• About
  • Contact
  • Submit Article

Fungsi Media Pembelajaran

 on Tuesday, October 4, 2016  

Fungsi Media Pembelajaran


Dalam proses pembelajaran, media memiliki fungsi sebagai pembawa informasi dari sumber(guru) menuju penerima(siswa). Sedangkan metode adlaah prosedur untuk membantu siswa dalam menerima dan mengolah informasi guna mencapai tujuan pembelajaran. Fungsi media dalam proses pembelajaran ditunjukkan pada gambar berikut.
Tiga kelebihan kemampuan media(Gerlach & Ely dalam Ibrahim, et.al., 2001) adalah sebagai berikut.
Pertama, kemampuan fiksatif, artinya dapat menangkap, menyimpan, dan menampilkan kembali suatu obyek atau kejadian. Dengan kemampuan ini, objek dpat digambar, dipotret, direkam, difilmkan, kemudian dapat disimpan dan pada saat diperlukan dapat ditunjukkan dan diamati seperti kejadian aslinya.
Kedua, kemampuan manipulatif, artinya media dapat menampilkan kembali obyek atau kejadian dengan berbagai macam perubahan(manipulasi) sesuai keperluan, misalnya diubah ukurannya, kecepatannya, warnanya, serta dapat pula diulang-ulang penyajiannya.
Ketiga, kemampuan distributif, artinya media mampu menjangkau audien yang besar jumlahnya dalam satu kali penyajian secara serempak, misalnya siaran TV atau Radio.

Hambatan-hambatan komunikasi dalam proses pembelajaran adalah sebagai berikut.
Pertama, verbalisme, artinya siswa dapat menyebutkan kata tetapi tidak mengetahui artinya. Hal ini terjadi karena biasanya guru mengajar hanya dengan penjelasan lisan(ceramah), siswa cenderung menirukan apa yang dikatakan guru.
Kedua, salah tafsir, artinya dengan istilah atau kata-kata yang sama tetapi diartikan berbeda oleh siswa. Hal ini biasanya terjadi karena guru menjelaskan materi tanpa menggunakan media pembelajaran yang lain, misalnya, gambar, bagan, model, dan sebagainya.
Ketiga, perhatian tidak berpusat, hal ini terjadi karena beberapa hal antara lain, gangguan fisik, ada hal lain yang menarik memengaruhi perhatian siswa, siswa melamun, cara mengajar guru membosankan, dan lain-lain.
Keempat, tidak terjadinya pemahaman, artinya kurang memiliki kebermaknaan logis dan psikologis. Tidak terjadi proses berpkir yang logis mulai dari kesadaran hingga timbulnya konsep.
Secara rinci fungsi media dalam proses pembelajaran adlaah sebagai berikut.
1.       Menyaksikan benda yang ada atau peristiwa yang terjadi pada masa lampau. Dengan perantaraan gambar, potret, slide, film, video, atau media yang lain, siswa dapat memeroleh gambaran yang nyata tentang benda/peristiwa sejarah.
2.       Mengamati benda/peristiwa yang sukar dikunjungi, baik karena jarajnya, berbahaya, atau terlarang. Misalnya keadaan dan kesibukan di pusat reaktor nuklir.
3.       Memeroleh gambaran yang jelas tentang benda-benda/hal-hal yang sukar diamati secara langsung karena ukurannya yang tidak memungkinkan. Misalnya dengan perantaraan film mengenai bentuk dan nama planet yang berada di tata surya kita.
4.       Mendengar suara yang sukar ditangkap dengan telinga secara langsung. Misalnya reakaman suara kelelawar.
5.       Mengamati dengan teliti binatang-binatang yang sukar diamati secara langsung karena sukar ditangkap. Misalnya burung hantu dan kelelawar.
6.       Mengamati peristiwa-peristiwa yang jarang terjadi atau berbahaya di dekati. Dengan slide, film atau video tentang fenomena pelangi,gunung meletus, dan sebagainya.
7.       Mengamati dengan jelas benda-benda yang mudah rusak/sukar diawetkan. Dengan menggunakan model/benda tiruan siswa dapat memeroleh gambaran yang jelas tentang organ-organ tubuh manusia seperti jantung, paru-paru, alat pencernaan, dan lain sebagainya.
8.       Dengan mudah membandingkan sesuatu. Dengan bantuan gambar atau foto, siswa dapat membandingkan dengan mudah kedua benda yang berbeda sifat, ukuran, warna, dan sebagainya.
9.       Dapat dilihat secara cepat suatu proses yang berlangsung lambat. Dengan video, proses bunga dari kuncup sampai mekar yang berlangsung beberapa hari, dengan bantuan film dapat diamati hanya dalam beberapa detik.
10.   Dapat dilihat secara lambat gerakan-gerakan yang berlangsung degan cepat. Contoh video gerakan slow motion harimau berlari mengejar mangsanya.
11.   Mengamati gerakan-gerakan mesin/alat yang sukar diamati secara langsung. Dengan video atau film dapat mengamati jalannya mesin 2 tak atau 4 tak.
12.   Melihat bagian-bagian tersembunyi dari suatu alat. Dengan bagan atau model siswa dapat mengamati bagian yang sukar diamati.
13.   Melihat ringkasan dari suatu rangkaian pengamatan yang panjang/lama.
14.   Dapat menjangkau audien yang besar jumlahnya  dna mengamati suatu obyek secara serempak. Misal teleconference yang dapat disaksikan oleh banyak ornag yang terhubung dengan jaringan.

15.   Dapat belajar sesuai dengan kemampuan, minat, dan temponya masing-masing.


sumber:
Daryanto. 2013. MEDIA PEMBELAJARAN: Peranannya Sangat Penting dalam Mencapai Tujuan Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.

Fungsi Media Pembelajaran 4.5 5 Unknown Tuesday, October 4, 2016 Fungsi Media Pembelajaran Fungsi Media Pembelajaran Dalam proses pembelajaran, media memiliki fungsi sebagai pembawa informasi dari sumber(guru) menuju penerim...


No comments:

Post a Comment

Kami mengharapkan saran maupun kritik yang membangun blog kami. Dilarang SARA dan kata-kata yang tidak pantas :)

Kuingin Baca