

 on Sunday, October 2, 2016  

Lingkungan Pemasaran Part 2: Lingkungan Makro


b.      Lingkungan Makro
Lingkungan makro dalah kekuatan pasar yang lebih luas, yang memengaruhi lingkungan mikro, meliputi:
1)      Demografi
Adalah telaah mengenai populasi manusia dalam arti jumlah, kerapatan, lokasi, umur, jenis kelamin, ras, jenis pekerjaan, dan angka statistik lainnya.
2)      Ekonomi
Berkaitan dengan daya beli masyarakat, dipengaruhi oleh perubahan dalam pendapatan.
3)      Alam
Dipengaruhi oleh:
-          Kekurangan sumber daya alam;
-          Biaya energi meningkat;
-          Tingkat populasi meningkat;
-          Campur tangan pemerintah dalam pelestarian lingkungan.
4)      Teknologi
Dipengaruhi oleh:
-          Kecepatan perubahan teknologi;
-          Kesempatan inovasi yang tidak terbatas;
-          Anggaran riset yang bervariasi;
-          Regulasi yang meningkat atas perubahan teknologi.
5)      Politik
Dipengaruhi oleh:
-          Peraturan yang mengatur bisnis;
-          Meningkatnya penekanan pada etika dan tindakan yang bertanggung jawab sosial.
6)      Budaya
Dipengaruhi oleh:
-          Nilai budaya dasar yang memiliki tingkat kemampuan yang tinggi;
-          Pergeseran nilai-nilai budaya sekunder.

1)      Perilaku Konsumen pada Pasar Konsumsi dan Pasar Bisnis
a)      Faktor-Faktor Budaya
Merupakan faktor yang memberikan pengaruh yang paling luas dan paling dalam pad tingkah laku konsumen.
(a)    Budaya
Kumpulan nilai-nilai dasar, persepsi, keinginan dan tingkah laku yang dipelajari oleh seseorang anggota masyarakat dari keluarga dan lembaga penting lainnya.
(b)   Sub Budaya
Sekelompok orang yang mempunyai sistem nilai sama berdasarkan pada pengalaman hidup dan situasi.
(c)    Kelas Sosial
Divisi masyarakat yang relatif permanen dan teratur dengan para anggotanya menganut nilai-nilai, minat, dan tingkah laku yang serupa.
b)      Faktor-Faktor Sosial
(a)    Kelompok Acuan
Dua orang/lebih yang berinteraksi untuk mencapai sasaran individu atau bersama, kelompok ini berfungsi sebagai perbandingan atau acuan langsung/tidak langsung yang membentuk sikap/perilaku seseorang.
(b)   Keluarga
Organisasi pembelian konsumen yang paling penting dalam masyarakat dan telah diteliti secara mendalam.
(c)    Peran dan Status
Peran terdiri dari aktivitas yang diharapkan dilakukan seseorang menurut orang-orang di sekitarnya. Status merupakan penghargaan yang diberikan oleh masyarakat.
c)       Faktor-Faktor Pribadi
(a)    Umur dan tahap daur hidup.
(b)   Pekerjaan.
(c)    Situasi ekonomi.
(d)   Gaya Hidup.
(e)   Kepribadian dan Konsep Diri.
d)      Faktor-Faktor Psikologi
(a)    Motivasi
Adalah suatu kebutuhan yang cukup untuk mendorong seseorang untuk bertindak.
(b)   Persepsi
Proses yang dilalui orang dalam memilih, mengorganisasikan, dan mengintrepestasikan informasi guna membentuk gambaran yang berarti mengenal dunia. Bentuknya:
-            Perhatian selektif: kecenderungan bagi manusia untuk menyaring sebagian informasi yang dihadapi.
-            Distorsi selektif: menguraikan kecenderungan orang untuk mengintepretasikan informasi dengan cara yang akan mendukung apa yang telah diyakini.
-            Ingatan selektif: kecenderungan dalam mempertahankan informasi yang mendukung pendirian dan kepercayaan orang.
(c)    Pengetahuan
Perubahan dalam perilaku individual yang muncul dari pengalaman.
(d)   Keyakinan dan sikap
Keyakinan: pemikiran deskriptif yang memiliki seseorang mengenai sesuatu. Sikap: evaluasi, perasaan, dan kecenderungan dari seseorang terhadap suatu obyek atau ide yang elatif konsisten.

2)       Proses Keputusan Pembeli untuk Produk Baru
Produk baru ialah barang, jasa, atau gagasan yang baru oleh beberapa pelanggan potensial. Tahapan proses keputusan pembeli tersebut, antara lain sebagai berikut.
a)   Kesadaran. Konsumen menjadi sadar akan produk baru tetapi kurang informasi mengenai produk tersebut.
b)      Tertarik. Konsumen mencari informasi mengenai produk baru.
c)       Evaluasi. Konsumen mempertimbangkan apakah masuk akal untuk mencoba produk baru.
d)    Mencoba. Konsumen mencoba produk baru dalam skala kecil untuk meningkatkan perkiraannya mengenai nilai produk tersebut.
e)      Adopsi. Konsumen memutuskan untuk menjadi pengguan produk baru sepenuhnya dan teratur.

Sebelumnya Lingkungan Pemasaran Part 1: Lingkungan Mikro ---> DISINI

sumber:
Daryanto. 2011. Sari Kuliah: MANAJEMEN PEMASARAN. Bandung: Sarana Tutorial Nurani Sejahtera.

Lingkungan Pemasaran Part 2: Lingkungan Makro 4.5 5 Unknown Sunday, October 2, 2016 Lingkungan Pemasaran Part 2: Lingkungan Makro Lingkungan Pemasaran Part 2: Lingkungan Makro b.       Lingkungan Makro Lingkungan makro dalah kekuatan pasar yang lebih luas, yang ...


Kuingin Baca